Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Gaya hidup manusia zaman modern tanpa disadari sangat mempengaruhi tulang mereka. Mulai dari banyak duduk di depan komputer sepanjang hari dan jarang bergerak, sampai dengan kebiasaan sering menunduk. Nyeri memang biasanya tidak disebabkan oleh hal serius dan dapat ditangani hanya dengan terus aktif bergerak dan mengonsumsi pereda rasa sakit. Namun pada beberapa kasus, dapat sangat menyiksa dan menimbulkan sakit yang tidak tertahankan hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

Bekerja keras setiap hari sering menyisakan rasa lelah, capek dan sakit pada pundak dan punggung, ini tak perduli dengan berapa usia anda, pekerjaan dan gender. Baik Anda seorang pekerja berat, pekerja kantoran sekalipun pasti pernah mengalami yang namanya sakit pada pundak dan atau punggung yang terasa kaku serta nyeri akibat aktivitas seharian yang Anda lakukan.

Sakit pundak, bahu dan punggung biasanya disebabkan oleh aktivitas pekerjaan dalam posisi yang sama, berulang-ulang dalam waktu lama, akibatnya anda akan merasakan rasa pegal, kaku, nyeri dan sakit pada area pundak dan punggung. Rasa sakit pada pundak dan bahu juga bisa menyebabkan leher menjadi kaku dan sakit kepala.

Nyeri Punggung - www.nebeep.com/back-pain

Nyeri Punggung – www.nebeep.com/back-pain

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa membaca pesan teks sederhana saja dapat menambah beban tekanan pada sumsum tulang belakang hingga 20 kg. Menggunakan ponsel setiap hari dapat menyebabkan hilangnya kurva alami tulang belakang dan leher.

Para ilmuwan menghitung bahwa orang menggunakan ponsel rata-rata 2-4 jam sehari yang berarti leher kita dibengkokkan selama 700-1.400 jam per tahun. Postur yang salah, terutama pada remaja, dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang serius dan kronis. Mulailah membatasi penggunaan gawai demi tulang yang sehat dan kuat.

Penyebab Nyeri Punggung

Terlalu sering memakai high heels
Penggunaan high heels tak hanya bisa menegangkan otot punggung, tetapi juga bagian lain seperti tendon Achilles, lutut, pinggul dan lainnya. Risiko cedera juga meningkat jika Anda kelebihan berat badan, tidak mengenakan ukuran yang tepat atau memilih tipe heels yang menyulitkan Anda berjalan.

Kasur Anda tidak sesuai
Jika kasur Anda terlalu usang atau tidak cukup kuat, maka berpeluang menambah tekanan pada tubuh Anda ketika harus beristirahat di malam hari. Keselarasan tubuh harus didukung dalam posisi netral dan ini tidak akan tercapai jika permukaan tempat Anda tidur terlalu lunak atau terlalu keras.

Cedera saat mengangkat benda berat
Beberapa orang bisa saja lupa kalau sakit punggung muncul akibat terlalu beraktivitas berat di gym atau mencoba untuk memindahkan sesuatu yang terlalu berat. Itulah sebabnya para ahli menekankan pentingnya peregangan dan melakukan latihan pemanasan sebelum kegiatan. Sampai cedera telah sembuh, Anda harus menghindari melakukan apa pun yang dapat membebani punggung Anda.

Cara Menangani Nyeri Punggung

Ada berbagai cara penanganan yang dapat dilakukan agar rasa nyeri menjadi tidak berkepanjangan. Kimiko Yamada, asisten profesor terapi fisik klinis, berbagi beberapa wawasan tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit.

Penyebab Nyeri Punggung

Penyebab Nyeri Punggung

Memijat Dengan Bola Tenis
“Tempatkan bola tenis di kaus kaki panjang, tutup di atas bahu Anda ke punggung Anda di mana Anda perlu tekanan dan kemudian bersandar ke dinding atau kursi belakang selama delapan hingga 10 detik. Anda juga dapat meletakkan dua bola tenis bersama-sama dan kemudian menempatkan satu di setiap sisi tulang belakang dan bersandar sehingga mereka memijat otot di setiap sisi.”

Gulung dengan rol busa
“Gunakan rol busa untuk meregangkan otot. Berbaring di tanah dengan rol busa di sepanjang punggung Anda. Jika Anda tidak bisa berbaring di tanah, lalu jongkok di dinding dan dengan rol busa tegak lurus ke tulang belakang Anda, gulung bagian punggung Anda dari atas dan ke bawah pada roller busa.”

Lakukan Stretching
“Ide yang bagus untuk melakukan peregangan atau stretching di pagi hari. Anda bisa memulai hari dengan hal-hal yang membantu membuka dada dan mendorong tulang belikat ke belakang. Berbaringlah dengan roller busa di sepanjang punggung Anda dan biarkan gravitasi mendorong kembali tulang belikat Anda.”

Pijatan
Untuk beberapa orang, pijat memang menjadi kegemaran tersendiri ketika ingin melepaskan rasa lelah. Selain itu, pijat ternyata dapat memiliki manfaat secara psikis melalui efek relaksasi dan peningkatan hormon endorfin. Inilah yang membuat pijat juga dapat memberikan efek penurunan nyeri.

Pijat menjadi pengobatan dan terapi yang diterima oleh banyak orang di seluruh dunia, dan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terapi pijat memberikan efek dan potensi kesehatan berupa:

  • Peningkatan aliran darah, yang akan memberikan nutrisi pada otot dan jaringan. Hal ini juga berfungsi pada cedera jaringan otot.
  • Penurunan tekanan pada otot. Otot yang rileks akan meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan respons nyeri.
  • Peningkatan level endorfin. Hal ini baik untuk tubuh karena memberikan efek ketenangan dan menurunkan nyeri.

Pijatan yang diberikan ada baiknya dilakukan oleh tenaga medis profesional, terapis, ataupun orang yang memiliki kemampuan yang terstandar. Hal ini tentu untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: