Kenali Manfaat Omega 3 Dari Sumber Nabati

Manfaat Omega 3 Dari Biji Rami - www.operafoods.com.au Manfaat Omega 3 Dari Biji Rami - www.operafoods.com.au

Asam lemak adalah zat yang penting agar tubuh berfungsi dengan baik. Zat ini adalah bagian dari seluruh membran sel di tubuh. Sebagai gambaran, otak kita sendiri terdiri dari 60% lemak. Asam lemak omega 3 merupakan salah satu jenis nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengurangi risiko terkena arthritis, depresi, asma, hingga mampu meningkatkan kesehatan otak. 

Omega-3 adalah salah satu asam lemak jenis Polyunsaturated Fatty Acids (PUFAs) yang dibutuhkan tubuh. Terdapat beberapa jenis omega 3, namun yang paling banyak dipelajari adalah DHA, ALA, dan EPA. Bentuk paling sederhana omega 3 adalah ALA (Alpha-Linolenic Acid). Meski sangat dibutuhkan tubuh, ALA tidak bisa dibuat secara mandiri oleh tubuh dan sangat bergantung pada diet yang kita konsumsi. Untungnya, banyak tanaman dan hewan yang biasa kita konsumsi mengandung jenis omega 3 ini.

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal bahwa asam lemak omega 3 berasal dari makanan hewani. Namun ternyata seperti dilansir dari healthmeup.com, ada beberapa makanan nabati yang dapat menjadi sumber dari asam lemak omega 3.

Manfaat Omega 3 Dari Rumput Laut - www.medicalnewstoday.com

Manfaat Omega 3 Dari Rumput Laut – www.medicalnewstoday.com

Hal penting yang wajib Anda ketahui adalah manfaat apa yang bisa didapatkan oleh jika Anda mengonsumsi omega 3. Berikut manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Omega-3

Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Manfaat omega 3 yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah peradangan, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Mengurangi Kadar Trigliserida

Minyak ikan terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh.

Meredakan Peradangan Sendi

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi omega 3 secara teratur selama 3 bulan dapat mengurangi nyeri sendi pada penderita artritis.  Selain itu, konsumsi minyak ikan juga dipercaya mampu berdampak pada sistem kekebalan tubuh penderita rheumatoid arthritis. Meski begitu, temuan ini masih diperlukan penelitian lanjutan.

Manfaat Omega 3 Dari Blueberry - www.plantnet.com.au

Manfaat Omega 3 Dari Blueberry – www.plantnet.com.au

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat omega 3 yang paling penting adalah menjaga kesehatan jantung sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi omega 3 secara rutin berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung dan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan lahir bayi.

Berikut daftar makanan yang berasal dari tumbuhan (nabati) yang dapat menjadi sumber omega 3.

Daftar Sumber Omega 3 Nabati

Sumber Omega 3 Nabati Deskripsi
Mangga Satu buah mangga dapat mengandung 77 miligram omega 3. Jika Anda vegetarian, buah ini wajib menjadi sumber omega 3 Anda.
Biji Chia Konsumsi 28 gram biji chia sudah dapat memenuhi kebutuhan Omega 3 harian Anda, karena mengandung 4.915 miligram asam lemak ini. Biji chia juga dapat menjadi pengganti telur yang baik untuk resep vegetarian Anda.
Kenari Kenari mengandung 65% lemak dan banyak diantaranya adalah lemak baik seperti omega 3 ALA. Asupan kenari sebanyak 28 gram akan mengandung 2.542 miligram omega 3 ALA dan sudah memenuhi kebutuhan harian kita. Pada beberapa penelitian yang diuji pada hewan, konsumsi kenari diketahui berhubungan dengan peningkatan kemampuan belajar dan memori.
Biji Rami (Flax Seeds) Biji rami adalah makanan bernutrisi tinggi yang kaya dengan serat, protein, magnesium, dan mangan. Lebih dari itu, biji rami ternyata mengandung asam lemak omega 3. Setiap sajian 28 gram biji rami terkandung 6.388 miligram omega 3.
Kacang Kenari Kacang kenari mengandung asam lemak omega 3, serat, protein, dan zat besi yang baik untuk kesehatan jantung dan mampu menurunkan kolesterol.
Kacang Hijau Kacang hijau dapat menjadi alternatif sumber omega 3 nabati yang baik. Secangkir kacang hijau mengandung 603 miligram omega 3 dan 43 miligram Omega 6. Jadi, semangkuk bubur kacang hijau selain nikmat, ternyata juga bernutrisi tinggi.
Kacang Kedelai Kacang kedelai dan berbagai macam produk olahannya adalah salah satu sumber asam lemak omega 3. Secangkir susu kacang kedelai mampu menurunkan kolesterol dan juga kaya akan serat, zat besi, kalsium, protein, vitamin K, dan folat.
Blueberry Blueberry dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tetapi, yang belum banyak diketahui banyak orang adalah buah ini juga mengandung Omega 3 yang cukup tinggi. Dalam secangkir sajian blueberry, terdapat 174 miligram omega 3 dan 259 miligram omega 6.
Kubis Kubis juga mengandung omega 3 dalam jumlah cukup banyak. Sayuran ini adalah salah satu sumber omega 3 nabati terbesar, yaitu sekitar 208 miligram per cangkir ditambah 62 miligram omega 6. 
Brokoli Brokoli sarat dengan asam lemak omega 3 dan berbagai nutrisi penting lainnya seperti kalium, magnesium, dan niasin yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.
Melon Selain menyegarkan, buah melon juga mengandung omega 3. Secangkir sajian buah melon mengandung omega 3 sebanyak 58 miligram dan 46 miligram omega 6.
Rumput Laut Rumput laut adalah salah satu pilihan terbaik untuk sumber omega 3. Hal ini dikarenakan rumput laut adalah salah satu dari sedikit sumber makanan nabati yang mengandung omega 3 EPA dan DHA. Rumput laut spirulina mengandung 58 miligram omega 3 dan 88 miligram omega 6 per sendok makan. Rumput laut jenis wakame juga dapat menjadi alternatif sumber omega 3 yang baik.
Sayuran Hijau Jika Anda vegetarian, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium dan zat besi dengan mengkonsumsi sayuran-sayuran hijau. Selain itu, sayuran hijau juga menjadi sumber omega 3 bagi Anda. Salah satu contoh sayuran hijau, yaitu brokoli, mengandung 352 miligram omega 3 setiap secangkir sajiannya.

Ternyata beberapa jenis buah juga bisa dijadikan sumber omega 3 untuk para vegan. Buah-buahan yang dapat dicoba adalah melon, mangga, dan buah berry. Nah, itulah sumber makanan nabati yang mengandung omega 3. Tanpa kita sadari, ternyata kita bisa menemukan banyak omega 3 pada sumber nabati.

Manfaat Omega 3 Dari Kacang Kenari - www.medicalnewstoday.com

Manfaat Omega 3 Dari Kacang Kenari – www.medicalnewstoday.com

Asam lemak omega 3 merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Oleh karena itu bagi Anda yang vegetarian, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan nutrisi ini sebab makanan yang terbuat dari nabati pun mampu memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 di dalam tubuh Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: