5 Pengawet Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi Jangka Panjang

Pengawet Makanan yang Aman, Cengkeh Cengkeh

Kini banyak beredar pengawet makanan yang berbahaya, maka sudah sepatutnya kita butuh solusi yang praktis. Betul? Nah, untuk itu, kita perlu memperkaya referensi tentang pengawet makanan yang aman. Supaya, kalau ingin memperpanjang masa konsumsi makanan, kita bisa terhindar dari efek buruk.

Kebanyakan dari pengawet yang aman berasal dari tumbuh-tumbuhan, alias bahan-bahannya alami. Mudah didapat di sekitar kita tanpa ada campur tangan zat kimia. Memang, kalau ingin lebih sehat, maka kita harus tau sampai ke proses pembuatannya. Bahan alami tergolong lebih aman dan juga menyehatkan.

Berikut ini adalah beberapa pengawet makanan yang aman untuk dikonsumsi.

1. Minyak

Minyak

Minyak

Banyak yang belum tau kalau ternyata minyak dapat mengawetkan makanan. Bahan yang alami dan relatif aman digunakan, juga mudah didapatkan. Makanan akan menjadi berubah rasa bahkan busuk. Hal ini disebabkan karena proses oksidasi sehingga rasa yang ada pada makanan menjadi berubah.

Baca juga:  Pemberian Antibiotik Bagi Anak

Nah, peran minyak di sini adalah memperlambat terjadinya oksidasi yang ada pada makanan. Minyak dapat membunuh mikroorganisme penyebab kerusakan makanan. Sehingga, kita bisa manfaatkan minyak untuk mengawetkan produk makanan secara lebih aman, sehat, dan natural.

2. Garam

Garam

Garam

Bahan pengawet makanan yang aman berikutnya adalah garam. Bahan yang biasa kita gunakan untuk menambah rasa asin ini ternyata juga mampu memperpanjang umur makanan, lho. Biasanya, garam ini digunakan untuk mengawetkan daging ataupun sayur-mayur. Garam berfungsi untuk menyerap air dengan cepat.

Apabila makanan terdapat air berlebih, maka kondisinya akan lembab. Kondisi lembab ini akan mengundang banyak mikroorganisme sehingga akan mengakibatkan makanan menjadi cepat basi. Garam di sini berperan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada makanan.

3. Cengkeh

Pengawet Makanan yang Aman, Cengkeh

Cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman yang banyak kita jumpai di sekitar kita. Selain bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan, cengkeh juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan. Sudah banyak diterapkan di budaya India dan Tiongkok sejak lama sebagai pengawet makanan yang alami tanpa bahan kimia.

Baca juga:  Kenikmatan Manisan Agar-agar Sebagai Cemilan Saat Santai Bersama Keluarga

Cengkeh termasuk ke dalam rumpuh rempah-rempah. Banyak digunakan pula untuk campuran obat tradisional khas Indonesia. Cengkeh ini mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan. Senyawa metabolit sekunder yakni fenolik pada cengkeh dapat menghambat perbumtuhan jamur dan bakteri.

4. Kunyit

Kunyit

Kunyit

Satu lagi rempah-rempah yang juga berkhasiat untuk mengawetkan makanan tanpa menimbulkan bahaya, yakni kunyit. Kunyit memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita. Kandungan antioksidan dalam kunyit mampu membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Terlebih ada pula kandungan antibakteri yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Bahan pengawet alami dari kunyit ini biasanya dipakai untuk memperpanjang usia makanan tahu. Selain untuk mengawetkan makanan, kunyit juga sering dipakai untuk memberikan pewarna alami. Kita bisa manfaatkan kunyit ini untuk keduanya, yakni mewarnai makanan dan menjaga makanan tetap enak dikonsumsi.

Baca juga:  Mengapa Pedikur/Terapi Ikan Dianggap Berbahaya?

5. Cuka

Cuka

Cuka

Bahan pengawet yang aman untuk dikonsumsi berikutnya adalah cuka. Cuka ini memiliki kandungan asam asetat yang cukup tinggi. Sehingga mampu memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, jamur dan bakteri yang menyebabkan pembusukan pada makanan.

Cuka ini biasanya dibuat menggunakan campuran gula dan air fermentasi. Beberapa produk makanan yang menggunakan cuka sebagai pengawet makanan adalah acar, kimchi, jelly, dan sebagian besar produk minuman yang beredar sekarang. Cuka sangatlah aman dan tidak menimbulkan bahaya untuk kesehatan.

Nah itulah tadi beberapa pengawet makanan yang aman dan bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Dengan demikian, penulis harap kamu bisa memilah mana makanan yang akan kamu konsumsi sehari-hari ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: