5 Pelumas Alami untuk Wanita Menopause yang Aman Digunakan

Ilustrasi: organ kewanitaan sehat tanpa gangguan berarti (sumber: hellosehat.com) Ilustrasi: organ kewanitaan sehat tanpa gangguan berarti (sumber: hellosehat.com)

untuk menopause terkadang tidak banyak yang tahu. Banyak ibu-ibu yang justru membeli pelumas sintetis dari toko-toko . Padahal jika lebih teliti, bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai pelumas. Kelebihannya tentu akan lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia.

Pelumas alami untuk wanita menopause ini biasanya tidak menggunakan dosis yang resmi dari dokter. Karena itulah perlu teliti dan hati-hati ketika menggunakannya. Bahan-bahan alami yang digunakan tergolong mudah didapat. Hanya dipastikan kebersihan dan keasliannya agar tidak menimbulkan efek negatif.

Lalu, bahan pelumas alami untuk wanita menopause apa saja yang bisa digunakan supaya miss V tidak kering lagi? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pelumas alami untuk wanita menopause: Lidah buaya

pelumas alami untuk wanita menopause

Lidah buaya yang memiliki pH lebih rendah akan bagus untuk vagina. Sebab, ketika merawat bagian vital, yang paling diperhatitkan adalah tingkat pH. Lidah buaya termasuk dalam kadar aman untuk digunakan sebagai pelumas alami untuk wanita menopause. Alat vital akan tetap jika menggunakan lidah buaya.

Kandungan vitamin E dan C yang cukup tinggi membuat lidah buaya sangat bagus untuk membantu meningkatkan elastisitas . Hal ini tentu akan membantu wanita yang sering mengalami vagina kering, akan sedikit demi sedikit mndapat kekencangan, kembali lembab serta lembut.

2. Minyak kelapa

pelumas alami untuk wanita menopause

Selain bermanfaat untuk melembabkan kulit kering pada seluruh tubuh, minyak kelapa juga bermanfaat lho untuk melembabkan bagian vital wanita. Sangat cocok jika dijadikan pelumas alami untuk wanita menopause maupun untuk pelumas ketika berhubungan suami istri.

Minyak kelapa tergolong lebih awet dan anti jamur serta anti . Sehingga bisa dihindari sedini mungkin lewat penggunan minyak kelapa. Selain itu, minyak kelapa juga termasuk aman dan rekomendasi dokter, sebab hampir tidak ada efek samping, bebas pengawet, serta bahannya organik.

3. Putih telur mentah

pelumas alami untuk wanita menopause

Mungkin tidak sedikit dari ibu-ibu yang merasa kurang nyaman ketika mendengar kata putih telur mentah. Namun dari sisi , putih telur mentah nyatanya mampu menjadi pelumas alami untuk wanita menopause, lho. Manfaat dari putih telur mentah ini bisa dijadikan alternatif selain pelumas buatan.

Menggunakan putih telur mentah membuat vagina menjadi stabil dalam hal kebasaan, sebab pH yang ada dalam putih telur mentah cukup rendah. Tidak perlu khawatir soal efek samping, karena menggunakan putih telur mentah sangat minim efek samping. Ibu bisa menggunakannya sebagai alternatif, ya.

4. Minyak sayur

pelumas alami untuk wanita menopause

Selain bermanfaat untuk proses masak di dapur, minyak sayur ternyata memiliki khasiat lain sebagai pelumas alami untuk wanita menopause. Minyak sayur ini cukup aman. Sekarang juga banyak minyak sayur yang aman dikonsumsi. Nah, ibu juga bisa menggunakannya sebagai pelumas alami.

Minyak sayur yang bagus untuk pelumas biasanya jenis minyak almond manis atau minyak zaitun. Minyak ini berkhasiat untuk melembabkan kulit. Namun bunda harus berhati-hati, karena biasanya tidak sedikit orang yang alergi terhadap minyak sayur. Selain itu, minyak sayur dapat menjadikan diafragma melemah.

5. Madu

pelumas alami untuk wanita menopause

Khasiat madu memang tidak dapat dipungkiri, cukup banyak sekali. Termasuk untuk pelumas alami. Bunda bisa mencobanya dengan menggunakan madu. Tentu apabila terlalu lengket, bunda bisa memakai alat bantu seperti alat penetes. Madu bisa dijadikan alternatif untuk memberikan kenyamanan buat bunda.

Apabila kondisi alat vital kering, madu mampu memberikan kelembaban. Untuk sekadar memberikan pun, madu juga berkhasiat. Terlebih jika digunakan untuk pelumas dalam hal berhubungan suami-istri. Gairah yang didapat ketika menggunakan pelumas juga lebih terasa.

Itulah tadi sederet bahan pelumas alami untuk wanita menopause agar miss V tidak kering lagi sehingga aktivitas suami-istri bisa berjalan sesuai harapan. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan membantu ibu-ibu semua yang mencari referensi pelumas alami untuk wanita menopause. Sekian dan terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: