Apakah Biskuit Farley Boleh Diberikan untuk MPASI Bayi 4 dan 5 Bulan?

Mendulang bayi dengan MPASI (sumber: yesdok.com)Mendulang bayi dengan MPASI (sumber: yesdok.com)

Varian biskuit bayi yang cocok diberikan sebagai MPASI sudah semakin beragam bentuk dan rasanya. Biskuit bayi seperti Heinz Farley bahkan memiliki beberapa varian rasa, seperti original, jeruk, dan apel, sehingga bisa disesuaikan dengan selera anak. Namun, bolehkah memberikan biskuit Farley’s sebagai MPASI untuk bayi usia 4 dan 5 bulan?

MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI, yang kita tahu bahwa makanan pendamping ASI diberikan kepada bayi tepat di usianya yang ke-6 bulan/180 hari. Di mana “menu utama” masih ASI hingga 1 tahun, menuju 2 tahun makanan lebih diutamakan daripada ASI untuk mencukupi gizi harian Si Kecil.

Tujuan dari MPASI adalah memperkenalkan makanan baru ke bayi selain ASI. Kenapa harus 6 bulan? Karena pencernaan anak sudah lebih siap menerima makanan padat, dan ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi Si Kecil. Jadi, bukan berarti anak langsung lepas ASI, tapi dibarengi dengan makanan padat. Di samping itu, tujuan MPASI tidak hanya sekadar memberikan makanan ke bayi tapi melatih bayi secara motorik kasar dan halus, misalnya ketika bayi memegang makanan atau sendoknya, sehingga Si Kecil bisa makan sambil belajar tentunya.

Baca juga:  Ciri Anak Down Syndrome Ringan & Pengobatan yang Tepat

Penting sekali kita sebagai orang tua mengetahui pemberian makanan yang tepat kepada anak agar anak terhindar dari malnutrisi. Yang kita tahu, bahwa menu 4 bintang yaitu karbohidrat, protein hewani, nabati, dan sayur, serta lemak tambahan wajib diperkenalkan di awal MPASI agar terhindar dari “stunting” dan “ADB”. Stunting merupakan kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama atau dengan nama lain gagal tumbuh. Gagal tumbuh yaitu pertumbuhan tinggi badan anak lebih pendek dari standar usianya. Sedangkan ADB adalah singkatan dari anemia defisiensi zat besi yang sering dialami oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh Si Kecil.[1]

Varian Biskuit Heinz Farley’s

Heinz Farley’s Biskuit Original

Makanan padat untuk melatih kemampuan menggigit dan mengunyah bayi Anda. Biskuit Heinz Farley’s original dilengkapi dengan berbagai zat gizi untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, biskuit ini kaya dengan sumber serat pangan, kalsium, serta vitamin B1 dan B2.Biskuit Heinz Farley pun memiliki rasa original susu yang nikmat.

Varian biskuit Farley

Varian biskuit Farley

Heinz Farley’s Biskuit Apel

Makanan padat untuk melatih kemampuan menggigit dan mengunyah bayi Anda. Biskuit Heinz Farley’s Apel dilengkapi dengan berbagai zat gizi untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, biskuit ini kaya dengan sumber serat pangan, kalsium, serta vitamin B1 dan B2.Biskuit Heinz Farley pun memiliki rasa apel yang nikmat.

Baca juga:  Penyebab dan Pengertian Gumoh pada Bayi Adalah

Heinz Farley’s Biskuit Jeruk

Makanan padat untuk melatih kemampuan menggigit dan mengunyah bayi Anda. Biskuit Heinz Farley’s Jeruk dilengkapi dengan berbagai zat gizi untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, biskuit ini kaya dengan sumber serat pangan, kalsium, serta vitamin B1 dan B2.Biskuit Heinz Farley pun memiliki rasa jeruk yang nikmat.

MPASI Biskuit Farley untuk Bayi 4 dan 5 Bulan

Jika berdasarkan keterangan yang tertera pada kemasannya, biskuit Farley’s adalah makanan selingan yang dapat diberikan pada anak usia 1-3 tahun. Cara penyajiannya pun sederhana, cukup masukkan 1-2 keping biskuit ke mangkuk bersih. Kemudian tambahkan air atau susu hangat dan sajikan dalam bentuk bubur sereal.

Namun demikian, banyak juga ibu yang menggunakan biskuit Farley untuk MPASI bayi berusia 6 bulan ke atas. Sayangnya, konsumsi biskuit bayi sebagai MPASI untuk bayi di bawah 6 bulan (4 dan 5 bulan) tidak direkomendasikan oleh dokter. Pasalnya, usia di bawah 6 bulan masih dianjurkan untuk mengonsumsi ASI eksklusif.

Baca juga:  Studi Terbaru: Otak Wanita Lebih Lamban Menua Daripada Pria

“Bayi di bawah 6 bulan hanya boleh diberikan ASI dan/atau susu formula saja (ASI saja lebih direkomendasikan). Pemberian makanan (termasuk bubur susu, bubur instan, ataupun biskuit yang dicairkan) hanya boleh diberikan pada bayi di atas usia 6 bulan. Pemberian makanan pendamping pada anak 4 bulan ke atas boleh dilakukan bila terdapat indikasi tertentu yang memang ditentukan oleh dokter anaknya,” kata dr Irna dari Alodokter.

[1] Bunda Zami. 2018. MPASI with Love. Inas NR, editor. Jakarta: Wahyumedia, hlm 1.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: