Bahan Pengganti Gula Kastor, Ternyata Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!

Gula kastor (sumber: newidea.com.au)Gula kastor (sumber: newidea.com.au)

Anda tahu gula kastor? Gula ini sebenarnya sama manisnya dengan gula pasir biasa. Bedanya, gula kastor memiliki butiran yang lebih halus. Gula kastor lebih sering digunakan dalam dunia baking karena mempercepat proses larutnya gula dalam adonan. Sayangnya, gula kastor mungkin tidak selalu mudah ditemukan di setiap tempat. Selain itu, harga gula kastor juga relatif lebih mahal dari gula pasir yang biasa kita pakai sehari-hari. Lantas, apa pengganti gula kastor yang tepat?

Apa Itu Gula Kastor?

Gula kastor atau caster sugar adalah jenis gula halus yang memiliki tekstur sangat lembut, lebih halus dari gula pasir. Karena sifatnya yang mudah bercampur, maka gula kastor sering digunakan sebagai bahan campuran untuk pemanis dalam adonan kue, cookies, atau pastry. Gula kastor memiliki warna putih bersih. Gula kastor bisa dibuat dengan memasukkan gula pasir ke kantong plastik lalu memukul-mukulnya hingga hancur. Hasil ayakannya dapat menggantikan gula kastor.[1]

Pergunakan gula kastor (gula pasir halus) untuk membuat cake, karena akan membuat adonan cepat larut. Gula pasir yang kasar akan menyebabkan permukaan cake ada bercak-bercak putihnya, dan tekstur kue menjadi kasar.[2]

Baca juga:  Sulit Cari Baking Powder Double Acting? Ini Bahan Pengganti yang Bisa Anda Coba

Gula castor awalnya banyak digunakan di Inggris, hingga kemudian merambah ke berbagai dunia termasuk Indonesia. Gula kastor tersedia dalam dua jenis: putih (biasa) dan golden. Varietas golden tidak dimurnikan dan diproses dengan cara mempertahankan beberapa molase, mirip dengan gula merah. Ini memiliki rasa yang lebih hangat, lebih seperti karamel daripada gula kastor putih.

Gula kastor sempurna untuk makanan penutup yang ringan dan airy seperti meringue dan souffle. Ini juga sering digunakan untuk mempermanis minuman, seperti teh, karena tidak membutuhkan panas untuk melarutkannya. Namun, gula kastor dapat digunakan dalam hampir semua cara seperti penggunaan gula pasir biasa.

Gula kastor juga berbeda dengan gula bubuk (powdered sugar). Gula bubuk biasanya dicampur dengan sedikit tepung maizena agar tidak menggumpal. Gula bubuk lebih sering digunakan untuk frosting dan icing atau ditaburkan di atas dessert. Gula bubuk mempunyai tekstur lebih halus daripada gula kastor dan keduanya biasanya tidak bisa saling menggantikan.

Gula kastor (sumber: allrecipes.com)

Gula kastor (sumber: allrecipes.com)

Pengganti Gula Kastor

Gula pasir biasanya akan bekerja dengan baik sebagai alternatif gula kastor. Ganti dengan rasio perbandingan 1:1 (jika resep Anda membutuhkan secangkir gula kastor, gunakan secangkir gula pasir).

Baca juga:  Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata & Lingkar Hitam di Bawah Mata

Apabila Anda menggunakan gula pasir dalam resep kue atau kue kering yang membutuhkan gula kastor, gunakan tips ini: Mulailah dengan mentega yang sedikit lebih dingin dari suhu ruangan, lalu kocokmentega dan gula lebih lama dari biasanya. Ini akan memberi waktu bagi bahan-bahan adonan Anda untuk tercampur dengan rata.Jika Anda membuat meringue, campur gula pasir dan putih telur dengan kecepatan rendah. Ini juga dapat memberi cukup waktu bagi gula untuk larut.

Jika Anda tak punya gula kastor, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah gula pasir serta alat seperti food processor (besar atau kecil), blender, coffee grinder, atau penggiling bumbu. Caranya mudah, tempatkan gula pasir dalam food processor atau semacamnya. Tekan tombol pulse sampai gula mencapai konsistensi super halus tetapi tidak seperti tepung. Tujuannya adalah mencapai tekstur halus yang berada di antara gula pasir dan gula bubuk.

Baca juga:  Resep & Cara Membuat Sambal Pisang Goreng Khas Makassar

Biarkan gula yang telah diproses tersebut mengendap selama beberapa menit dalam wadah food processor. Jika tidak, Anda akan berakhir dengan awan debu saat membuka bagian atas food processor. Jika masih ada sisa, simpan dalam wadah berlabel untuk digunakan nanti.

Namun, perlu diingat, kristal bergerigi dari gula pasir mungkin dapat menggores mangkuk plastik dari food processor Anda meski efeknya mungkin kecil. Tetapi, jika ini mengkhawatirkan Anda, sebaiknya coba gunakan penggiling kopi atau penggiling bumbu yang mangkuknya terbuat dari material kaca dan tak mudah tergores.

[1] Masak, Ide. 2015. 150 Resep Kue Kering Favorit Sepanjang Masa. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 17.

[2] Ambarini. 2001. Cake Praktis: Cepat Dan Mudah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 6.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: