5 Opsi Pekerjaan Freelance Online untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga

Vlogger, pekerjaan freelance online untuk ibu-ibuVlogger

Kebutuhan rumah tangga biasanya ditanggung oleh seorang suami yang bertugas menafkahi. Namun, kini juga banyak keluarga yang mencari sumber penghasilan gabungan antara suami dan istri. Sehingga, hasilnya lebih banyak. Kini banyak kesempatan pekerjaan freelance online untuk ibu-ibu yang bisa diambil, lho.

Jenis pekerjaan ini biasanya tidak membutuhkan tempat untuk ngantor. Semua job desk bisa dikerjakan di rumah, asal dilakukan dengan tepat waktu. Kebanyakan pekerjaan ini juga tidak membutuhkan tatap muka dari awal perekrutannya. Jadi, bermodal kepercayaan, kemampuan, dan integritas dari sang pelamar pekerjaan.

Nah, apa aja sih jenis pekerjaan freelance online untuk ibu-ibu yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga? Berikut ini kita bagikan referensi yang mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan. Yuk kita mulai.

1. Freelancer

Freelancer

Freelancer

Banyak dari kita yang mungkin belum paham apa itu freelancer. Bahkan, dikiranya pengangguran. Karena banyak kerja di rumah, jarang keluar, tapi tetep bisa dapat penghasilan. Intinya, freelance itu pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus bertemu atau bertatap muka. Semua dilakukan secara online.

Baca juga:  Usia Ayah, Salah Satu Faktor Penting Yang Membentuk Perkembangan Anak

Nah, pekerjaan-pekerjaan freelance ini tidak tetap. Biasanya pekerjaan datang dalam bentuk proyekan. Misal kita punya keahlian menulis, ada proyek penulisan konten penjualan, bisa kita ambil tuh. Beberapa situs freelancer yang bisa kamu akses ada banyak, mulai dari sribu.com, projects.co.id, freelancer.co.id, dll.

2. Blogger

Blogger

Blogger

Tau yang namanya Gitasav? Yup, bener, dulunya dia aktif sebagai blogger, sebelum merambah menjadi youtuber, influencer, bahkan presenter. Blogger adalah profesi yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Kemampuan utama yang dibutuhkan adalah merancang topik, menulis, mengedit tampilan (walau sekarang banyak tampilan blog yang tinggal unduh).

Tergantung pintar-pintarnya kita mencari kata kunci apa yang sekiranya banyak dicari orang. Kemudian, kita buatkan konten yang menyelesaikan masalah audiens sehingga mereka terus menerus membaca konten kita. Barulah, kalau sudah ramai, kita daftarkan ke Google AdSense supaya dapat penghasilan dari iklan.

Baca juga:  Ingin Coba Jualan Saat Ramadhan? Ini Referensi Jajanan Bulan Puasa yang Paling Laris!

3. Vlogger

Vlogger, pekerjaan freelance online untuk ibu-ibu

Vlogger

Masih dengan orang yang sama, yakni Gitasav. Ia juga berprofesi sebagai vlogger terkenal di Youtube dengan ratusan ribu subscriber. Tugasnya adalah membuat video dengan topik tertentu yang digemari oleh penonton. Sebenarnya proses perancangan idenya hampir sama dengan blogger. Hanya beda output kontennya saja.

Kita cari ide apa yang sekiranya sedang ramai dicari orang. Untuk video ini biasanya mengandalkan interaksi dengan penonton, kualitas konten, dan seberapa manfaatkah channel yang dibuat. Nah, untuk mendapat penghasilan, kita dapat mendaftarkannya ke program partner Youtube, yakni Google AdSense.

4. Dubber

Dubber

Dubber

Kini, mulai banyak perusahaan yang mencari pengisi suara untuk video marketing mereka. Arah pemasaran sekarang sudah mulai memprioritaskan untuk media online. Video marketing juga sudah menjadi prioritas, mengingat mudah dilakukan, cepat viral, dan tentunya menghemat waktu daripada membaca.

Karena itu, banyak sekali konten video yang ditujukan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Nah, di balik itu, ada seorang pengisi suara yang kebanyakan adalah wanita. Buat kamu yang punya suara jelas dan intonasi bagus, bisa lho mencoba jadi dubber.

Baca juga:  Memenuhi Asupan Sesuai Anjuran, Ciri Khas Sarapan Yang Baik Untuk Diet

5. Influencer

Influencer

Influencer

Terakhir, kalau kamu punya akun Instagram yang feed-nya bagus dan enak dipandang, follower banyak, dan punya kemampuan mengambil foto serta membuat caption yang menggugah; maka bisa mempertimbangkan buat menjadi seorang influencer di Instagram.

Hal utama yang diandalkan untuk menjadi influencer tentulah konten. Konten yang memang menghibur, mencerahkan, dan disukai oleh follower kita. Kita bisa mendapat penghasilan dengan cara endorse atau jadi buzzer. Sekarang juga banyak agency yang menjembatani antara influencer dengan perusahaan lho.

Itulah tadi sederet hal tentang pekerjaan freelance online untuk ibu-ibu. Sembari mengurus rumah, ibu bisa mencari tambahan penghasilan untuk membantu suami memenuhi kebutuhan finansial dalam rumah tangga.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: