Bikin Makanan Penutup Rendah Gula? Ini Rekomendasi Pemanis Alami untuk Anda

Ubi - www.delish.comUbi - www.delish.com

Banyak penyakit kronis yang diakibatkan oleh makanan, terutama makanan manis dengan kadar gula tinggi. Nah, bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan manis, seperti dessert atau makanan penutup, Anda bisa menggunakan bahan pemanis alami untuk mengurangi kandungan gulanya. Alhasil, makanan penutup menjadi lebih sehat dan Anda bisa menghindari penyakit karena gula, seperti diabetes.

Ada banyak bahan alami di luar sana yang bisa Anda gunakan untuk membuat rasa makanan penutup menjadi manis seperti gula. Makanan manis tanpa gula juga diklaim dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Menurut Lori Zanini, RD, CDE, pendiri For The Love of Diabetes, makanan dengan kadar rendah gula meskipun terasa manis, juga dapat membantu Anda dalam program diet untuk menurunkan berat badan. 

Buah Kurma

Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengganti gula pada bahan pembuatan makanan penutup adalah buah kurma. Dijelaskan Zanini, buah kurma memberikan rasa manis yang alami. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Buah kurma yang memiliki rasa manis dan legit bisa Anda jadikan pengganti gula, jika Anda ingin memasak biskuit, pie, cupcake, hingga es krim. Dalam penggunaannya, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu, mulai dikeringkan, dipotong dadu, dijadikan selai, hingga diambil sarinya.

Buah Kurma - www.medicalnewstoday.com

Buah Kurma – www.medicalnewstoday.com

Buah Apel

Buah lainnya yang memiliki rasa manis yang pas sebagai pengganti gula dalam resep makanan penutup Anda adalah apel. Apel sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis dengan ukuran yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan citarasa manis pada buah apel, Anda bisa menggunakan jenis apel merah. Apel merah atau biasa disebut dengan Snow White Apple ini memiliki rasa manis yang hampir menyerupai gula.

Untuk mendapatkan rasa manisnya, Anda bisa menggunakan sari apelnya. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuatnya menjadi jus tanpa gula dan menyaring airnya. Air apel tersebut bisa Anda gunakan sebagai bahan campuran dalam membuat roti, es krim, dan berbagai jenis makanan penutup lainnya.

Buah Apel - www.theayurveda.org

Buah Apel – www.theayurveda.org

Truvia Natural Sweetener

Selain menggunakan buah asli, Anda bisa memanfaatkan produk gula buatan yang terbuat dari sari buah-buahan, seperti Truvia Natural Sweetener. Mungkin, produk ini sedikit terdengar asing di telinga Anda, mengingat belum banyak toko atau swalayan yang menjualnya. Untuk mendapatkan produk tersebut, Anda bisa mengakses situs jual beli online.

Dilansir dari Women’s Health, Truvia Natural Sweetener merupakan pemanis alami dan bebas kalori yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti daun stevia dan erythritol. Erythritol sendiri merupakan pemanis berbahan dasar buah yang dihasilkan oleh proses fermentasi.

Menurut Zanini, bahan ini dapat digunakan untuk memberikan rasa manis tanpa menambahkan kalori seperti gula. Itu menjadikannya pilihan yang bagus jika Anda menderita diabetes atau ingin berusaha menjaga asupan karbohidrat serta kadar gula dalam tubuh agar tetap rendah.

Truvia Natural Sweetener - www.thespruceeats.com

Truvia Natural Sweetener – www.thespruceeats.com

Jagung

Salah satu jenis sayuran yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula adalah jagung. Gunakanlah jenis jagung manis untuk membuat makanan penutup. Anda bisa membuat puding jagung, es krim jagung, roti jagung, dan masih banyak lagi. Jagung dapat mengubah rasa makanan Anda menjadi manis karena kandungan fruktosanya yang tinggi.

Fruktosa sendiri merupakan sejenis pemanis alami atau gula buatan yang terdapat dalam beberapa jenis bahan makanan, seperti sayur dan buah. Jika Anda ingin membuat makanan penutup dengan lebih praktis, Anda bisa menggunakan produk sirup jagung. Pilihlah produk sirup jagung asli tanpa campuran gula, karena ini tentunya lebih sehat.

Jagung - cookinglsl.com

Jagung – cookinglsl.com

Ubi

Ada banyak jenis ubi yang bisa Anda temui di pasaran, mulai dari ubi ungu, ubi kuning, dan lain-lain. Ubi dinilai lebih praktis untuk digunakan dalam pembuatan roti dan biskuit. Hal ini karena ubi dapat menjadi bahan pengganti tepung dan gula. Rasanya yang manis dengan tekstur sedikit padat dapat membuat adonan roti atau biskuit lebih lembut dan renyah.

Untuk ubi dengan rasa manis, Anda bisa memilih ubi madu atau ubi ungu. Cara menggunakannya sebagai pengganti tepung dan gula tidak sulit. Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu dan menjadikannya seperti pasta. Beberapa orang juga menjadikan ubi sebagai tepung dengan cara di-oven dan ditumbuk terlebih dahulu.

Ubi - www.delish.com

Ubi – www.delish.com

Wortel

Beberapa sayur yang biasa Anda temui juga mengandung fruktosa, salah satunya wortel. Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan sayuran yang satu ini. Selain mengandung fruktosa, wortel juga mengandung serat dan vitamin A yang baik untuk kesehatan Anda. Rasa manis pada wortel bisa Anda manfaatkan untuk membuat aneka menu makanan penutup rendah gula.

Anda bisa membuat es krim, roti bolu, cup cake, pie, dan lainnya. Untuk mendapatkan rasa manis pada wortel, Anda hanya perlu mengolahnya menjadi jus dan mengambil sarinya. Anda juga bisa membuatnya menjadi selai atau pasta tanpa menambahkan gula sebagai campuran adonan kue.

Itulah beberapa bahan makanan alami yang bisa Anda gunakan dalam resep makanan penutup rendah gula. Karena bahan-bahan di atas tidak mengandung glukosa sempurna, sehingga aman untuk dikonsumsi orang yang memiliki diabetes. Bahan makanan di atas tentunya juga bisa Anda gunakan setiap hari.

Jika Anda susah menemukan bahan-bahan di atas, Anda pun bisa memanfaatkan madu. Madu dinilai memiliki rasa manis yang lebih manis daripada gula, namun tidak menimbulkan kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini karena manis pada madu tidak mengandung glukosa utuh, melainkan dari berbagai macam jenis gula buatan yang dijadikan satu dan terfermentasi oleh air liur lebah.

Wortel - www.thespruceeats.com

Wortel – www.thespruceeats.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: