Susah Cari Cuka Apel? Ini Alternatif Bahan Pengganti yang Bisa Anda Coba

Cuka apel (sumber: thespruceeats.com)Cuka apel (sumber: thespruceeats.com)

Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan bahan yang belakangan namanya sedang naik daun. Tak hanya nikmat untuk diminum atau dijadikan campuran dalam aneka kue, cuka apel kabarnya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sayangnya, tak semua masyarakat Indonesia dapat dengan mudah menemukan cuka apel di pasaran. Meski demikian, tak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan alternatif pengganti dari cuka apel meski mungkin ada perbedaan yang sangat mendasar dari segi aroma atau rasa.

Cuka apel merupakan produk olahan dari apel yang kaya manfaat dan nutrisi bagi tubuh. Apel memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, apel bisa diolah menjadi berbagai makanan atau produk lain, mulai dari kue, keripik, es krim, cuka, dan lainnya. Khusus untuk olahan cuka apel memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Sangat baik apabila kita mengonsumsi cuka apel.

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang cukup tinggi. Asam asetat sendiri menurut medis sangat baik bagi pencernaan. Selain itu manfaat cuka yang telah digunakan sejak lama sebagai bahan pengawet makanan mampu mencegah dan menghambat pembentukan bakteri, seperti ecoli.

Baca juga:  Manfaat Sayur Bit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Cuka apel sendiri juga memiliki manfaat mampu menurunkan gula darah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Cuka apel juga sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, cuka apel juga baik dikonsumsi untuk mengurangi tingkat risiko terkena penyakit kanker.[1]

Selama ini, ada anggapan jika mengonsumsi cuka apel dapat menimbulkan sakit maag. Padahal tidaklah demikian. Penyakit maag terjadi karena lambung sudah tidak mampu memproduksi asam hidroclorid, sehingga makanan yang tersimpan dalam lambung akan mengalami fermentasi. Karena itu, dengan mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan air dan madu, dipercaya dapat memenuhi kebutuhan asam hidroclorid.[2]

Cuka apel alias apple cider vinegar (ACV) biasanya bisa ditemukan di beberapa supermarket besar yang menjual produk impor, toko-toko bahan kue, di sejumlah apotik herbal, dan juga di situs-situs jual-beli online, baik dalam bentuk botol atau share in bottle. Namun, jika Anda masih saja sulit untuk menemukannya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa bahan substitusi cuka apel berikut ini.

Baca juga:  Dijual Seharga Rp 800 Ribuan, Marine Omega 3 NuSkin Dianggap Miliki Manfaat Untuk Kesehatan

Bahan Pengganti Cuka Apel

Air lemon (sumber: today.com)

Air lemon (sumber: today.com)

Air Jeruk Lemon

Satu sendok makan cuka apel bisa Anda gantikan dengan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon. Seperti halnya cuka sari apel, perasan lemon juga bersifat sangat asam dan memiliki pH rendah. Dengan rasa buahnya yang segar dan tingkat keasaman tinggi, jus lemon akan menawarkan rasa yang mirip dengan cuka apel dalam resep cake atau kue Anda.

Air Jeruk Nipis

Masih dalam satu keluarga buah citrus, 1 sdm (sendok makan) perasan jeruk nipis juga dapat Anda manfaatkan untuk menggantikan 1 sendok makan cuka apel. Air perasan jeruk nipis mengandung asam sitrat, sama seperti jus lemon, yang menjadikannya pengganti yang baik untuk cuka sari apel.

Cuka Putih

Cuka putih alias white vinegar mungkin relatif lebih mudah ditemukan di pasaran Indonesia ketimbang cuka apel. Anda bahkan bisa menemukan cuka putih untuk masak ini di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart atau toko-toko kelontong. Takaran cuka putih juga sama dengan cuka apel, yakni 1 sdm cuka putih dapat menggantikan 1 sdm cuka apel. Cuka putih mempunyai rasa asam yang sangat tajam. Meski tak memberi rasa buah yang lembut seperti cuka apel, namun tingkat keasamannya serupa. Apabila ingin menggunakan cuka putih, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon sebagai penambah rasa, khususnya untuk salad dressing atau bumbu marinasi (perendam).

Baca juga:  Cara Membuat Henna dari Kunyit, Lengkap dengan Reviewnya

Cuka Beras

Apabila Anda memiliki cuka beras atau dalam Bahasa Inggris disebut rice vinegar, Anda juga bisa menggunakan bahan ini sebagai pengganti cuka apel. Gunakan 1 sdm cuka beras untuk mengganti 1 sdm cuka apel. Seperti cuka apel, cuka beras termasuk jenis cuka yang lebih lembut. Cuka beras cocok untuk digunakan sebagai tumisan, sup, dan hidangan berbahan dasar nasi. Walau cuka beras kurang asam dibanding cuka apel, cuka beras mempunyai rasa manis yang cukup mendekati cuka apel di banyak resep.

[1] Anggrianto, F. 2019. Sehat Zaman Now (hlm 79-80). Sukabumi: CV Jejak.

[2] Yulianti, S dkk. Khasiat & Manfaat Apel (hlm 42). Jakarta: AgroMedia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: