Manfaat Suplemen Natur E 300 untuk Promil

Ilustrasi: wanita mengonsumsi suplemen (sumber: medicalnewstoday.com)Ilustrasi: wanita mengonsumsi suplemen (sumber: medicalnewstoday.com)

Vitamin E yang membantu untuk proliferasi sel, termasuk sel ovum dan sperma sehingga sangat baik untuk kesuburan. Vitamin E alami dapat kita jumpai di buah avokad, kacang hijau, dan minyak bunga matahari. Namun, kini telah tersedia tablet vitamin E dengan berbagai dosis, yang dapat diperoleh di toko obat terdekat.[1] Oleh sebab itu, pasutri (pasangan suami istri) yang sedang menjalani program kehamilan (promil) biasanya disarankan untuk mengonsumsi vitamin E, baik dalam bentuk alami maupun suplemen agar cepat hamil. Salah satu produk suplemen vitamin E yang banyak dijadikan pilihan adalah Natur-E 300.

Kapsul Natur E terbuat dari bahan gelatin berasal dari tulang sapi, sehingga halal untuk dikonsumsi. Bahan soft capsule ini juga memudahkan untuk ditelan dan proses penyerapan lebih cepat karena kapsulnya mudah larut. Selain diklaim halal, suplemen ini sudah memiliki izin dari BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Natur-E Orange 300 Soft Capsule merupakan suplemen vitamin E 300 IU alami ekstra yang diklaim dapat menjaga kelembapan kulit, mengatasi kulit kusam dan sangat kering karena paparan radikal bebas.Natur-E Orange 300 Soft Capsule memiliki kandungan vitamin E alami 300 IU dari minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari.Natur-E Orange 300 Soft Capsule dapat diminum dengan dosis 1 kali sehari setelah makan. Usahakan untuk minum di malam hari agar hasil lebih maksimal.Natur-E 300 IU Soft Capsule direkomendasikan untuk perempuan usia 25-35 tahun karena seiring bertambahnya usia, kondisi dan ketahanan kulit akan berkurang.

Baca juga:  Premenstrual Dysphoric Disorder, Bentuk Kelainan PMS dengan Gejala yang Lebih Berat

Natur E 300 untuk Program Kehamilan

Natur E-300 (sumber: youbeli.com)

Natur E-300 (sumber: youbeli.com)

“Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kesuburan wanita dan menjaga kesehatan dinding rahim. Asam folat dan vitamin E juga aman dikonsumsi untuk Anda yang mempunyai riwayat haid tidak teratur,” kata dr. VallensiaNurdianaFebriyanti dari Alodokter.

“Perlu Anda ingat, bahwa kehamilan tidak hanya dipengaruhi oleh vitamin, tetapi juga dipengaruhi oleh kesehatan organ tubuh wanita dan pria yang berkaitan dengan kehamilan. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, serta pemeriksaan penunjang untuk melihat kesehatan organ reproduksi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan saran yang sesuai untuk program kehamilan Anda,” imbuh dr Vallensia.

Kekurangan vitamin E berdampak anemia, ketidaknormalan saraf dan otot, kegagalan reproduksi, kelahiran prematur (perwujudan dari anemia pada ibu). Senyawa vitamin E terdiri dari tocoferol dan tocotrienol sebagai bentuk aktif biologi dari vitamin E. Sekresi empedu dan fungsi pankreas dibutuhkan untuk absorpsi vitamin E pada usus halus. Setelah diabsorpsi, vitamin E dibawa ke darah sebagai lipoprotein.[2]

Baca juga:  5 Tips Hiit Cardio Yulia Baltschun yang Viral di Sosial Media

Sebagai senyawa larut lemak, tocoferol didistribusikan dalam jaringan lemak. Vitamin E didistribusikan dalam asam lemak jenuh ganda (PUFA) dari membran sel. Defisiensi vitamin E mengakibatkan oksidasi PUFA yang berbahaya terhadap membran dan sel.

Kadar tocoferol darah meningkat selama hamil yang paralel dengan kenaikan kadar lemak total. Bayi yang lahir prematur akan mudah menderita anemia hemolitik yang disebabkan kekurangan vitamin E, sehingga vitamin E direkomendasikan diberikan kepada bayi prematur untuk mencukupi kebutuhannya.

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi suplemen (sumber: healthline.com)

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi suplemen (sumber: healthline.com)

Kadar tocoferol darah yang normal pada orang dewasa adalah 0,5-1,2 mg/dl yang berhubungan langsung dengan total lemak plasma. Minyak sayur merupakan sumber vitamin E yang tinggi dalam pangan selain mentega, biji-bijian, kacang, dan tepung gandum. Kecukupan vitamin E saat hamil adalah 10 mg.[3]

Apabila mengacu pada Angka Kecukupan Gizi (AKG), jumlah vitamin E yang dibutuhkan orang dewasa setiap harinya rata-rata 15-20 mg per-hari atau setara 22,4 – 28,4 IU.Suplemen vitamin E seperti Natur-E kabarnya bisa dikonsumsi sejak 3 bulan sebelum masa kehamilan dengan dosis satu kapsul setiap hari setelah makan malam.

Baca juga:  Penyebab Penyakit Kardiovaskular pada Wanita Hamil

Harga Natur E 300

Produk Natur-E 300 dapat Anda temukan dengan mudah di toko-toko obat, minimarket, pusat perbelanjaan, maupun apotik. Sebagai informasi, hargaNatur E 300 IU Daily Nourishing 16’s di Indomaret dipatok Rp40.600, di Alfamart harga Natur-E 300 IU 16 kapsul Rp41.500, kemudian harga Natur-E Nourishing 300 IU soft cap 16s per strip di apotek dijual Rp9.794 dan harga Natur-E Nourishing 300 IU soft cap 32s mencapai Rp76.172. Harga Natur E 300 di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[1]Pratiwi, WM dkk. 2017. Menikmati 9 Bulan Yang Menyenangkan. Marina A, editor. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, hlm 11.

[2]Aritonang, E. 2010. Kebutuhan Gizi Ibu Hamil. Yuki HEF, editor. Bogor: IPB Press, hlm 79.

[3]Ibid., hlm 80.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: