Anti Alot & Anti Gagal, Ini Pilihan Bahan Pengempuk Daging yang Bagus

Aneka jenis daging (sumber: cookist.com)Aneka jenis daging (sumber: cookist.com)

Daging bisa menjadi berbagai sajian yang menggugah selera bila diolah dengan benar, entah itu daging sapi, daging kambing, atau bahkan daging unggas. Tak hanya soal baunya yang perlu diatasi, tekstur atau tingkat keempukan daging pun perlu Anda perhatikan saat memasak. Daging dengan tekstur yang empuk tentunya lebih nikmat dan juga tidak merepotkan ketika hendak disantap. Banyak pengempuk daging yang bagus untuk memudahkan Anda saat memasak. Dengan demikian, sajian olahan daging buatan Anda bisa dinikmati dengan sukacita oleh sekeluarga.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengempukkan daging. Berikut langkah-langkah dan bahan yang bisa Anda gunakan untuk melunakkan tekstur daging.

Cara Mengempukkan Daging

  • Secara mekanis, yaitu dengan cara memperkecil serat dicincang atau digiling, ditumbuk, dan diblender.
  • Dengan cara menambahkan garam pada daging. Garam (NaCl) dapat mempercepat hidrasi zat protein daging selama proses memasak. Sedikit NaCl dapat menaikkan daya larut zat protein karena zat protein mempunyai daya untuk menahan air lebih tinggi. Jika NaCl banyak, akan mengendapkan zat protein, dan rasa daging kurang enak. Penambahan garam 1,3% atau satu sendok teh untuk 1 kg daging giling, dapat memperkecil jumlah cairan dalam daging. Dengan penambahan garam, pH daging akan naik. Pemberian garam “Yodium Hexametaphosphate” menjadikan daging berwarna merah tua.
  • Cara lain untuk mengempukkan daging dengan membuat daging lebih asam, yaitu menaikkan atau menurunkan pH dapat mengurangi keluarnya cairan dari dalam daging.
  • Cara lainnya dengan menambahkan suatu enzim. Enzim papain dapat mempercepat empuknya daging karena enzim papain dapat mencerna zat protein. Papain berasal dari daun pepaya. Caranya, daging yang akan dimasak, dipotong-potong, lalu dibungkus dengan daun pepaya yang sebelumnya agak diremas-remas dahulu, selanjutnya sesuai dengan resep. Dengan cara ini masakan daging akan cepat empuk. Kerja papain yang paling efektif pada temperatur 60-80° Celsius. Berarti papain mulai bekerja pada waktu daging dimasak. Agar papain dapat meresap ke dalam daging, sebaiknya daging ditusuk-tusuk dengan garpu sambil diulas dengan papain yang berupa cairan atau bubuk. Enzim ini tidak bekerja pada temperatur beku, tetapi akan berhenti bekerja selama daging dimasak, yaitu setelah mencapai temperatur mendidih. Selain enzim papain, enzim bromelin yang terdapat dalam ekstrak nanas juga dapat digunakan sebagai pengempuk daging karena bersifat proteolitik.[1]
Baca juga:  Early Bird vs Night Owl, Mana yang Lebih Baik?

Pengempuk Daging yang Bagus

Ilustrasi: mengiris daging (sumber: bbc)

Ilustrasi: mengiris daging (sumber: bbc)

Meat Tenderizer

Bentuknya serbuk putih dan bisa didapatkan di pasar swalayan dalam kemasan botol kecil. Penggunaannya bisa ditaburkan ke atas daging atau dilarutkan bersama bumbu.

Soda Kue

Masukkan 1 sendok teh soda kue ke dalam potongan daging. Setelah itu diamkan sebentar, baru kemudian diolah.

Daun Pepaya

Remas-remas daun pepaya, lalu bungkus daging semalaman dengan daun pepaya dan simpan dalam lemari es. Enzim papaine dalam daun pepaya akan bekerja mengempukkan daging. Sekarang banyak dijual bubuk pepaya (papaine powder) yang biasa dipakai untuk mengempukkan daging. Bubuk ini bisa dibeli di pasar swalayan di gerai bumbu kering.

Buah Nanas

Aduk daging dengan buah nanas yang diparut. Getah nanas akan mengempukkan daging dan rasa nanas yang asam manis akan menambah sedapnya masakan daging.[2]

Baca juga:  Baru Pertama Coba? Begini Cara Makan Shabu-shabu yang Mantap di Shabu Hachi

Cuka

Cuka juga termasuk bahan pengempuk daging yang bagus dan mudah ditemukan di mana saja. Kandungan asam asetat dalam cuka disebut mampu memecah serat daging dan membuatnya lebih empuk. Caranya, tambahkan 1 sendok makan cuka putih ke dalam cairan masakan Anda atau rendam daging dalam cuka sebelum Anda memasaknya. Masak daging sapi dalam wajan anti lengket atau pinggan kaca tahan panas, sebab besi tuang atau beberapa material logam lainnya bisa bereaksi tidak baik dengan asam.

Bagaimana? Cukup mudah kan cara mengempukkan daging? Anda bisa menemukan beberapa bahan pengempuk daging yang bagus di sejumlah toko, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, atau bahkan swalayan terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

[1] Tarwotjo, CS. 1998. Dasar-Dasar Gizi Kuliner. Jakarta: Grasindo, hlm 69.

Baca juga:  Memenuhi Asupan Sesuai Anjuran, Ciri Khas Sarapan Yang Baik Untuk Diet

[2] DeMedia. 2008. Variasi Masakan Bebek. Jakarta: DeMedia, hlm 5.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: