Model Rambut Ikal Untuk Pria dan Wanita

Model, rambut, ikal, keriting, potongan, lurus, pria, wanita, sebahu, pendek, panjang, undercut, mengembang, volume, Ilustrasi: rambut bergelombang (instagram: @probeautytools)

Setiap orang dilahirkan dengan jenis rambut yang berbeda-beda, mulai dari jenis rambut lurus, maupun rambut ikal. Rambut ikal dikenal dengan rambut yang mengikal dengan bentuk yang agak bergelombang sesuai dengan bentuk gelombang pada rambut.

Rambut ikal atau keriting terkadang memang membutuhkan perawatan khusus. Oleh karena sifatnya yang cenderung lebih kering dan lebih rentan kusut dibandingkan rambut lurus. Anda harus sangat berhati-hati mencuci, memberikan kondisioner, dan menata rambut ikal. Anda juga sebaiknya membatasi frekuensi keramas dan menggunakan produk perawatan rambut untuk menjaga kelembapannya.

Selama ini banyak orang beranggapan jika orang dengan rambut keriting akan susah mengikuti tren model rambut terkini? Terlebih pria dengan rambut keriting biasanya harus pasrah karena rambut keriting memang agak susah ditata dengan gaya potongan rambut yang unik kekinian. Namun, anggapan tersebut tidak selamanya benar, pasalnya meski susah ditata, ternyata ada beberapa model yang cocok untuk pria atau wanita pemilik rambut ikal.

Caesar’s Haircut

Model potongan yang cocok untuk pria dengan rambut keriting atau ikal adalah Caesar’s Haircut. Model. Dinamakan Caesar karena model rambut yang satu ini terinspirasi dari potongan rambut kaisar Roma, Julius Caesar yang memiliki model rambut bergelombang. Apabila Anda berniat untuk memotong rambut dengan model Caesar ini, maka pastikan rambut pada bagian samping dipotong tipis hingga kira-kira tersisa 1 cm. Sementara untuk bagian atas cukup dirapikan agar terlihat lebih sleek. Usahakan menata rambut dengan gaya klimis atau tidur ke salah satu sisi sehingga keriting pada rambut tidak terlalu nampak.

Curly Pompadour

Baca juga:  Varian Wardah Lipcream No 10, Dinilai Cocok Untuk Kulit Putih

Model yang satu ini hampir sama dengan model potongan rambut Caesar’s Haircut, karena Curly Pompadour juga menekankan pada tipisnya bagian samping rambut. Akan tetapi pada model ini bagian samping tidak terlalu tipis dan terkesan memiliki layer. Sedangkan pada bagian atas dibiarkan tetap panjang dan tebal. Untuk hasil tatanan yang lebih menarik, Anda bisa mengoleskan gel atau krim rambut seperti pomade untuk menonjolkan lekukan rambut keriting.

Model, rambut, ikal, keriting, potongan, lurus, pria, wanita, sebahu, pendek, panjang, undercut, mengembang, volume,

Ilustrasi: rambut curly pompadour (instagram: @renn.clairehair)

Curly Undercut

Biasanya, model potongan undercut diterapkan pada pria dengan jenis rambut lurus, namun nyatanya dengan teknik khusus, Anda bisa mengaplikasikan model potongan undercut pada rambut yang ikal. Caranya adalah dengan mencukur tipis pada bagian samping dan sedikit memanjang untuk bagian belakang. Sisakan rambut bagian atas agak tebal kemudian bentuklah bagian samping rambut dengan garis sebagai aksen.

Curly Man Bun

Pria dengan rambut ikal dianggap paling pas jika memanjangkan rambut. Meski dikatakan mirip wanita, namun nyatanya pria berambut ikal yang dipanjangkan juga akan membuat penampilan semakin seksi. Anda bisa memotong rambut di bagian bawah kepala hingga tipis akan tetapi membiarkan bagian atas rambut tetap panjang. Sesekali Anda juga bisa mengikat bagian atas hingga menyerupai bun atau bisa membiarkannya terurai.

Fade Haircut

Model potongan fade haircut ini bisa dikatakan paling sederhana dan mudah diaplikasikan untuk pria dengan rambut keriting. Tak perlu susah menata, Anda tetap bisa tampil menarik dan rapi dengan model rambut ini. Pastikan semua bagian terpotong dengan rapi dan tipis jika hendak mengaplikasikan rambut fade haircut agar penampilan lebih fresh dan menarik.

Gantung Messy
Messy dalam pengertiannya adalah memiliki model rambut yang berantakan namun tetap dengan tampilan yang stylish. Biasanya model messy ini lebih cocok digunakan oleh beberapa wanita yang mempunyai rambut yang keriting atau ikal. Model messy ini sering dipakai oleh para model-model saat pada acara pemotretan, mulai dari warna-warna rambut yang terang maupun rambut berwarna gelap yang seperti hitam ataupun coklat tua. Pada model rambut ini, posisi poni dibiarkan panjang dan bisa diletakkan pada bagian samping sisi rambut.

Rambut Ikal Sebahu

Baca juga:  Hadirkan Shade Warna Natural, NYX SMLC Rome Tuai Review Positif dari Beauty Blogger Indonesia

Dengan model ini, wanita akan terlihat lebih seksi dan menggemaskan. Anda dapat memilih potongan belah ke samping dengan potongan rambut sebahu. Anda dapat mencoba potongan rambut sebahu dengan mengaplikasikan rambut menjadi belah tengah, untuk penampilan yang terlihat dewasa. Rambut ikal sebahu juga dapat dikombinasikan dengan pemberian poni di depannya.

Rambut Pixie Layer

Model, rambut, ikal, keriting, potongan, lurus, pria, wanita, sebahu, pendek, panjang, undercut, mengembang, volume,

Ilustrasi: Rambut Pixie Layer (instagram: silva.hairdresser)


Model potongan ini bisa diaplikasikan untuk Anda yang memiliki rambut ikal pendek yang bisa Anda beri sentuhan layer dengan cara mengaplikasikan model rambut dengan bagian belakang lebih panjang. Model pixie layer bisa memberi kesan dinamis dan elegan yang sangat cocok menemani hari-hari Anda ketika bekerja atau menghadiri beberapa acara penting lainnya.

Rambut Bob
Tak hanya untuk jenis rambut lurus, model rambut bob juga ternyata bisa diaplikasikan pada rambut ikal. Dengan cara mengaplikasikan rambut bagian depan di buat lebih pendek, sedangkan bagian samping kanan kirinya di buat lebih panjang. Dengan mengaplikasikan model rambut ini juga rambut Anda akan terlihat lebih bervolume. Jadi, cocok sekali untuk Anda yang memiliki rambut yang lepek dan tipis.

Rambut Bob Layer Belah Pinggir
Masih mengenai model rambut bob, namun model yang satu ini dikombinasikan dengan layer dan di belah pinggir. Cocok sekali diaplikasikan untuk Anda yang memiliki rambut bergelombang atau ikal. Dengan begitu Anda akan terlihat lebih anggun walaupun menerapkan potongan rambut pendek.

Jika rambut Anda ikal, Anda tidak perlu menunggu rentang waktu tertentu sebelum memotong rambut. Cukup amati rambut Anda. Jika bagian mahkotanya tampak mengempis, maka sebaiknya Anda memotong rambut. Jangan tata rambut Anda sebelum ke salon. Penata rambut harus bisa memotong rambut sesuai kondisi alaminya.

Anda juga perlu mengetahui tampilan rambut setelah dipotong. Potongan rambut keriting dalam kondisi basah dan kering sangatlah berbeda. Jadi, mintalah agar penata rambut memotongnya dalam kondisi kering. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui gaya rambut Anda dengan pasti sebelum keluar dari salon.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: