Pengganti Tepung Tang Mien Dalam Aneka Resep Makanan

Tang flour (sumber: schaer.com)Tang flour (sumber: schaer.com)

Tepung tang mien adalah pati (Bahasa Inggris: starch) dari tepung tapioka, biasa digunakan untuk membuat aneka dimsum yang berkulit bening. Penggunaan tepung tang mien bisa digantikan tepung tapioka tetapi hasil akhir tidak sebening jika menggunakan tepung tang mien. Di toko bahan kue tersedia tepung tang mien yang sudah bersertifikat halal.[1]Tepung jenis ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan transparan. Bila digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bakpao, teksturnya bisa menjadi lebih lembut dan putih bersih.[2]

Dilansir dari Bogasari, tepung tang mien memiliki beberapa sebutan lain, yakni tang flour atau wheat starch. Pati yang dalam istilah lainnya adalah starch, yaitu jenis karbohidrat kompleks yang tidak mudah larut. Starch bisa terbuat dari biji-bijian, umbi akar, buah, batang pohon, dan biji-biji dari bunga.

Tepung tang mien ini sesungguhnya adalah by-product dari pembuatan gluten. Cara membuatnya adalah tepung terigu (khususnya jenis protein tinggi) diuleni dengan air hingga kalis, lalu direndam beberapa lama dan dicuci berulang-ulang sampai didapatkan gumpalan gluten. Air cucian gluten itulah yang mengandung endapan pati dengan kandungan protein sangat minim, bahkan nyaris nol. Endapan tersebut dikeringkan menjadi wheat starch atau tepung tang mien. Proses glutenisasi yang dilalui membuat tepung tang mien menjadi gluten-free alias bebas gluten.

Baca juga:  Tak Cuma untuk Pelengkap Kopi, Ini Sederet Manfaat Lain dari Fiber Creme

Tepung tang mien (wheat starch) tersedia dalam berbagai merek dengan harga banderol yang terpaut lebih mahal dari tepung terigu biasa. Jika tepung terigu harganya saat ini berkisar Rp12 ribuan per 1 kilogram (kg), maka tepung tang mien ukuran 1/2 kilo (500 gram) saja harganya bisa mencapai Rp14 ribu. Nah, jika di sekitar Anda sulit untuk menemukan tepung tang mien, Anda bisa mencoba memakai beberapa alternatif bahan pengganti tepung tang mien. Namun perlu diingat jika Anda memakai bahan substitusi tang mien, tentunya akan ada tekstur atau rasa yang dikorbankan. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengganti Tepung Tang Mien

Tepung Pati Jagung

Tepung pati jagung (sumber: thespruce.com)

Tepung pati jagung (sumber: thespruce.com)

Tepung pati jagung atau yang di Indonesia dikenal dalam merek Maizena adalah bentuk murni dari tepung pati yang diekstrak dari biji jagung segar. Kulit luar jagung dan kumannya dibuang selama proses tersebut, hanya menyisakan endosperma yang kaya pati. Tepung Maizena cukup beragam dalam penggunaannya. Ini sangat bermanfaat di dapur karena bekerja dengan baik dalam menyerap air, terutama saat dipanaskan. Tepung pati jagung bekerja dengan baik sebagai bahan pengental untuk masakan kuah, semur, dan sup. Melarutkan pati jagung ke dalam campuran jauh lebih mudah dibandingkan dengan pati lainnya. Anda dapat menggunakan takaran yang sama dengan takarantang mien Anda.

Baca juga:  Rempah Populer, Bunga Lawang untuk Masak Apa?

Tepung Tapioka

Tepung tapioka (sumber: pinterest)

Tepung tapioka (sumber: pinterest)

Tepung tapioka, kanji, atau aci (sebutan Bahasa Sunda) diekstrak dari tanaman singkong. Cara pembuatannya adalah dengan menggiling dan menyaring umbi singkong dengan hati-hati hingga mencapai konsistensi cair, kemudian dikeringkan untuk menghasilkan pati yang dibutuhkan.Untuk menggunakannya sebagai pengganti tang mien, gunakan takaran 2 sdm (sendok makan) tepung tapioka sebagai pengganti 1 sendok makan tepung tang mien saat menggunakannya sebagai bahan pengental. Jangan khawatir jika Anda memasukkan terlalu banyak, sebab tapioka tidak cepat mengental seperti kebanyakan pati.

Tepung Pati Kentang

Tepung pati kentang (sumber: afrikaeat.com)

Tepung pati kentang (sumber: afrikaeat.com)

Tepung pati kentang (potato starch) adalah alternatif lain yang efektif untuk menggantikan tepung tang mien. Tepung pati kentang diekstrak dari kentang yang baru dihancurkan sampai kandungan pati dilepaskan, kemudian dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Tepung pati kentang juga tidak mengandung gluten, sehingga cocok untuk Anda yang mengalami intoleransi gluten. Namun, karena proses pemurnian pati, pati kentang kaya akan karbohidrat dan mengandung sedikit lemak dan protein. Artinya, ini padat kalori.Gantikan tepung tang mien dengan tepung kentang dengan perbandingan 1:1. Jika resepnya membutuhkan 2 sendok makan tang mien, gantikan dengan 2 sendok makan tepung kentang. Berhati-hatilah saat menambahkan tepung kentang, karena dapat mengental dengan cepat dan dapat rusak jika dipanaskan terlalu lama.

Baca juga:  Manfaat dan Cara Membuat Masker Tepung Beras Rose Brand

[1] Nimpuno, D. 2017. Ayo Membuat Masakan & Kue dari Bahan Halal (hlm 95). Intarina H dkk, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Erdia, F. 2014. Mudah Membuat Bolu Kukus Hias Untuk Pemula (hlm 11). Lidya I, editor. Jakarta: Kawan Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: