Tak Perlu Bingung, Ini Beberapa Rempah Pengganti Oregano untuk Masakan Anda

Oregano - timesofindia.indiatimes.comOregano - timesofindia.indiatimes.com

Jika membahas soal masakan Italia, tentu tidak bisa dipisahkan dari sejumlah rempah yang biasa digunakan untuk menambah aroma dan cita rasa sajian khas Italia. Salah satu rempah yang banyak dipakai untuk masakan Italia adalah oregano. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, oregano umumnya dapat kita cicipi dalam beberapa hidangan seperti pizza, spaghetti, atau aneka pasta lainnya. Sayangnya, mungkin belum semua orang bisa menemukan oregano dengan mudah di pasaran. Tapi tak perlu khawatir, sebab Anda bisa menggunakan beberapa rempah pengganti oregano dalam masakan.

Oregano adalah salah satu daun rempah dengan aroma yang khas dan lazim digunakan pada masakan Mediterania maupun Eropa. Oregano banyak dijual di supermarket dalam bentuk cacahan daun kering yang dikemas dengan botol. Biasanya, dipajang di rak bumbu. Jika tidak ada oregano, dapat menggunakan cincangan daun seledri, meski memang akan ada perbedaan aroma.[1]

Bentuk daun oregano sepintas mirip daun kemangi namun lebih kecil. Rasanya cenderung pahit dan memiliki aroma khas yang hangat. Bumbu ini biasanya digunakan untuk berbagai resep masakan asal Italia seperti pasta, saus pasta, pizza, dan spaghetti.[2]

Baca juga:  Resep & Cara Masak Misoa Istimewa untuk Sekeluarga

Kandungan Gizi Oregano

  • Kalori: 2,7
  • Karbohidrat: 0,7 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Kalsium: 16 miligram
  • Fosfor: 1,5 miligram
  • Kalium: 12,6 miligram
  • Vitamin B9: 2,4 mikrogram

Harga Oregano

Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) dalam wujud yang sudah kering umumnya mudah ditemukan di sejumlah supermarket seperti Superindo, Giant, hingga Hypermart. Di Superindo misalnya, terdapat beberapa pilihan merek oregano kemasan, mulai dari McCormic Oregano Leaves 10 gram dengan harga Rp24.600 per botol, kemudian Mr. Boem-Boe Oregano Leaves 20 gr seharga Rp34.300, hingga merek Super Indo 365 Oregano 50 gram dengan harga Rp15.900. Sedangkan di Giant harga McCormick Oregano Leaves 10 gr Rp24.900 dan merk Giant Oregano Flakes 20g Rp17.500.

Pengganti Oregano

Italian Seasoning

Apabila saat ke supermarket ternyata stok oregano sedang kosong, Anda juga bisa menemukan alternatif rempah pengganti. Salah satu yang paling masuk akal untuk digunakan sebagai substitusi adalah produk bernama Italian herb seasoning. Italian seasoning alias bumbu rempah Italia ini juga dikemas dalam wujud bubuk kering yang terdiri dari campuran daun rosemary, thyme, oregano, dan basil. Karena di dalamnya sudah ada oregano juga, maka Anda bisa memakai Italian seasoning dalam aneka pasta, sup, atau makanan khas Italia lainnya yang membutuhkan oregano.

Italian Seasoning - www.thecookierookie.com

Italian Seasoning – www.thecookierookie.com

Thyme

Thyme alias timi adalah rempah serbaguna yang cocok sebagai tambahan untuk saus, sayuran, ayam, hidangan berbahan dasar tomat, serta hidangan yang mengandung kacang-kacangan dan kentang. Ini juga berguna untuk saus salad. Thyme merupakan anggota keluarga mint dan termasuk pengganti oregano yang sangat baik untuk sebagian besar resep. Thyme memiliki rona kulit yang lebih manis dan jauh lebih sedikit aromatik.Saat menggunakan timi sebagai pengganti oregano, gunakan jumlah yang sama persis dengan resep Anda untuk oregano.

Thyme - www.history.com

Thyme – www.history.com

Basil

Jika thyme masih saja sulit untuk ditemukan, maka basil adalah pilihan terbaik sebagai alternatif. Basil sepintas mirip kemangi, tetapi memiliki daun yang lebih lebar, agar tebal, dan aromanya agak berbeda dari kemangi yang biasa kita makan dalam lalapan. Basil sangat ideal untuk digunakan dalam hidangan daging, saus pasta, serta topping pizza. Takaran basil sebagai pengganti oregano sebaiknya dikurangi karena rasanya yang cenderung kuat. Gunakan antara 1/2 sampai 3/4 dari jumlah oregano yang dibutuhkan dalam resep. Kecuali Anda memang benar-benar pecinta basil, maka Anda bisa menggunakan dalam takaran yang sama.

Baca juga:  Cara Membuat Butter Cream Anti Gagal dan Tidak Menggumpal di Lidah
Basil - www.thespruceeats.com

Basil – www.thespruceeats.com

Parsley

Nah, bila Anda hanya membutuhkan pengganti oregano sebagai topping atau taburan pada pasta, pizza, atau sajian lainnya, Anda bisa menggunakan daun parsley alias peterseli yang masih segar atau sudah dikeringkan. Jika hanya ada daun parsley segar, Anda dapat merajang daunnya hingga halus kemudian ditaburkan di masakan Anda. Tapi perlu diingat, aroma parsley sangat berbeda dengan oregano.

Parsley - timesofindia.indiatimes.com

Parsley – timesofindia.indiatimes.com

[1] Tim Admin HHBF. 2015. Mini Ensiklopedia MP-ASI Sehat(hlm 203). Gita R dkk, editor. Jakarta: PandaMedia.

[2] Tim Ide Masak. 2015. 125 Sajian Nostalgia Favorit Sepanjang Masa (hlm 8). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: