Olahraga Penting untuk Orang Gemuk dan Kurus

Ilustrasi: olahraga

Sebagian orang menganggap olahraga hanyalah sebuah cara untuk menguruskan badan. Alhasil, olahraga sering disebut cuma penting bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, hanya saja olahraga bagi orang kurus sama pentingnya bagi orang gemuk, karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Olahraga

Olahraga merupakan kebutuhan setiap manusia supaya kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik.[1] Bisa dibilang, workout dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, kanker, dan obesitas (gangguan berat badan).

Dilansir dari Harvard Health Publishing, olahraga juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah, mengontrol gula darah, dan meningkatkan mood atau menghilangkan stres. Manfaat olahraga untuk kesehatan tentunya tidak dirasakan oleh orang obesitas saja, tetapi juga orang bertubuh ceking.

Bagi orang yang mengalami gangguan berat badan, workout akan membantu mereka mendapatkan berat tubuh ideal. Gerakan-gerakan dalam olahraga akan membakar lemak secara cepat dan membuat badan menjadi lebih sehat. Diketahui, orang yang obesitas memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung dan kolesterol. Sementara itu, bagi orang kurus, olahraga adalah salah satu cara untuk membuat badan menjadi lebih berisi, karena massa otot akan meningkat. Selain itu, dengan workout yang teratur, diketahui nafsu makan bisa meningkat, sehingga Anda akan mendapatkan asupan dalam jumlah yang cukup.

Baca juga:  Tutorial Cara Facial di Rumah dengan Rangkaian Produk Wardah
Ilustrasi: olahraga

Ilustrasi: olahraga

Semua manfaat berolahraga tentu bisa Anda dapatkan jika Anda melakukannya dengan tepat. Setiap minggu, orang dewasa memerlukan aktivitas workout setidaknya 150 menit dalam level sedang atau 75 menit dalam level berat. Supaya lebih mudah, Anda bisa membaginya dalam dua tahap atau seminggu dua kali.

Sementara itu, bagi pemula yang belum terbiasa olahraga, bisa mencoba level yang lebih rendah selama 15 menit hingga 30 menit setiap hari. Ini akan membuat Anda menjadi lebih kuat dan terbiasa dengan gerakan-gerakan ringan. Jika Anda sudah terbiasa, Anda baru bisa menaikkan level olahraga Anda untuk menguruskan tubuh atau meningkatkan massa otot supaya badan lebih berisi.

Masih dilansir dari sumber yang sama, aktivitas fisik atau olahraga level ringan adalah gerakan yang mampu meningkatkan detak jantung dan membuat berkeringat tanpa musik, misalnya berjalan dengan cepat, aerobik air, mendorong mesin pemotong rumput, dan mengendarai sepeda santai. Sementara itu, aktivitas fisik berat adalah gerakan yang mampu meningkatkan detak jantung dengan lebih cepat, membuat pernapasan berat, dan membutuhkan banyak energi, di antaranya jogging, lari, renang, dan mengendarai sepeda cepat.

Baca juga:  Lulur Alami Untuk Memutihkan Kulit Dengan Cepat

Semua aktivitas fisik yang berkaitan dengan olahraga terbilang bagus untuk semua orang dari berbagai usia dan berat badan. Meskipun begitu, Anda tidak bisa melakukan beberapa gerakan olahraga jika sedang cedera atau memiliki gangguan obesitas. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat saat Anda mengalami dua hal ini.

Melakukan olahraga juga tidak harus mahal dan pergi ke tempat gym. Anda bisa melakukan workout menggunakan peralatan yang Anda miliki dengan cara yang lebih ekonomis. Sebagai tips bagi Anda yang ingin memulai workout tanpa mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa melihat rincian berikut.

Ilustrasi: olahraga berenang

Ilustrasi: olahraga berenang

Tips Olahraga Ekonomis

  • Manfaatkan area sekitar rumah sebagai tempat olahraga yang menyenangkan. Anda bisa berlari atau jalan cepat memutari kompleks rumah Anda selama 15 hingga 30 menit setiap hari. Ini adalah salah satu cara untuk melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan massa otot di bagian betis.
  • Bagi Anda yang memiliki rumah lebih dari satu lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga sebagai alat fitness. Naik dan turun tangga dengan cara berjalan cepat atau lari akan membantu proses pembakaran lemak di bagian paha dengan cepat. Selain itu, Anda bisa mencoba gerakan-gerakan olahraga sederhana seperti meletakkan kaki di atas tangga keempat dengan posisi tangan berada di bagian ujung kaki. Ini membantu meningkatkan elastisitas tubuh sekaligus mencegah nyeri di bagian punggung, leher, dan pinggang.
  • Bersih-bersih rumah juga bisa Anda jadikan sebagai olahraga ringan yang efektif. Anda bisa menyapu dan mengepel lantai secara berulang sambil berlari di tempat. Selain itu, bagi Anda yang memiliki mesin pemotong rumput, Anda bisa menjadikannya sebagai alat olahraga dengan cara mendorongnya berkali-kali sambil berlari cepat.
Baca juga:  Bagaimana Cara Kerja Diet Sesuai Golongan Darah?

Untuk mendapatkan manfaat olahraga, Anda juga perlu memperhatikan asupan yang Anda konsumsi. Supaya workout yang Anda lakukan tidak sia-sia, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang setiap hari.

[1] Prasetyo, Yudik. 2013. Kesadaran Masyarakat Berolahraga untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional. MEDIKORA MEDIKORA, Vol. 11(2): 219-228.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: