Nikmatnya Asinan Kamboja Khas Betawi, Bikin Ketagihan

Cara Penyajian Asinan Betawi - (Sumber: food.detik.com) Cara Penyajian Asinan Betawi - (Sumber: food.detik.com)

Asinan Kamboja, merupakan nama lain dari asinan Betawi yang telah melegenda. Memiliki sebutan asinan kamboja, lantaran asinan ini dijajakan di Jalan Kamboja, bukan berasal dari Negara Kamboja.

Tepatnya asinan khas Betawi ini beralamat di jalan Taman Kamboja III No 10, Rawamangun, Jakarta Timur. Rumah Asinan Betawi H. Mansyur ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan diwariskan oleh Alm. H. Mansyur kepada anak anaknya.

Asinan Betawi - (Sumber: rancahpost.co.id)

Asinan Betawi – (Sumber: rancahpost.co.id)

Menurut cerita, dahulu asinan ini hanya dijajakan dengan cara  dipikul dan dijual berkeliling sekitar daerah Rawamangun saja. Namun, karenna faktor usia dan tenaga Pak H. Mansyur ang saat ittu sudah tidak memungkinkan untuk berjuanlan dengan cara berkeliling, maka akhirnya beliau memutuskan untuk menjajakannya di rumah pribadinya.

Asinan Betawi memiliki khas menggunakan segar yang terdiri dari toge, kol, sawi, ketimun, serta tahu putih dan kerupuk mie yang berwarna kuning dan kerupuk pink yang sangat renyah dan gurih, yang kemudian disiram dengan kuah kacang yang pedas. Sensasi segar yang dicampur dengan bumbu yang pedas inilah yang membuat asinan kamboja ini kian diminati hingga tak jarang pembeli harus antri untuk membeli asinan tersebut.

Namun, warung makan asinan betawi H. Mansyur ini tidak hanya menjual jenis asinan sayur, akan tetapi juga menjual asinan . Asinan terdiri dari potongan nanas, kedondong, dan diberi kuah dengan resep rahasia yang terlihat seperti cuka merah.

Demi menjaga kualitas rasa dan kesegaran sayuran serta buahnya, asinan kamboja ini diracik langsung pada saat pemesanan, maka tak heran jika harus antri dalam membeli asinan ini. Dan bagi pembeli yang ingin menikmati sajian khas Betawi ini, tidak perlu dengan merogoh kocek dalam. Karena sattu porsi asinan kamboja ini di-banderol dengan yang sangat terjangkau, berkisar mulai Rp12 ribuan saja. Asinan kamboja ini juga dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

Cara Penyajian Asinan Betawi - (Sumber: food.detik.com)

Cara Penyajian Asinan Betawi – (Sumber: food.detik.com)

Walapun rumah makan asinan ini tidak berdesain mewah seperti atau tempat makan di mall. Namun memiliki penataan yang cukup rapi, bersih, dengan bangku dan meja yang terbuat dari kayu. Dalam satu warung, dapat menampung sekitar 50 orang pelanggan, disertai dengan toilet dan tempat parkir  yang cukup luas.

Yang menarik dari asinan kamboja ini adalah memiliki cita rasa yang berbeda dengan asinan betawi yang dijajakan di tempat lain. “Sensasi sayuran yang segar bercampur dengan kuah kacang yang pedas sungguh nikmat. Apalagi kerupuk mie yang berenang-renang di kuahnya, menambah sensasi makan asinan betawi ini. Saya pernah mencoba membeli asinan betawi di tempat lain di Jakarta. Tetapi belum pernah menemukan yang seenak disini,” tutur salah satu pelanggan asinan kamboja.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: