Oriahnn, Obat Baru Atasi Menstruasi Berlebihan Akibat Fibroid

Ilustrasi: pembalut wanita (sumber: independent.co.uk)Ilustrasi: pembalut wanita (sumber: independent.co.uk)

Saat menstruasi, pernahkah Anda mengalami pendarahan hebat hingga berminggu-minggu? Jika iya, bisa jadi itu akibat adanya fibroid yang muncul di sistem reproduksi Anda. Sebagai solusi, kini telah hadir obat Oriahnn  yang baru saja disetujui oleh FDA dengan indikasi untuk mengatasi menstruasi berlebihan.

Oriahnn, Aman untuk Menstruasi?

Fibroid atau leiomioma, merupakan neoplasma jinak yang berasal dari otot polos uterus dan jaringan ikat yang menumpanginya. Dilansir dari Harvard Health Publishing, fibroid umumnya adalah tumor jinak (bukan kanker) yang terbentuk di dalam jaringan rahim. Ini adalah permasalahan kesehatan yang umum pada wanita usia reproduksi.

Salah satu gejala fibroid yang umum adalah banyaknya darah yang keluar saat haid dan panjangnya masa menstruasi. Tak jarang ada pasien yang mengalami pendarahan menstruasi hingga lebih dari 3 minggu. Untuk mengatasinya, tentu kaum Hawa harus mencari perawatan medis yang tepat.

Perlu diketahui, menstruasi dengan periode yang panjang dan berat bisa menyebabkan gejala anemia parah. Sehingga, tak jarang para pasien dengan fibroid harus mengonsumsi pil tambah darah secara rutin atau mendapatkan transfusi darah jika diperlukan. Kebanyakan orang dengan fibroid, akan mendapatkan perawatan berupa pembedahan atau suntikan obat.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung
Ilustrasi: haid berlebihan (sumber: entitymag.com)

Ilustrasi: haid berlebihan (sumber: entitymag.com)

Sampai saat ini, opsi perawatan untuk perdarahan berat akibat fibroid terbatas pada prosedur bedah atau injeksi obat yang disebut leuprolide, yang diberikan setiap bulan atau setiap tiga bulan untuk membantu mengecilkan fibroid dan meringankan perdarahan. Meski efektif untuk beberapa wanita, perawatan ini juga memiliki risiko.

Prosedur bedah yang dilakukan pada pasien fibroid secara umum memiliki efek samping berupa infeksi, pendarahan berlebihan, histerektomi, cedera pada organ panggul atau perut lainnya, kambuhnya fibroid, dan menurunnya tingkat kesuburan. Sementara itu, injeksi leuprolide dapat membuat wanita mengalami menopause dini yang diinduksi secara medis.

Karena dua cara penyembuhan di atas terlalu berisiko, terciptalah obat baru yang sudah disetujui oleh FDA, bernama Oriahnn. Obat ini memiliki indikasi untuk mengobati perdarahan menstruasi berat karena fibroid. Bahkan, dilansir dari RxList, Oriahnn diklaim aman dan efektif untuk remaja usia produktif mulai 18 tahun ke bawah.

Kandungan dan Dosis Oriahnn

Oriahnn adalah pil harian yang mengandung dua hormon (bentuk estrogen yang disebut estradiol dan bentuk estrogen yang disebut norethindrone acetate). Obat jenis ini juga dikenal dalam golongan elagolix. Elagolix membantu menghambat hormon yang menyebabkan tubuh wanita melepaskan estrogen dan progesteron selama siklus menstruasi bulanannya.

Ilustrasi: konsumsi obat untuk atasi menstruasi berlebih akibat fibroid (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: konsumsi obat untuk atasi menstruasi berlebih akibat fibroid (sumber: medicalnewstoday.com)

Dalam satu kemasan obat Oriahnn, terdiri dari dua kapsul, satu dipakai secara oral di pagi hari dan satu lagi dipakai secara oral di malam hari. Kapsul pagi berwarna putih dan kuning, mengandung 300 mg elagolix (setara dengan 310,4 mg elagolix sodium), 1 mg estradiol, dan 0,5 mg norethindrone acetate. Kapsul malam berwarna putih dan biru muda, mengandung 300 mg elagolix (setara dengan 310 mg elagolix sodium).

Baca juga:  Pendarahan Terlalu Banyak Saat Menstruasi, Apakah Berbahaya

Berdasarkan studi baru-baru ini, elagolix secara efektif mengurangi kehilangan darah selama menstruasi, dan menyebabkan tingkat amenore yang tinggi (tidak ada pendarahan sama sekali). Uji coba itu dilakukan bersamaan dengan AbbVie, perusahaan yang memproduksi dan memasarkan Oriahnn.

Dalam penelitian tersebut, pesertanya terdiri dari 433 wanita dengan keluhan fibroid dan pendarahan menstruasi berat selama 12 bulan. Penelitian dilakukan selama 2,5 tahun sebelum obat benar-benar dipasarkan. Setelah mengonsumsi Oriahnn, peserta studi dapat mengatasi gejala menstruasi yang berlebihan. Hal ini sesuai dengan indikasi dari obat yang diberikan.

Bisa dikatakan, obat baru yang disetujui FDA ini berpotensi menjadi pilihan yang baik bagi wanita yang ingin menghindari operasi dan mencoba manajemen medis fibroid sebagai gantinya. Peringatannya adalah bahwa percobaan mempelajari obat ini hanya selama 12 bulan. FDA belum menyetujui penggunaannya selama lebih dari 24 bulan, sehingga ini mungkin bukan solusi seumur hidup untuk pasien.

Baca juga:  Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Pakai Serum Vitamin C yang Benar

Oriahnn juga bisa dijadikan sebagai solusi untuk wanita yang ingin menghindari histerektomi. Selain itu, pemberian obat elagolix yang ditambah dengan terapi obat tertentu dapat mencegah pasien mengalami menopause dalam waktu satu hingga dua tahun saat mereka mulai memasuki usia menopause.

Beberapa ahli juga mengatakan, Oriahn dapat dijadikan sebagai obat hamil. Bagi wanita yang ingin cepat memiliki momongan, mereka bisa memperlambat periode menstruasi tanpa prosedur pembedahan. Sehingga, selama periode menstruasi mereka melambat dan mundur, kemungkinan untuk hamil akan lebih besar.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: