Mudah, Begini Cara Pakai Toner yang Benar

Ilustrasi: aplikasi toner wajah (sumber: nivea.com.au) Ilustrasi: aplikasi toner wajah (sumber: nivea.com.au)

Siapa perempuan yang tidak mengenal toner? Produk skin care yang satu ini adalah produk wajah yang terbuat dari bahan dasar air dan memiliki kandungan spesifik untuk kebutuhan wajah. Banyak sekali kegunaan toner. Selain mampu menghilangkan minyak dan mengangkat sisa-sisa makeup, toner juga dapat mendinginkan, melembutkan, memperbaiki kulit wajah, mengurangi tampilan bintik hitam bekas jerawat, dan kemerahan karena jerawat.

Toner bahkan mampu mempersiapkan kulit Anda sebelum memakai serum dan perawatan anti-aging. Tujuannya agar kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah. Sayangnya untuk sebagian orang, masih bingung bagaimana cara memakai toner.

Pemanfaatan cuka apel untuk kesehatan kulit memang sudah tersohor, namun bagaimana jika digunakan dalam jumlah besar seperti menambahkannya dalam air mandi? Tak hanya dapat memperkaya rasa makanan dan membantu meningkatkan kesehatan, pamor cuka sari apel atau cuka apel juga cukup terkenal sebagai pembasmi jerawat dan membantu perawatan kulit. 

Cuka apel telah lama dikenal sebagai toner alami yang baik untuk kulit wajah, khususnya Anda dengan tipe kulit berminyak. Sifat astringent dalam cuka apel membantu menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Penggunaan cuka apel secara teratur dapat mencerahkan kulit wajah. Cuka apel juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda, mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

Selain memiliki fungsi toner pada umumnya yaitu membersihkan kotoran di wajah, termasuk make up dan sunscreen, toner cuka apel tentunya memiliki manfaat lain. Sebagai informasi, toner yang terbuat dari cuka apel mampu membantu memperbaiki pH kulit, meratakan tona kulit, mengurangi penampilan noda-noda di wajah akibat sinar matahari, memperkecil pori-pori, serta membuat wajah Anda terlihat lebih flawless. Tidak hanya itu, berkat kandungan antibakteri dan antiseptic di dalamnya, toner cuka apel ini juga bisa membantu menyembuhkan maupun mencegah jerawat. 

Cara Membuat dan Cara Pakai Toner Cuka Apel

Ilustrasi: cuka apel untuk toner wajah (sumber: rd.com)

Ilustrasi: cuka apel untuk toner wajah (sumber: rd.com)

Untuk membuat toner cuka apel ini, Anda hanya memerlukan 3 alat dan bahan, yaitu:

  • Cuka apel
  • Air Mineral
  • Botol atau wadah bersih

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air mineral dengan cuka apel ke dalam botol atau wadah bersih, kemudian mengocoknya hingga tercampur sempurna. Nah, untuk perbandingan volume air mineral dan cuka apel yang dicampurkan, sebaiknya Anda menyesuaikan takarannya dengan jenis kulit Anda, agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa menyebabkan masalah kulit. Berikut ini detailnya:

  • Kulit Sensitif: Cuka apel : air mineral = 1 : 4, jadi misalnya Anda menggunakan 5 sdm (sendok makan) cuka apel, Anda perlu mencampurkannya dengan 20 sdm air mineral.
  • Kulit Normal: Cuka apel : air mineral = 1 : 2, jadi misalnya Anda menggunakan 8 sdm cuka apel, Anda perlu mencampurkannya dengan 16 sdm air mineral.
  • Kulit Berminyak: Cuka apel : air mineral = 1 : 1, jadi misalnya Anda menggunakan 15 sdm cuka apel, Anda perlu mencampurkannya dengan 15 sdm air mineral.

Saat mencoba pertama kalinya, mereka menyarankan dengan perbandingan 1:3 meski berkulit normal atau berminyak. Setelah itu gunakan secara bertahap sampai kulit terbiasa dengan cuka apel. Indera penciuman Anda juga harus terbiasa dengan baunya yang menyengat.

Langkah selanjutnya bersihkan wajah dengan pembersih lembut dan keringkan. Celupkan kapas ke dalam cuka apel yang sudah dilarutkan, peras sisa air yang berlebih lalu usapkan pada wajah. Hindari area mata untuk mencegah iritasi. Rasanya mungkin akan sedikit terbakar, tapi tidak terlalu menyengat. Wajah pun langsung terlihat bersih.

Namun perlu diingat, cuka apel dapat membuat kulit menjadi kering. Setelah mengaplikasikannya pada wajah lanjutkan dengan mengoleskan pelembap. Para ahli kecantikan merekomendasikan agar menggunakan cuka apel sebagai toner sekali atau dua kali seminggu.

Cara Pakai Toner yang Benar

Ilustrasi: aplikasi toner wajah (sumber: lorealparisusa.com)

Ilustrasi: aplikasi toner wajah (sumber: lorealparisusa.com)

Meskipun bertujuan untuk menyerap dan mengontrol seluruh kotoran dan minyak yang ada di dalam pori-pori wajah, toner bukan hanya cocok untuk kulit yang berminyak atau berjerawat saja. Tapi ada pula toner yang dibuat untuk jenis kulit kering, sensitif, dan kombinasi. Bagaimana ya cara memakai toner yang benar? Berikut informasinya.

Pakailah toner setelah membersihkan wajah

Baca juga:  5 Jamu Untuk Wanita Lepas Bersalin Agar Tubuhmu Kembali Singset

Cara memakai toner yang pertama, bersihkan wajah terlebih dulu menggunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan wajah sudah benar-benar bersih. Bila Anda menggunakan make-up, sebaiknya bersihkan dulu sisa makeup menggunakan makeup remover, lalu lanjutkan dengan produk pembersih wajah.

Pastikan tangan bersih

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa mencuci tangan sebelum menggunakan toner. Hal ini karena toner akan berfungsi secara maksimal jika tangan dalam keadaan bersih, sehingga kotoran dari tangan tidak akan menimbulkan kotoran baru.

Gunakan kapas

Cara memakai toner selanjutnya adalah dengan menuangkannya satu hingga tiga tetes ke kapas. Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. Usapkan kapas yang telah diberi toner ke seluruh wajah dan leher. Usap kapas yang telah diberi toner ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah menjadi segar.

Pakai toner pada pagi dan malam hari

Baca juga:  Anda Pemilik Jenis Kulit Kering dan Kusam? Berikut Review Produk Pond’s Khusus Untuk Kulit Kering

Pakailah toner secukupnya karena jika berlebihan, justru akan membuat wajah memproduksi minyak berlebih dan berisiko timbul jerawat. Gunakan toner pada pagi dan malam hari saja, khususnya bagi yang memiliki kulit berminyak. Sementara yang memiliki kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari untuk mengurangi penyumbatan pori-pori. Pakailah toner setelah Anda membersihkan wajah, sebelum menggunakan perawatan wajah dan serum. Toner dapat dijadikan pelindung terhadap kotoran dan minyak.

Pakailah pelembap

Jangan lupa setelah menggunakan toner, pakailah pelembap sesuai jenis kulit wajah. Dengan menjaga kulit tetap lembap dan halus, tentu kulit wajah akan lebih sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: