Panduan Memilih Menu Makanan Sehat

makanan, sehat, menu, makan, siang, anak-anak, protein, karbohidrat, lemak, serat, buah, sayuran, tips, harga, mahal, borongan, musiman, panduan, myplate, penelitian, konsumsi, tinggi, susu, turunan, produk Ilustrasi: makan siang sehat bersama keluarga (sumber: theurbanhousewife.com)

Beberapa otoritas telah meluncurkan MyPlate, sebuah panduan yang diciptakan untuk membantu orang Amerika dalam mengatur pola makan yang . Lalu, sekelompok peneliti dari Harvard School of Public Health menciptakan versi yang lebih baik. Penemuan tersebut dinamakan Piring Sehat.

Menurut Dr. Anthony Komaroff, seorang profesor bidang kedokteran di Harvard Medical School sekaligus kepada editor di Harvard Health Publishing mengatakan bahwa penemuan itu akan memberikan panduan yang mudah digunakan berdasarkan ilmu terbaik bagi konsumen.

Piring Makanan Sehat merupakan elemen visual MyPlate sebagai titik awal, dikarenakan ikon tersebut telah diakui. Anda bisa menyajikan setengah porsi sayur dan buah-buahan. Tidak disarankan untuk mengonsumsi kentang atau kentang goreng. Anda bisa menggantinya dengan gandum utuh.

Di samping itu, Anda bisa membatasi nasi dan roti, karena dengan cepat mengubahnya menjadi gula darah. Sebagai gantinya, pilih protein dari ikan, unggas, kacang-kacangan. Kurangi konsumsi daging merah, daging asap, potongan daging beku, dan daging olahan lainnya.

Sementara untuk minyak, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dan kanola. Minyak tersebut bisa digunakan dalam campuran salad. Untuk , bisa konsumsi air putih, teh, atau kopi. Susu dan produk susu sebaiknya konsumsi 1-2 porsi per hari. Imbangi konsumsi makanan tersebut dengan jus, dan hindari manis.

Mengapa Anda perlu melakukan kombinasi MyPlate? Hal itu dikarenakan MyPlate dinilai kurang akurat dalam menyajikan panduan makan sehat. Roti putih dan nasi bisa meningkatkan gula darah secara cepat. Oleh sebab itu, gandum dinilai lebih memberikan dampak baik bagi dalam jangka waktu lama. Namun, ada yang sama dari MyPlate dengan panduan selanjutnya yaitu dari segi sumber protein, masih berasal dari kacang-kacangan, ikan dan unggas, daging merah, serta daging olahan.

MyPlate masih merekomendasikan konsumsi susu atau produk dari susu setiap kali makan, walaupun ada sedikit bukti bahwa konsumsi tinggi susu bisa melindungi Anda dari serangan osteoporosis dan ada pula yang mengatakan bahwa sebagian besar produk susu dan turunannya memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan. Dan, hal tersebut tentu mengejutkan, terutama bagi penggemar susu dan produk turunannya.

makanan, sehat, menu, makan, siang, anak-anak, protein, karbohidrat, lemak, serat, buah, sayuran, tips, harga, mahal, borongan, musiman, panduan, myplate, penelitian, konsumsi, tinggi, susu, turunan, produk

Ilustrasi: template media penunjang pola makan sehat, MyPlate

Mulai mengonsumsi makanan sehat bisa dimulai dari menu makan siang. Mungkin ini bisa berlaku bagi anak, pasangan, atau diri Anda sendiri. Menyajikan menu makan sehat dapat menjadi tugas yang cukup menantang, karena tidak hanya memerhatikan kandungan di dalamnya, namun juga rasa.

Anda bisa memikirkan efek jangka pendek dan panjang dari pilihan makanan yang dikonsumsi pada saat makan siang. Di kantin sekolah misalnya, mungkin ada beberapa menu makanan sehat yang ditawarkan.

Anak-anak kemungkinan sering mengonsumsi karbohidrat, lemak, gula. Mereka akan senang jika disuguhi makanan seperti pizza, pasta, burger, hot dog, kentang goreng, keripik, jus, dan makanan penutup.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang menyiapkan makanan di rumah cenderung mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang signifikan dan memiliki berat badan bagian bawah lebih rendah daripada mereka yang tidak sering mengonsumsi sayur dan buah.

Jika menyiapkan makan siang dari rumah, Anda bisa menyiapkan menu yang terdiri dari makanan tinggi serat, protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat yang mengandung indeks glikemik rendah supaya menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jadi, dalam jangka waktu pendek, Anda bisa lebih produktif di waktu kerja.

Sebuah rencana kecil seperti menu makan siang bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan. Dan, jika dipandang manfaatnya dalam jangka panjang, Anda telah menerapkan menu diet yang sehat dan ada hubungannya dengan peningkatan kemampuan kognitif di masa yang akan datang.

Cara Mengatur Menu Makan Siang Yang Sehat

makanan, sehat, menu, makan, siang, anak-anak, protein, karbohidrat, lemak, serat, buah, sayuran, tips, harga, mahal, borongan, musiman, panduan, myplate, penelitian, konsumsi, tinggi, susu, turunan, produk

Ilustrasi: menu makanan sehat berisi sayur-sayuran dan buah

Ada formula dasar yang harus Anda ikuti yaitu buah dan sayuran serta protein seperti kacang polong, tahu, seafood, ayam diikutsertakan dalam menu makan siang. Anda bisa menambahkan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, lemak sehat, dan bisa ditambahkan dengan alpukat yang mengandung minyak sehat.

Apabila sebagian besar makanan yang Anda konsumsi adalah berbasis tanaman seperti buah dan sayuran, maka keuntungannya adalah serat terpenuhi. Protein dan lemak sehat juga bisa terpenuhi. Jika Anda mengonsumsi gandum, karbohidrat kompleks akan tercukupi. Kandungan tersebut perlahan akan diserap oleh tubuh, dan gunanya adalah mencegah lonjakan gula darah serta menghambat pembentukan lemak.

Sebagian orang mungkin merasa keberatan dengan menu makanan sehat, salah satunya karena masalah harga. Makanan sehat cenderung dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena ada tips yang bisa diikuti supaya tetap bisa konsumsi makanan sehat tanpa mengeluarkan dana berlebih.

Tips yang bisa diikuti adalah belanja musiman. Anda bisa mencoba melakukan riset kecil-kecilan lewat buku atau internet untuk mencari tahu tentang musim buah atau sayuran. Membeli buah atau sayuran pada musim panennya hampir pasti akan lebih murah. Untuk membuatnya lebih awet, Anda bisa meletakkannya di lemari es, dan mengeluarkannya ketika dibutuhkan. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa karena buah dan sayur tidak bisa disimpan terlalu lama.

Kemudian, Anda bisa membeli secara borongan. Bahan makanan yang dibeli secara borongan akan cenderung lebih murah. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membeli buah dan sayuran yang dibekukan (frozen food). Frozen fruit pada faktanya dipetik atau dipanen ketika matang sempurna dan dibekukan dalam beberapa jam. Jadi, bahan makanan ini masih dikemas dalam bersama nutrisi dan rasa yang lengkap.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: