Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Mudah Berjerawat

Ilustrasi: kulit wajah berjerawat (sumber: glamour.com)Ilustrasi: kulit wajah berjerawat (sumber: glamour.com)

Kulit mudah berjerawat atau sedang jerawatan membuat orang sering merasa bingung memilih produk skincare yang cocok. Nah, salah satu varian skincare yang wajib dipakai adalah pelembap. Namun sebagian produk moisturizer malah mengandung bahan minyak nabati yang membuat jerawat semakin parah. Lalu, pelembap seperti apa yang bagus untuk kulit mudah berjerawat?

Pelembap wajah merupakan salah satu produk kecantikan kulit yang diperuntukkan bagi kondisi kulit kering. Meskipun begitu, banyak orang yang membutuhkan moisturizer meskipun wajah mereka cenderung berjerawat atau sensitif. Ini karena pelembap juga berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap elastis dan kencang.[1]

Dilansir dari HuffPost, pelembap yang cocok untuk kulit berjerawat adalah produk yang ringan dengan tekstur yang lembut dan berbahan dasar air. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan ingin mencari pelembap, juga sebaiknya memilih produk yang ringan, sehingga tidak menyumbat pori-pori. Bagi Anda yang masih bingung memilih produk pelembap untuk kulit mudah berjerawat atau sedang berjerawat, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa produk moisturizer yang diciptakan khusus untuk kulit seperti Anda.

First Aid Beauty-Skin Rescue Oil Free Mattifying Gel Moisturizer

Produk pelembap pertama yang bisa Anda dapatkan melalui e-commerce dengan mudah, yaitu First Aid Beauty-Skin Rescue Oil Free Mattifying Gel Moisturizer. Seorang ahli kecantikan merekomendasikan moisturizer tersebut untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, sensitif, dan berminyak.

Baca juga:  Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas
First Aid Beauty-Skin Rescue Oil Free Mattifying Gel Moisturizer (sumber: bustle.com)

First Aid Beauty-Skin Rescue Oil Free Mattifying Gel Moisturizer (sumber: bustle.com)

Pelembap dari brand kosmetik First Aid Beauty ini memiliki sifat yang dapat melembapkan kulit dengan kandungan ekstrak botani. Selain itu, produk tersebut diperkaya oleh antioksidan yang dapat melindungi kulit dari zat radikal bebas. Karena teksturnya cenderung ringan, maka produk tidak akan menyumbat pori-pori.

Neutrogena Hydro Boost Gel Cream

Rekomendasi pelembap untuk kulit mudah berjerawat selanjutnya, yaitu Neutrogena Hydro Boost Gel Cream. Produk ini dikemas dalam pot bening berwarna biru, sehingga Anda bisa melihat creamnya dengan jelas. Berbeda dengan cream pelembap pada umumnya, Neutrogena Hydro Boost Gel Cream memiliki tekstur semi gel.

Neutrogena Hydro Boost Gel Cream (sumber: falconbeauty.co)

Neutrogena Hydro Boost Gel Cream (sumber: falconbeauty.co)

Teksturnya yang tidak terlalu padat dengan formula khusus berbasis gel, membuat cream mudah meresap dan tidak menutupi pori-pori. Selain itu, cream dilengkapi dengan asam hialuronat, gliserin, dan dimetikon yang merupakan moisturizer agent ringan. Cream tersebut tidak hanya cocok untuk kulit berjerawat atau mudah berjerawat, tetapi juga untuk kulit sensitif, karena tidak mengandung pewangi, minyak, dan pewarna.

Baca juga:  Apakah Sunscreen Emina Cocok untuk Kulit Berminyak?

Cetaphil Moisturizing Lotion

Bagi penggemar skincare dari luar negeri, pastinya Anda sudah sangat familiar dengan brand Cetaphil. Selain terkenal dengan produk pembersih wajahnya, Cetaphil juga terkenal dengan lotion pelembapnya. Bahkan, pelembap tersebut konon menjadi favorit para dokter kecantikan dan sering merekomendasikannya pada pasiennya.

Cetaphil Moisturizing Lotion (sumber: olist.ng)

Cetaphil Moisturizing Lotion (sumber: olist.ng)

Diperkaya dengan komposisi vitamin B5 dan vitamin E, lotion tersebut bermanfaat mencegah kerusakan kulit dan membantu proses penyembuhan kulit dari luka akibat jerawat. Selain itu, produk juga bebas minyak nabati, non-comedogenic, dan tidak mengandung bahan alergen untuk kulit sensitif.

CeraVe PM Facial Moisturizing Lotion

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan bersebum, sebaiknya mencoba CeraVe PM Facial Moisturizing Lotion untuk melembapkan kulit wajah. Produk yang direkomendasikan banyak dermatologis ini bisa Anda temukan di drugstore terdekat atau di sejumlah e-commerce yang lebih praktis.

CeraVe PM Facial Moisturizing Lotion (sumber: carousell.com)

CeraVe PM Facial Moisturizing Lotion (sumber: carousell.com)

Diperkaya dengan ceramide, niacinamide, dan asam hialuronat, produk tersebut bisa dikatakan sukses membuat kulit wajah menjadi lebih lembut, lembap, dan bebas sebum. Selain itu, produk juga tidak mengandung minyak nabati, non-komedogenik, dan bertekstur ringan. Cocok untuk kulit yang mudah berjerawat.

Baca juga:  Penyebab Rambut Rontok Tidak Biasa pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Aveeno Clear Complexion Daily Moisturizer

Rekomendasi pelembap harian yang tidak kalah populer dengan produk-produk sebelumnya, yaitu Aveeno Clear Complexion Daily Moisturizer. Produk dari Aveeno tersebut memiliki tekstur yang tidak terlalu padat, sehingga tidak menutupi pori-pori dan tidak membuat jerawat semakin meradang.

Aveeno Clear Complexion Daily Moisturizer (sumber: depop.com)

Aveeno Clear Complexion Daily Moisturizer (sumber: depop.com)

Aveeno Clear Complexion Daily Moisturizer mengandung asam salisilat yang bermanfaat untuk membersihkan kulit dari virus dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, asam salisilat berfungsi untuk mencegah bopeng akibat jerawat dan sebum. Produk tersebut juga mengandung total soy complex yang berfungsi untuk meratakan warna dan tekstur kulit, serta mencegah jerawat. Produk ini diklaim bersifat non-komedogenik, bebas minyak, dan hypoallergenic, sehingga tidak akan menyebabkan permasalahan kulit lainnya.

Itulah rekomendasi beberapa produk pelembap untuk kulit yang mudah berjerawat. Selain memakai pelembap, untuk mencegah munculnya jerawat baru, Anda bisa memakai toner, krim jerawat, sabun wajah, atau produk skincare lainnya.

[1] Prima, Nadia. 2017. Pengaruh Penggunaan Masker Buah Semangka terhadap Kulit Wajah Kering (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: