5 Nasehat untuk Wanita Sholehah dalam Kehidupan Dunia

nasehat untuk wanita sholehah

Sebetulnya ada begitu banyak nasehat untuk wanita sholehah. Apalagi di kehidupan modern, wanita sudah bukan lagi pada jaman tradisional yang berada di rumah. Berbagai bidang pekerjaan sudah mulai dikuasai oleh wanita. Wanita yang menjadi pemimpin juga tidak sedikit lho.

Karenanya, sebagai wanita, ada batasan-batasan tertentu yang harus dipatuhi. Supaya hakikat wanita tetap pada kodratnya dan tidak menjadikannya dosa. Sah-sah saja untuk melakukan aktivitas sosial, namun tetap pada syariat Islam yang sesuai akidah Al Qur’an dan Al Hadist.

Nah, kira-kira apa saja ya, segelintir nasehat untuk wanita sholehah, yang jika dilakukan bisa berdampak positif bagi kehidupan? Simak yuk, ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Nasehat untuk wanita sholehah: menutup aurat dengan baik dan benar

nasehat untuk wanita sholehah

Nasehat yang pertama tentu paling mendasar ialah menjaga aurat. Menutup aurat merupakan nasehat yang paling penting dan menjadi tameng dari segala hal buruk di luar sana. Muslimah yang sholehah sudah sepatutnya menjaga auratnya dengan mengenakan pakaian yang syari dan menutupi.

Baca juga:  Perdebatan Mengenai Siapa Yang Lebih Percaya Diri, Pria atau Wanita?

Muslimah yang paling baik adalah yang menutup auratnya dengan sempurna. Aurat yang ditutupi adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sebagai muslimah yang baik, tentu saja nasehat ini sebaiknya menjadi gerbang utama untuk menuju ke hal-hal positif berikutnya.

2. Gunakan busana muslimah yang syari

nasehat untuk wanita sholehah

Apabila sudah mengerti keutamaan dan kewajiban untuk menutup aurat, maka solusi yang bisa ditempuh adalah mengenakan busana muslimah yang syari. Busana ini tentu bakal menjadikan muslimah menjadi lebih baik lagi. Untuk selalu mengingat Allah Swt. dan menjaga aurat.

Ada beberapa kriteria busana muslimah yang syari. Sebaiknya, busana ini menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Juga, busana muslimah sebaiknya bukan untuk menghias diri serta memiliki bahan yang longgar. Tidak ketat juga tidak tipis. Yang terakhir adalah tidak diberi wewangian.

3. Muslimah yang baik adalah muslimah yang betah di rumah

nasehat untuk wanita sholehah

Muslimah yang menjaga kehormatannya adalah muslimah yang betah di rumah. Betah di rumah dan tidak keluar rumah kecuali ada hal yang mendesak. Hal ini sering dilakukan oleh muslimah di zaman Rasulullah. Bahkan, ada muslimah yang seumur hidup tidak pernah keluar rumah.

Baca juga:  Susahnya Membuat Kontak Mata Saat Bercinta, Begini Kata Terapis

Tentu sebuah ketaatan yang paling tinggi. Kenapa sebaiknya betah di rumah? Supaya, tidak menjadi godaan bagi laki-laki. Karena laki-laki, godaan terbesarnya adalah wanita. Apabila wanita menampakkan dirinya, sudah barang tentu laki-laki akan tertarik untuk melihatnya.

4. Sifat malu yang kental pada diri muslimah

nasehat untuk wanita sholehah

Nasehat untuk wanita sholehah yang berikutny adalah memiliki sifat malu. Sifat malu ketika berada di depan umum, masyarakat yang ramai dan sejenisnya bukanlah sifat yang negatif. Justru hal ini akan mengarahkan wanita untuk berbuat baik dan menjaga adab sopan santun.

Muslimah yang baik tentu sebaiknya memiliki sifat malu yang kental pada dirinya. Malu untuk berinteraksi kepada lawan jenis juga menjadi bagiannya. Malu untuk berbuat semena-mena dan tidak sesuai aturan. Malu untuk membuka aurat yang menjadi kehormatan bagi wanita.

Baca juga:  4 Trik Gombalan Maut Wanita untuk Pria yang Boleh Dicoba

5. Senantiasa menjaga kehormatan

nasehat untuk wanita sholehah

Menjaga kehormatan menjadi nasehat yang tidak boleh dilewatkan. Menjaga kehormatan sampai ada lelaki yang menikahi. Menjaga kehormatan sebagai muslimah yang senantiasa memiliki sifat malu, betah berada di rumah, menjaga aurat dan mengenakan pakaian yang syari.

Menjaga kehormatan untuk senantiasa berbicara yang baik-baik saja, menghindari untuk membicarakan hal-hal yang negatif apalagi membicarakan orang lain. Menjaga kehormatan muslimah hingga datang seorang lelaki yang bakal menemani hingga akhir hayat nanti.

Itulah, sederet nasehat untuk wanita sholehah yang bisa kami tulis. Itulah, sederet nasehat untuk wanita sholehah yang bisa kami tulis. Semoga nasehat-nasehat di atas dapat memberi inspirasi, tercerahkan dan mampu menjadikan wanita sholehah yang lebih baik lagi. Aamiin

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: