Ciri-ciri & Rekomendasi Pembalut yang Tidak Membuat Iritasi

Ilustrasi: nyeri haidIlustrasi: nyeri haid

Sebagai wanita yang masih subur dan rutin mengalami menstruasi setiap bulannya, Anda perlu memastikan untuk menggunakan pembalut terbaik yang tidak membuat iritasi di kulit. Mencari pembalut yang aman pada dasarnya tidak sulit, karena saat ini sudah tersedia banyak pilihan merek pembalut di pasaran.

Saat menstruasi, daerah kewanitaan terasa sangat lembap dan tidak nyaman. Ini merangsang tumbuh jamur, bakteri, dan meningkatkan risiko infeksi pada vagina. Berikut beberapa cara agar menstruasi Anda sehat dan bersih.

Tips Tetap Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

  • Basuh dengan cara yang tepat. Basuhlah daerah kewanitaan, pantat, hingga anus dengan air hangat dari depan ke belakang. Jangan membasuh dari arah anus ke vagina, karena vagina dapat terkontaminasi bakteri.
  • Pilih sabun tanpa pewangi. Jika ingin menggunakan sabun pembersih (cleanser) pilihlah yang berbahan ringan tanpa pewangi atau bahan kimia lainnya.
  • Basuh hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di vagina, karena dapat membuat kulit iritasi jika tertinggal terlalu lama.
  • Gunakan handuk yang lembut dan bersih. Pastikan seluruh area vagina kering sebelum menggunakan pembalut dan pakaian dalam.
  • Ganti pembalut. Sering-seringlah mengganti pembalut yang Anda gunakan minimal 2-3 kali dalam sehari.
  • Pakai celana dalam berbahan katun.
  • Jangan gunakan produk kebersihan yang berwarna dan pewangi buatan. Jika selesai menstruasi dan mengalami keputihan yang disertai bau tak sedap, nyeri, gatal, segera konsultasi ke dokter.[1]
Baca juga:  Pecinta Warna Nude Lirik Produk Wardah Intense Matte Lipstick No 5

Rekomendasi Pembalut yang Tidak Membuat Iritasi

Ilustrasi: pembalut wanita

Ilustrasi: pembalut wanita

Charm Extra Comfort Maxi

Merek pembalut satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi sebagian besar wanita di Indonesia. Charm memiliki banyak varian pembalut yang diklaim aman untuk kulit sensitif. Selain itu, pembalut ini dilengkapi bantalan elastis yang mencegah pembalut berkerut serta mampu kembali ke bentuk semula, sehingga begitu nyaman digunakan.Charm Extra Comfort Maxi juga dilengkapi dengan teknologi double block line untuk mencegah darah haid bocor dari pembalut.

Softex Daun Sirih

Nah, untuk Anda yang mencari pembalut aman dan diklaim halal, produk Softex Daun Sirih pun bisa dicoba. Softex Daun Sirih disebut mengandung ekstrak alami daun sirih yang dapat mengurangi bau di area vagina. Bahan ini tergolong antiseptik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Seperti diketahui, saat menstruasi bakteri rawan tumbuh dan menyebabkan infeksi. Softex Daun Sirih dilengkapi dengan 4 pelindung sisi yang membuatnya tahan seharian dan juga anti bocor.

Baca juga:  Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Pustula

Laurier Healthy Skin

Pembalut yang diklaim tidak bikin gatal berikutnya adalah produk dari Laurier Healthy Skin. Pembalut Laurier Healthy Skin diformulasikan dengan inovasi baru 3D pori bergelombang yang digadang-gadang mampu menyerap cairan seketika. Selain itu, pembalut Laurier Healthy Skin dapat meningkatkan 80% sirkulasi udara, sehingga pembalut tetap kering.Laurier Healthy Skin hadir dalam ukuran 22 cm dan 25 cm, serta dilengkapi sayap pelindung supaya tidak bergeser posisinya.

Ilustrasi: pembalut wanita

Ilustrasi: pembalut wanita

V Class Soft

V Class Soft adalah pembalut yang diklaim aman serta didesain tipis dan lentur mengikuti bentuk tubuh, sehingga tak mengerut saat Anda melakukan aktivitas tinggi. Permukaan pembalut V Class Soft pun cukup lembut, sehingga memberi kenyamanan dan kesegaran sepanjang hari tanpa memicu terjadinya iritasi.

Kotex Overnight

Apabila mencari pembalut malam yang tidak membuat kulit iritasi, Kotex Overnight mungkin bisa Anda lirik. Kotex Overnight mempunyai perlindungan ganda dan sayap fleksibel di kedua sisinya. Fitur ini membuat cairan tetap terjaga pada tempatnya dan tidak mudah bocor. Kotex Overnight dilengkapi ultra gel untuk mengikat cairan saat haid.

Baca juga:  Pixy UV Whitening Two Way Cake Cover Smooth Natural Peach Untuk Tone Kulit Wanita Indonesia

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Pembalut

  • Pastikan pembalut mempunyai izin edar dari Departemen Kesehatan dan BPOM, yang keterangannya dapat Anda lihat pada kemasan.
  • Baca terlebih dahulu komposisi pembalut pada label kemasan.
  • Pilih pembalut yang mempunyai daya serap baik, tidak mengandung klorin dan dioxin.
  • Pilih pembalut yang permukaannya lembut dan tidak mengandung pewangi, untuk mencegah risiko iritasi atau gatal.

Selain itu, pastikan Anda mengganti pembalut setiap beberapa kali dalam sehari atau saat pembalut sudah terasa penuh. Hal ini dilakukan agar area kewanitaan Anda tetap bersih.

[1] Fu, RL. 2017. 365 Tip For Women. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 352.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: