5 Jenis Pekerjaan Tanpa Ijazah S1 yang Bisa Dilamar Siapapun

web developer, pekerjaan tanpa ijazah s1 sumber: careerfoundry.com

Mungkin kita akan merasa gusar dan gelisah karena ingin mencari pekerjaan layak, tetapi tidak punya ijazah S1. Mungkin karena kita D3, SMA, atau SMK. Karenanya, kita harus tetap berusaha lebih agar mampu diterima di industri. Beberapa opsi jenis pekerjaan tanpa ijazah S1 bakalan kita bahas di sini.

Sebenarnya, banyak sekali opsi pekerjaan asalkan kita jeli melihat peluang. Datangnya industri 4.0 membuat kita tidak harus melulu mengandalkan ijazah. Sebab, makin ke sini, makin banyak peluang kerja yang mengandalkan keahlian dimana keahlian tersebut bisa didapat tanpa harus kuliah S1. Sudah banyak buktinya.

Nah, kira-kira apa saja sih, pekerjaan tanpa ijazah S1 tapi tetap mendapatkan gaji yang layak? Berikut ini penulis coba rangkum menjadi lima opsi pekerjaan yang nantinya bisa kamu jadikan pilihan untuk meniti karier. Yuk kita mulai.

1. Koki

koki

sumber: kompas.com

Keahlian memasak tentu bisa kita dapat dengan cara belajar dari dasar. Tanpa ijazah S1 pun kita bisa menjadi ahli. Lihat saja program Master Chef Indonesia yang ditayangkan di RCTI, mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ini menunjukkan kalau masih banyak peluang bagi kita, termasuk menjadi koki.

Baca juga:  Review Umum Produk La Tulipe Lipstick Matte Cream

Asal punya kemampuan memasak dan olah rasa yang baik, disertai keterampilan menata penyajian makanan dan minuman, kita sudah dapat modal untuk melamar pekerjaan sebagai koki. Apabila ingin belajar dari nol, kita juga sudah bisa mengakses pembelajaran gratis via online, termasuk YouTube.

2. Web developer

web developer

sumber: careerfoundry.com

Begitu banyak peluang di industri 4.0 ini, termasuk dengan menjadi pengembang situs. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang ingin segera go-online. Apa-apa harus online, mengingat kebutuhan pasar yang kian pesat di bidang online. Tentu saja hal ini menguntungkan bagi para web developer.

Dan kabar baiknya, untuk menjadi seorang web developer, kita tidak perlu belajar di perkuliahan. Banyak kok, web developer yang sukses berawal dari giatnya belajar secara otodidak. Pun, kalau masih ingin pendampingan, sekarang juga banyak les online untuk menjadi web developer.

Baca juga:  Bisnis Es Krim Goreng, Bisnis Sederhana Dengan Laba Fantastis

3. Make up artist

make up artist

sumber: shutterstock.com

Buat kamu yang suka dengan penampilan wajah, meriasnya hingga menjadi cantik merona, maka cocok untuk menjadi seorang make up artist. Sekarang banyak profesi menjadi model, bintang iklan, artis sinetron, bahkan yang paling dekat dengan kita: wisuda, pernikahan, dan acara-acara resmi lainnya.

Tentu pekerjaan make up artist sangatlah dibutuhkan. Tidak banyak orang yang mau repot-repot mendalami banyaknya alat make up dan bagaimana padu padannya. Nah, di sinilah kesempatan kita untuk belajar dari nol hingga mahir. Bagusnya lagi, kalau kamu hobi dengan merias diri, tentu ini kesempatan emas.

4. Penulis kreatif

penulis kreatif

sumber: wordsbycathy.com

Sekarang juga dibutuhkan banyak penulis kreatif untuk menyajikan konten kreatif. Konten-konten ini akan disebarkan di dunia maya, sesuai dengan target pembaca. Diharapkan agar netizen yang budiman ini mampu menjangkau konten yang dibuat dan melakukan aksi seperti membeli produk atau berlangganan.

Nah, mengingat pentingnya hal tersebut, profesi sebagai penulis kreatif kian digandrungi. Tidak butuh titel S1, hanya butuh kreativitas, ide, pemahaman, dan cara penyampaian yang baik serta mampu menarik perhatian pembaca. Keahlian ini tentu bisa dilatih dengan otodidak, atau kamu bisa belajar gratis via online.

Baca juga:  Bukan Hanya untuk Memasak, Ini Sederet Kegunaan Tepung Jagung yang Perlu Anda Ketahui

5. Sales

staf penjualan

sumber: interactmarketing.com

Profesi yang dari dulu sampai sekarang masih saja dibutuhkan. Untungnya, tidak perlu gelar S1 untuk mendapatkan pekerjaan yang satu ini. Kita hanya butuh soft skills untuk mendapatkan hati calon pelanggan. Tentu dengan memahami masalah mereka dan memberikan solusi yang tidak lain adalah produk kita.

Dengan kemudahan membuat konten online, tentu kesempatan untuk meningkatkan penjualan jadi lebih besar. Kita bisa saja praktek bertatap muka langsung dengan calon pelanggan. Tetapi juga bisa ditambah dengan menjangkau puluhan ribu calon pelanggan lewat media sosial.

Itulah beberapa pekerjaan tanpa ijazah S1 yang bisa kamu lamar. Sebagai catatan, kamu harus tetap punya keahlian. Keahlian dimulai dari kemampuan berpikir, kemudian disusul dengan soft skills yang dilatih dengan bersosial. Good luck!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: