Rekomendasi Olahraga Ringan dan Menyenangkan untuk Anak

Ilustrasi: anak-anak bermainIlustrasi: anak-anak bermain

Musim liburan sekolah biasanya membuat anak-anaka makin malas keluar rumah atau berolahraga. Bahkan, kebanyakan anak zaman sekarang lebih suka menghabiskan waktu liburannya untuk menonton TV atau bermain game di HP. Sebagai solusi, Anda bisa mengajak mereka berolahraga ringan yang menyenangkan. Sehingga, mereka akan tertarik dan betah berolahraga seharian.

Olahraga bagi orang dewasa, lansia, khususnya anak-anak, adalah hal yang penting. Hal ini karena olahraga merupakan kegiatan yang sarat akan nilai-nilai positif dan memiliki manfaat besar dalam bidang kesehatan dan sosial. Selain itu, olahraga juga mengambil peran yang sangat panjang dalam kehidupan masyarakat. Olahraga juga bisa dikatakan sebagai bentuk kegiatan jasmani untuk mendorong dan mengembangkan pembinaan fisik, mental, dan rohaniah yang ada dalam kehidupan manusia untuk mencapai hidup sehat.

Dengan melakukan kegiatan olahraga secara teratur, manusia juga bisa mengembangkan diri dan pikirannya secara psikologis. Sementara itu, untuk anak-anak, olahraga bisa menjadi hal yang menyenangkan dan membuat mereka merasa lebih bebas, lebih percaya diri, dan tidak mudah bosan atau stres.

Agar anak-anak bisa berolahraga dengan teratur dan tidak bosan, Anda bisa menjadikan olahraga sebagai salah satu pengisi luang. Anda bisa menjadwalkan olahraga sebagai salah satu kegiatan mingguan keluarga dalam bentuk hiburan dan permainan yang bersifat mengasyikkan.[1] Bagi Anda yang masih bingung memilih jenis olahraga yang menyenangkan untuk anak, setidaknya Anda bisa melihat rekomendasi berikut.

Baca juga:  Minyak Zaitun vs Minyak Kelapa, Mana yang Lebih Sehat?

Permainan Pilih Kartu

Dilansir dari Harvard Health Publishing, anak-anak sangat suka bermain kartu, apalagi kartu dengan gambar kartun yang lucu. Anda bisa membeli kartu bergambar tokoh kartun kesukaan mereka dengan kategori action. Biasanya, dalam kartu tersebut, akan terlihat karakter kartun yang sedang melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari jalan cepat, berlari, melompat, jongkok, bahkan push up.

Kumpulkan semua kartu menjadi satu dan masukkan ke dalam sebuah wadah toples atau kardus. Setelah itu, biarkan anak-anak mengocok kartunya sendiri dalam toples atau kardus tersebut. Setelah dikocok, biarkan mereka memilih satu kartu secara acak dan suruh mereka untuk melakukan gerakan yang sama dengan gerakan yang dilakukan tokoh kartun dalam kartu.

Jika gerakan mereka tepat, Anda bisa memberi mereka hadiah berupa point. Semakin tinggi point yang mereka dapatkan, maka semakin besar harapan mereka untuk menang. Anda bisa menyiapkan berbagai macam hadiah lucu bagi pemenang permainan ini. Permainan tersebut cukup menyenangkan untuk dimainkan anak-anak. Selain itu, dengan melakukan banyak gerakan, anak-anak bisa membakar kalorinya tanpa harus mengeluh.

Baca juga:  Tren Skin Fasting, Kenali Caranya untuk Mendapatkan Manfaatnya
Ilustrasi: anak-anak aktif bergerak

Ilustrasi: anak-anak aktif bergerak

Permainan Panjang Pendek

Salah satu permainan seru lainnya yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak adalah permainan panjang pendek. Peraturannya, Anda harus menyiapkan sebanyak 10 orang peserta yang terdiri dari anak-anak. Bagi jumlah mereka menjadi dua kelompok dan membentuk barisan memanjang. Anda sebagai komando pemain harus berada di depan barisan mereka.

Teriakkan kata “Panjang atau Pendek” saat permainan dimulai. Ketika Anda berteriak “Panjang” anak-anak harus saling bergandengan tangan dan membentuk barisan paling panjang. Dari kedua tim tersebut, pemenangnya adalah tim yang memiliki barisan dengan ukuran paling panjang. Peraturannya hanya satu, mereka tidak boleh melepaskan genggaman tangan dan harus saling terikat.

Sebaliknya, jika Anda berteriak “Pendek” maka mereka harus membentuk barisan paling pendek. Peraturannya masih tetap sama, barisan paling pendek adalah pemenangnya dan mereka harus saling terikat antara satu dengan lainnya. Jangan lupa untuk memberikan waktu maksimal bagi mereka dalam membentuk ukuran barisan. Ini akan membuat permainan menjadi lebih seru.

Baca juga:  Suplemen Folamil Genio vs Vitamam, Mana yang Lebih Baik?

Dalam permainan tersebut, peserta diperbolehkan menggunakan properti yang ada di sekitarnya untuk menambah ukuran panjang barisan. Selain itu, peserta juga diperbolehkan untuk saling menggendong satu sama lain untuk membuat ukuran barisan paling pendek. Cara ini adalah cara yang menyenangkan untuk membakar kalori pada anak-anak. Karena, mau tak mau mereka juga harus saling berlarian.

Selain dua permainan di atas, Anda juga bisa membuat permainan baru lainnya, seperti permainan menjadi hewan. Pilihlah satu buku cerita tentang hewan dengan karakter lucu, setelah itu ajak anak-anak untuk bermain. Permainannya cukup mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menyuruh anak-anak untuk menirukan gerakan binatang dalam buku dongen saat Anda menyebutkan karakternya. Permainan ini juga cukup membakar kalori mereka dan membuat mereka berpikir lebih cerdas.

[1] Armi, Dedi, dkk. 2015. Partisipasi Orang Tua terhadap Minat Anak Berolahraga di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Vol. 1(4): 258-271.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: