Bahan Skincare untuk Kulit, Apa Itu Niacinamide?

Ilustrasi: wanita memakai serum wajah (sumber: bmderma.com)Ilustrasi: wanita memakai serum wajah (sumber: bmderma.com)

Telah bermunculan berbagai sediaan skincare dengan bahan niacinamide yang dikenal sebagai zat aktif ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Meskipun produk berbahan niacinamide dijual secara bebas, Anda tidak bisa memakainya secara asal. Pastikan Anda memahami penggunaan niacinamide untuk merawat kulit supaya tidak mengalami reaksi alergi atau efek samping lainnya.

Manfaat dan Penggunaan Niacinamide

Niacinamide atau biasa disebut nicotinamide merupakan vitamin B3 aktif yang larut dalam air.[1] Zat ini tidak bisa ditemukan dalam tubuh, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3. Selain itu, Anda bisa mendapatkannya secara langsung dari berbagai produk perawatan kulit dalam sediaan oral atau topikal.

Dalam sediaan oral, biasanya niacinamide ditemukan dalam bentuk multivitamin, suplemen kulit, buah-buahan, susu, dan obat-obatan. Sementara itu, dalam sediaan topikal, Anda dapat menemukannya dalam bentuk krim, lotion, serum, dan toner. Selain itu, ada juga sabun wajah yang diklaim mengandung niacinamide.

Keberadaan produk-produk yang mengandung niacinamide terbilang populer di kalangan wanita, karena memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, khususnya bagi mereka yang berjerawat. Secara umum, niacinamide berkhasiat untuk menenangkan kulit yang meradang atau kemerahan akibat jerawat.

Baca juga:  Sejumlah Manfaat Minum Saffron Tea untuk Kesehatan
Ilustrasi: cairan niacinamide (sumber: lifestyleasia.com)

Ilustrasi: cairan niacinamide (sumber: lifestyleasia.com)

Beberapa ahli juga mengatakan, niacinamide bisa dipakai untuk melindungi kulit dari kerusakan, mencegah kulit kehilangan air transepidermal, melembapkan, menghaluskan, sebagai antiinflamasi, antiaging, dan mencerahkan kulit. Supaya manfaat niacinamide bisa dirasakan dengan cepat, biasanya orang lebih memilih sediaan topikal dibanding oral, terutama untuk kecantikan kulit.

Dilansir dari Vogue, niacinamide mampu menembus permukaan dan diserap kulit dengan baik. Hal ini yang membuat sediaan niacinamide topikal lebih cepat terlihat khasiatnya dibandingkan oral. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan kadar atau dosis niacinamide pada produk skincare Anda.

Masih dilansir dari sumber yang sama, sebaiknya Anda memilih sediaan kosmetik dengan kandungan niacinamide konsentrasi rendah, karena konsentrasi tinggi bisa berisiko iritasi kulit. Hal ini tidak hanya berlaku bagi Anda yang berkulit sensitif, tetapi juga normal dan berjerawat. Biasanya, iritasi ditandai dengan kulit yang kemerahan, bruntusan, dan berjerawat.

Supaya kinerja niacinamide lebih optimal, biasanya orang menyandingkan dengan bahan lain. Anda tidak harus hanya fokus pada skincare yang mengandung niacinamide, tetapi juga bahan lain, seperti asam kojic, vitamin C, peptida, dan hyaluronic acid. Untuk lebih jelas mengenai sediaan kosmetik yang bisa disandingkan dengan niacinamide, Anda bisa melihat rincian berikut.

Baca juga:  Tampil Natural dan Tahan Lama Dengan Rangkaian Bedak Ultima Two Way Cake

Bahan Skincare yang Cocok dengan Niacinamide

Ilustrasi: wanita memakai serum kecantikan

Ilustrasi: wanita memakai serum kecantikan

  • Asam kojic. Untuk Anda yang ingin mengobati flek hitam dan bekas jerawat, mungkin bisa menggunakan niacinamide yang dipasangkan dengan asam kojic. Ini adalah asam alami yang berasal dari jamur hasil fermentasi beras. Anda bisa menjumpai asam kojic pada berbagai sediaan skincare.
  • Vitamin C dan akar licorice. Sudah banyak sediaan kosmetik yang mengandung dua zat tersebut. Padukan dengan skincare lain yang berbahan dasar niacinamide untuk mencerahkan kulit sekaligus mencegah hiperpigmentasi akibat sinar matahari.
  • Peptida diklaim sebagai rantai pendek asam amino yang membangun protein yang membentuk kulit. Saat dioleskan ke kulit, peptida akan membantu meningkatkan kolagen pada kulit. Jika dipadukan dengan produk yang mengandung niacinamide, kulit Anda tidak hanya lembap, tetapi menjadi lebih halus, lembut, dan kenyal.
  • Hyaluronic acid. Asam hialuronat konon dapat melembapkan kulit lebih baik daripada air. Dengan kemampuan ini, saat disandingkan dengan skincare lain yang mengandung niacinamide, maka kulit Anda dipastikan akan lembap seharian. Selain itu, dua produk ini mampu menciptakan barrier atau penghalang kulit untuk mengunci kelembapan yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia.
  • Tranexamic acid. Secara umum, zat asam ini kerap dipakai untuk mengatasi pendarahan pasca-operasi, tetapi saat ini sudah dikembangkan sebagai bahan untuk produk skincare. Digabung dengan produk perawatan kulit lain yang mengandung niacinamide, produk diklaim mampu mengencangkan kulit, menghilangkan garis halus, menghilangkan kerutan, dan menghambat proses penuaan dini.
Baca juga:  Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Tubuh?

Hasil penggunaan produk yang mengandung niacinamide pada setiap orang akan berbeda. Khasiat pemakaian skincare berbahan niacinamide biasanya mulai terlihat dalam dua minggu di awal pemakaian. Namun, beberapa orang baru merasakannya saat satu bulan lebih selama pemakaian. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dari sebuah produk skincare, memang Anda harus bersabar.

[1] Mesensy, Natasya. 2020. Penggunaan Nicotinamide sebagai Terapi Akne Vulgaris. Jurnal Medika Hutama Universitas Lampung, Vol. 2(1): 395-401.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: