Tips Sederhana Melunakkan Daging dengan Buah Nanas

DagingDaging

Dalam dunia kuliner, buah nanas tidak hanya dipakai untuk memasak menu makanan dengan citarasa manis, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat masakan asin. Untuk masakan asin ini, dengan bahan utama daging, biasanya buah nanas dipakai untuk melunakkan teksturnya.

Alasan Nanas Bisa Melunakkan Daging

Buah nanas dipilih sebagai bahan untuk melunakkan daging karena mengandung kadar asam yang tinggi. Selain itu, buah ini juga terkenal sebagai buah yang mudah dicari dan mengandung banyak nutrisi. Menurut penelitian, buah nanas dengan nama ilmiah Ananas comosus mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelin.[1]

Selain kadar asam yang tinggi, enzim bromelin pada nanas juga dapat melunakkan tekstur daging. Enzim bromelin merupakan salah satu zat yang paling banyak terdapat pada buah nanas. Enzim tersebut berfungsi sebagai pemecah senyawa protein yang ada pada daging. Dengan pecahnya senyawa protein, maka tekstur daging akan berubah menjadi lebih lembek dan lembut.

Enzim bromelin juga dapat menghancurkan atau mengikis sebagian besar lemak jenuh yang ada pada daging. Ini membuat kadar kolesterol pada daging semakin berkurang, sehingga lebih aman dikonsumsi. Inilah sebabnya penggunaan nanas sebagai bahan pengolah daging sangat cocok bagi Anda yang ingin diet sehat.

Baca juga:  Ini Dia, 5 Parfum Wanita Terlaris dan Harganya Dibawah 100 Ribu Saja!

Selain mampu mengurangi kadar lemak dan melunakkan daging, nanas juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat tekstur daging tetap segar dan kenyal. Seperti yang kita ketahui, jenis daging frozen yang sudah dibekukan lebih dari dua hari, rasanya tidak sesegar daging yang baru saja dipotong. Agar daging frozen bisa terasa segar lagi dan juicy ketika dimasak, Anda bisa menambahkan nanas sebagai bumbu daging.

Banyaknya kandungan pada nanas, selain menambah kesegaran daging, juga akan menambah kadar nutrisi pada daging. Seperti diketahui, daging memiliki beberapa kandungan yang bisa rusak kapan saja, apalagi jika dimasak dengan api yang besar. Sejumlah vitamin, seperti vitamin C dan protein, biasanya akan berkurang setelah dimasak.

Untuk mengganti kadar nutrisi tersebut, termasuk protein yang berkurang, Anda bisa menambahkan nanas di akhir proses memasak. Biarkan nanas dipotong tanpa dimasak dan ditaburkan ke dalam makanan, sebagai topping. Selain menambah nutrisi, ini juga akan menambah citarasa makanan.

Buah nanas

Buah nanas

Cara Melunakkan Daging dengan Buah Nanas

  • Anda hanya perlu menyiapkan bahan, seperti buah nanas segar dan daging yang akan dimasak. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jahe, garam, gula, kecap asin, dan bawang halus, serta saus tiram, jika ingin mencoba memasak daging panggang yang lezat.
  • Agar hasilnya tidak mengecewakan, Anda harus mengetahui perbandingan jumlah daging dan buah nanas yang dipakai. Untuk melunakkan 250 gr daging sapi, Anda membutuhkan setengah buah nanas berukuran sedang atau 1 buah nanas berukuran kecil. Sementara itu, untuk melunakkan daging kambing sebanyak 250 gr, Anda membutuhkan satu buah nanas berukuran sedang. Selain bisa mengempukkan daging kambing, buah nanas juga dipakai untuk menghilangkan bau khas pada daging kambing.
  • Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kupas dan cuci buah nanas. Potong buah tropis tersebut menjadi 4 bagian dan masukkan ke dalam blender. Hancurkan buah nanas tanpa menggunakan air. Sebagai bahan campuran, Anda bisa menambahkan 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Sambil menunggu buah nanas menjadi bubur, cuci daging yang ingin Anda lunakkan dan masukkan ke dalam mangkuk atau wadah plastik. Sebaiknya, Anda tidak memakai wadah dengan bahan aluminium atau besi tipis. Zat asam pada nanas bisa membuat bahan tersebut mengelupas dan meresap ke dalam daging.
  • Setelah nanas berubah menjadi bubur, masukkan ke dalam mangkuk berisi daging. Usahakan daging benar-benar terendam oleh nanas. Jika Anda ingin mempercepat proses pelunakan daging, Anda bisa menambahkan satu sendok makan cuka putih ke dalam wadah.
  • Aduk semua bahan hingga rata dan tutup bagian atas wadah menggunakan plastik wrap agar nutrisi buah nanas tidak teroksidasi dan dapat diserap oleh daging. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam di dalam lemari es.
Baca juga:  Ini Kesalahan Menata Rambut yang Sering Dilakukan di Rumah

Itulah cara melunakkan daging menggunakan buah nanas. Semakin lama Anda membiarkan daging terendam bubur nanas, maka semakin empuk teksturnya. Setelah daging empuk, Anda dapat memasaknya sesuai dengan selera. Jika Anda ingin membakarnya, Anda tinggal menambahkan bahan-bahan tambahan dan memarinasinya sebentar, lalu memanggangnya.

[1] Silaban, Irfan & Soraya Rahmanisa. 2016. Pengaruh Enzim Bromelin Buah Nanas (Ananas comosus L.) terhadap Awal Kehamilan. Majority, Vol. 5(4): 81-85.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: