Gejala, Jenis dan Pengobatan Alami untuk Wasir

Ilustrasi: menderita wasir (sumber: phsyiosa.ca)Ilustrasi: menderita wasir (sumber: phsyiosa.ca)

Hemoroid atau yang dikenal dengan nama wasir/ambeien merupakan kondisi peradangan dan melebarnya pembuluh vena di sekitar anus yang berasal dari pleksus hemoroidalis.[1] Penyakit ini sebenarnya bisa disembuhkan dengan operasi kecil, tetapi sebagian orang memilih untuk mengobati dengan cara yang lebih ekonomis, yakni pengobatan alami.

Gejala dan Jenis Wasir

Dilansir dari Harvard Health Publishing, wasir adalah penyakit yang umum, tetapi sangat menyakitkan dan bisanya menyerang orang dewasa hingga di atas usia 50 tahun. Penyakit ini sebenarnya bukan penyakit yang kronis dan bisa ditangani dengan mudah. Hal ini karena hemoroid bisa menyusut dengan sendirinya seiring perawatan yang tepat menggunakan cara yang sederhana dan obat yang dibeli tanpa resep dokter.

Masih dilansir dari sumber yang sama, wasir memiliki gejala umum berupa pembengkakan, nyeri rektal, gatal, pendarahan, dan vena yang menonjol di luar anus. Ambeien bisa timbul akibat dilatasi atau inflamasi vena hemoroidalis yang disebabkan oleh konstipasi akibat pola makan rendah serat. Selain itu, penyakit ini bisa disebabkan kebiasaan duduk dan berdiri yang kurang tepat.

Secara umum, wasir memiliki dua jenis, yakni wasir internal dan eksternal. Ambeien internal adalah penyakit yang berada di dalam anus dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, penyakit ini sering menyebabkan perdarahan intermiten saat buang air besar dan terkadang mengeluarkan lendir. Hemoroid ini juga bisa menonjol di luar anus dan terlihat seperti benjolan.

Baca juga:  Update Rangkaian Produk Wardah Untuk Jerawat (Acne Series) Dan Memutihkan (White Secret)

Sementara itu, wasir eksternal adalah hemoroid yang terletak di luar anus dan biasanya cenderung menonjol. Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat Anda duduk dan berdiri. Selain itu, penyakit ini bisa meradang atau infeksi jika tidak segera diatasi dan sering terkena gesekan celana.

Penyakit wasir internal maupun eksternal memang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi juga memungkinkan untuk berkembang atau meradang. Perkembangan penyakit ini seringkali berhubungan dengan sembelit atau konstipasi kronis, kebiasaan mengejan terlalu berlebihan saat BAB, dan terlalu lama duduk. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan pengobatan alami yang terbilang cukup simpel seperti berikut.

Ilustrasi: buang air besar (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: buang air besar (sumber: medicalnewstoday.com)

Pengobatan Alami untuk Wasir

  • Selama Anda mengalami wasir, pastikan Anda tidak berhenti makan untuk mengontrol buang air besar. Mengurangi makan hanya akan membuat Anda kekurangan nutrisi dan bisa berisiko sembelit yang dapat membuat penyakit ambeien semakin kronis.
  • Makanlah makanan yang berserat seperti sayur dan buah. Sebagai referensi, setidaknya Anda harus makan sebanyak 14 gram serat setiap hari. Selain itu, pastikan Anda tidak diet kalori, karena ini dapat membantu mengurangi sekaligus mencegah sembelit yang menyebabkan wasir.
  • Minum air dalam jumlah banyak akan membantu proses penyembuhan wasir dengan baik. Setidaknya Anda memerlukan dua liter air setiap hari supaya tubuh tetap terhidrasi dan tidak berisiko pendarahan pada ambeien.
  • Jangan lupa untuk tetap berolahraga secara teratur, paling tidak 150 menit per minggu. Workout seperti ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda memiliki risiko rendah terhadap infeksi wasir.
  • Untuk meredakan gatal dan iritasi, isi bak mandi dengan air hangat (tidak panas) setinggi tiga sampai empat inci dan duduk di dalamnya dengan lutut ditekuk selama sekitar 10 sampai 15 menit. Tepuk-tepuk tubuh Anda dengan lembut hingga kering dengan handuk, tetapi jangan menggosok area tersebut.
  • Saat wasir, sangat penting untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung banyak serat atau multivitamin. Ini mampu menarik air ke dalam tinja, sehingga membuatnya mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, suplemen diklaim mampu mengurangi pendarahan dan pembengkakan pada anus.
  • Oleskan obat salep khusus ambeien yang dijual secara bebas di apotek pada anus. Ini berfungsi untuk mengecilkan jaringan yang meradang sekaligus menghilangkan gatal. Jika Anda merasa obat yang di pasaran kurang ampuh, Anda bisa meminta obat khusus dari dokter.
Baca juga:  Waspada, Masker Tingkatkan Risiko Jerawat Jamur di Wajah

Selain melakukan cara di atas, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan duduk atau berkendara lama, karena posisi duduk mampu membuat wasir terdorong ke luar dan membengkak. Selain itu, ubah posisi duduk Anda dengan posisi kaki lebih tinggi daripada kaki kursi. Hal ini akan mengubah posisi rektum, sehingga tidak menimbulkan luka di bagian anus. Selain itu, Anda bisa meletakkan bantal di kursi untuk mengatasi nyeri.

[1] Maulana, Rifadly Yusril & Danang Samudro Wicaksono. 2020. Efek Antiinflamasi Ekstrak Tanaman Pagoda terhadap Hemoroid. Jurnal Penelitian Perawat Profesional Universitas Lampung, Vol. 2(2): 131-138.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: