Penyebab & Cara Sederhana untuk Menghilangkan Ketombe di Alis

Ilustrasi: kesehatan alis (sumber: marieclaire.co.uk)Ilustrasi: kesehatan alis (sumber: marieclaire.co.uk)

Tak hanya di kulit kepala atau rambut saja, ketombe rupanya bisa saja muncul di area alis. Dalam dunia kedokteran, ketombe di alis disebut dengan istilah blepharitis. Masalah ketombe alis atau eyebrow dandruff tersebut kerap terjadi karena bakteri atau infeksi jamur yang meradang di kulit yang ada di sekitar alis. Hampir sama dengan ketombe di kulit kepala, ketombe di berpotensi menimbulkan rasa gatal, berminyak, dan juga kemerahan.

Agar lebih paham tentang ketombe di alis, Anda bisa menyimak uraian tentang penyebab dan juga cara mengatasi ketombe di alis berikut ini!

Penyebab Muncul Ketombe di Alis

  • Psoriasis: adalah penyakit kulit kronis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini dapat mengakibatkan kulit kering, mengelupas, meradang, menebal, hingga muncul ketombe.
  • Kulit kering: kulit alis yang mengelupas juga bisa diakibatkan kondisi kulit Anda yang terlalu kering karena musim dingin atau sering terkena pendingin udara.
  • Seborrheic Dermatitis: kondisi saat kulit mengalami peradangan dan pengelupasan karena kelenjar sebum memproduksi minyak yang berlebihan.
  • Contact Dermatitis: ruam pada kulit alis berupa contact dermatitis juga bisa terjadi jika Anda kurang menjaga kebersihan produk atau alat make-up, terutama yang berhubungan dengan alis.
Baca juga:  Review Bedak Two Way Cake Wardah Favorit Beauty Enthusiast

Cara Menghilangkan Ketombe di Alis

Ilustrasi: merawat alis

Ilustrasi: merawat alis

Air Lemon

Dalam air lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bisa membantu menghilangkan infeksi jamur. Untuk mengatasi ketombe di alis, Anda bisa mencelupkan bola kapas dalam air perasan lemon, lalu pelan-pelan aplikasikan ke area alis hingga meresap. Diamkan 5 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Lidah Buaya

Gel atau lendir dari lidah buaya pun dikenal ampuh mengobati bakteri atau jamur di kulit dan area alis. Anda cukup mengambil gel lidah buaya, oleskan ke alis, diamkan 5 menit, dan bilas dengan air hangat.

Sabun/Shampoo Zinc

Seperti halnya ketombe di kulit kepala, untuk menghilangkan ketombe di alis juga bisa dibantu dengan sabun atau sampo yang mengandung zinc. Zinc dipercaya bisa mengurangi kemerahan dan iritasi karena ketombe.

Baca juga:  Dianggap Cocok Untuk Kulit Kuning Langsat, Wardah Exclusive Two Way Cake Sheer Pink Mendapat Review Positif Dari Konsumen

Minyak Zaitun

Anda juga bisa mencoba mengoleskan minyak zaitun ke area bulu mata dan alis. Lalu diamkan hingga meresap sampai sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan area mata menggunakan kain hangat.

Selama penanganan alis berketombe, sebaiknya jangan sampai menggaruk alis. Hal itu justru akan membuat kondisi peradangan semakin buruk. Hindari juga sejumlah zat seperti asam glikolat, benzoil peroksida, obat-obatan untuk jerawat, atau krim penuaan. Produk-produk tersebut kabarnya dapat memperparah kondisi ketombe di alis. Namun jika permasalahan ketombe di alis Anda semakin parah dan mengganggu, sebaiknya segera temui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan atau penanganan yang paling tepat untuk kasus Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: