Tak Punya Tepung Panir di Rumah? Ini Beberapa Bahan Pengganti yang Bisa Dicoba

Tepung panir (sumber: tepungpanir.com)Tepung panir (sumber: tepungpanir.com)

Tepung roti atau tepung panir adalah sejenis tepung yang dibuat dari roti kering yang ditumbuk dengan halus. Tepung ini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah. Tepung roti biasa digunakan untuk membuat kroket, risoles, dan sebagainya. Namun, terkadang beberapa dari Anda mungkin kesulitan menemukan tepung panir di toko terdekat atau bahkan merasa ragu membeli tepung panir karena hanya tidak selalu menggunakannya untuk memasak. Jika demikian, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan bahan-bahan lain sebagai pengganti tepung panir.

Tepung roti atau tepung panir memiliki banyak sekali kegunaan. Pertama, dicampur ke berbagai makanan dengan bahan dasar daging cincang untuk menjaga kelembapannya. Kedua, untuk melumuri berbagai jenis makanan sebelum digoreng. Lapisan tepung roti akan membuat kulit gorengan menjadi renyah dan tidak mudah hancur.[1]

Meski di rumah sedang tidak ada tepung panir, Anda juga bisa kok menggunakan bahan alternatif sebagai pengganti tepung panir atau tepung roti. Apa saja yang bisa dipakai? Berikut ulasan lengkapnya.

Bahan Pengganti Tepung Panir

Biskuit

Anda bisa menggunakan biskuit yang dihaluskan untuk pengganti tepung roti.[2] Untuk menu-menu masakan yang asin, sebaiknya gunakan biskuit atau crackers dengan cita rasa cenderung asin atau plain (tanpa rasa) seperti biskuit kabin yang polos atau semacamnya. Cara menghancurkan biskuit untuk pengganti tepung panir bisa memanfaatkan food chopper serta bisa juga menggunakan ulekan atau rolling pin untuk menumbuknya hingga halus.

Baca juga:  Manfaat & Cara Membuat Teh Bunga Krisan yang Nikmat
Remah biskuit (sumber: switchcopywriting.com)

Remah biskuit (sumber: switchcopywriting.com)

Keripik Tortilla

Saat ini ada banyak merek keripik tortila yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti bread crumbs, seperti Happy Tos, Maitos, Doritos, dan masih banyak lagi. Keripik tortilla biasanya memiliki perpaduan rasa jagung yang gurih, sehingga cocok untuk menggantikan tepung panir pada menu-menu masakan Anda. Jika menyukai sensasi rasa jagung, Anda juga bisa memanfaatkan snack dari bahan dasar jagung lainnya seperti Cheetos yang dihaluskan atau semacamnya.

Remah keripik tortilla (sumber: myshopify.com)

Remah keripik tortilla (sumber: myshopify.com)

Keripik Kentang

Hal yang membuat keripik kentang bisa jadi pilihan menarik untuk menggantikan tepung panir adalah keripik kentang umumnya sudah dibumbui terlebih dahulu. Anda bisa memakai keripik kentang klasik rasa asin atau bisa juga memilih varian rasa lain seperti bawang atau BBQ untuk sensasi rasa yang lebih kaya.

Remah keripik kentang (sumber: simplyscratch.com)

Remah keripik kentang (sumber: simplyscratch.com)

Rolled Oats

Anda sedang diet dan stok rolled oat di rumah banyak? Bahan satu ini pun bisa Anda sulap jadi pengganti tepung panir yang rendah lemak. Cukup haluskan rolled oat secukupnya dalam food processor, Anda pun bisa menikmati remahan yang mirip tepung panir namun versi lebih sehat. Asyik sekali bukan?

Tepung oat (sumber: eatthis.com)

Tepung oat (sumber: eatthis.com)

Cornflakes

Cornflakes atau sereal lain yang rasanya cenderung hambar bisa juga menggantikan keberadaan tepung panir. Cornflakes memiliki tekstur dan rasa yang tidak terlalu manis. Anda dapat menghancurkannya hingga berkeping-keping untuk membuat lapisan yang lebih halus atau bahkan menambahkannya ke dalam campuran adonan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan potongan kecil sereal saat sedang mengolah ayam. Anda akan memperoleh tekstur ekstra krispi dengan cara tersebut.

Remah cornflakes (sumber: simplyscratch.com)

Remah cornflakes (sumber: simplyscratch.com)

Kelapa Parut

Anda bisa menggunakan kelapa parut untuk mengikat campuran apapun atau melapisi potongan daging. Namun untuk memudahkan pekerjaan Anda, sebaiknya gunakan kelapa parut kering. Ingat, pemakaian kelapa parut mungkin akan memberi sedikit rasa manis pada apapun yang Anda buat.

Baca juga:  Asal-usul Kastengel Keju, Kue Kering Belanda yang Jadi Makin Hits Jelang Lebaran
Kelapa parut (sumber: bukalapak)

Kelapa parut (sumber: bukalapak)

Biji-bijian

Aneka biji-bijian seperti chia seeds, biji bunga matahari, wijen, flax seed, dan sebagainya dapat menjadi pilihan menarik untuk melumuri sayuran atau daging yang hendak dimasak.

Remah biji-bijian (sumber: powerhungry.com)

Remah biji-bijian (sumber: powerhungry.com)

Nah, jika Anda memiliki roti saja di rumah dan peralatan Anda terbatas. Tak perlu resah, karena Anda juga bisa membuat tepung panir hanya dengan memakai teflon dan food chopper. Berikut caranya.

Resep Tepung Panir Tanpa Oven

Bahan Tepung Panir Tanpa Oven

  • 160 gram roti tawar

Cara Membuat Tepung Panir Tanpa Oven

  1. Potong-potong roti, lalu tata di atas teflon. Panggang sampai kering (tanpa minyak).
  2. Masukkan roti yang sudah dipanggang tersebut dalam food processor atau chopper. Tekstur tepung panir bisa disesuaikan dengan selera, apakah yang halus atau agak kasar.
  3. Setelah dihaluskan, tuangkan lagi ke teflon. Sangrai remahan roti tersebut dengan api kecil sampai benar-benar kering.
  4. Jika sudah cukup kering, matikan kompor. Tetap aduk tepung panir sampai suhunya turun.
  5. Setelah dingin, simpan tepung panir dalam toples dan tutup dengan rapat.
Baca juga:  Hal Yang Penting Dilakukan Ketika Hamil

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuatnya?

[1] Quinn, F. 2011. Healthy Happy Family by Farah Quinn (hlm 27). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2]Gondowijoyo, S. 2010. Back To The Kitchen – Anyone Can Cook Western. Theresia AP, editor.Yogyakarta: Andi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: