Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Menurut Pengalaman Beberapa Orang

Ilustrasi: luka akibat jerawat di wajah (sumber: averraglow.com)Ilustrasi: luka akibat jerawat di wajah (sumber: averraglow.com)

Jerawat termasuk salah satu permasalahan kulit yang mengganggu dan bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Penyebab jerawat bermacam-macam, mulai dari masalah hormon, alergi, hingga pola hidup yang kurang sehat. Pada beberapa kasus yang parah, bekas jerawat yang tidak diobati dengan benar bisa saja menimbulkan bopeng di kulit wajah. Hal ini biasanya terjadi pada jerawat yang dipaksa keluar dengan cara dipencet atau tidak memperoleh obat jerawat dengan benar. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bopeng di wajah? Simak ulasan lengkap mengenai pengalaman menghilangkan bopeng di wajah berikut ini!

Jenis-jenis Jerawat

Jerawat Juvenil
Jerawat semacam ini muncul pada masa puber. Biasanya menyerang remaja pada usia 14-20 tahun. Penyebabnya adalah masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum. Kulit wajah dengan jerawat juvenil dirawat dengan menggunakan sabun ber-pH seimbang atau sabun bayi translucent.

Jerawat Vulgaris
Jerawat berbentuk komedo yang banyak terdapat pada kulit berminyak. Perawatan jerawat semacam ini dengan penguapan hingga kulit cukup kenyal dan lembap. Kemudian jerawat diambil dengan sendok una, dan olesi dengan krim jerawat/acne lotion. Biarkan semalaman baru dibilas dengan air hangat keesokan harinya.

Jerawat Rosacea
Biasanya terjadi pada wanita berusia 30-50 tahun. Kulit yang terkena jerawat ini perlu pengobatan secara serius pada dokter kulit. Mula-mula jerawat akan tampak kemerahan yang dapat menjadi radang hingga menimbulkan sisik di lipatan hidung. Perawatan kulit yang terkena jerawat jenis ini biasanya dengan penguapan, kompres air panas, atau penyinaran dengan lampu infra merah agar jerawat cepat kering.

Jerawat Nitrosica
Jerawat jenis ini termasuk sangat berbahaya karena akan menimbulkan lubang/bopeng. Tahap yang terjadi sudah termasuk tahap akhir yang memerlukan penanganan khusus dari dokter ahli kulit.

Bopeng ditandai dengan bentuk lubang-lubang atau lekuk-lekuk pada kulit akibat jerawat yang dipencet atau digaruk dengan tangan sehingga menyebabkan jerawat pecah. Akibatnya, kelenjar minyak yang terdapat di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut dengan jaringan parut. Jaringan parut itulah yang menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang atau yang kita kenal dengan istilah bopeng.

Ilustrasi: wajah bopeng bekas jerawat (sumber: 1983news.com)

Ilustrasi: wajah bopeng bekas jerawat (sumber: 1983news.com)

Bopeng sendiri dalam bahasa medis disebut dengan bekas luka atrofi. Jika jerawat sudah pada tahap parah dan menimbulkan bopeng, maka cara untuk menghilangkannya tidak bisa hanya dengan mengandalkan perawatan alami saja. Menurut pengalaman beberapa orang yang menderita kulit bopeng, bekas jerawat yang sudah mendalam semacam ini bisa disamarkan dengan bantuan treatment atau perawatan tertentu di dokter kulit maupun klinik kecantikan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bopeng di wajah.

Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah bentuk treatment versi lebih kecil dari dermabrasi, yakni dengan memakai kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasan kulit adalah kulit lapisan luar atau epidermis. Dilansir dari Klikdokter, tindakan ini populer dan relatif aman digunakan untuk mengatasi gangguan kulit seperti pori-pori yang besar, mengurangi kerutan, mengangkat sel kulit mati, flek, hingga mengurangi bopeng.

Chemical Peeling

Treatment ini hampir mirip seperti mikrodermabrasi, hanya saja memakai cairan asam untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasannya adalah lapisan kulit luar. Chemical peeling yang dilakukan selama beberapa kali dapat membantu menghilangkan bercak hitam akibat sinar matahari hingga bekas-bekas jerawat, termasuk bopeng.

Derma Roller

Adalah jenis terapi dengan jarum yang merangsang regenerasi kulit dan menurut pengalaman beberapa orang bisa membantu meratakan bopeng di wajah sekaligus menghilangkannya secara permanen. Biaya dermaroller cukup mahal, berkisar antara Rp5 jutaan sampai Rp7 jutaan. Sayangnya, untuk memperoleh kulit yang kembali mulus dan terbebas dari bekas jerawat, Anda setidaknya perlu melakukan sekitar 4-6 kali treatment ini.

Laser

Laser merupakan jenis treatment yang banyak disarankan untuk bekas jerawat atau bopeng yang memang sudah pada tahap parah. Walaupun harga perawatan ini cukup mahal, prinsip kerja laser yang menghancurkan lapisan kulit paling luar disebut-sebut cukup efektif untuk mengatasi bopeng. Sinar laser yang digunakan akan menembus kulit dan merangsang produksi kolagen untuk membentuk sel-sel kulit baru.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: