Bikin Tampilan Makin Modern, Ini Deretan Model Ikat Pinggang Cantik untuk Kebaya

Wanita pakai kebayaWanita pakai kebaya

Siapapun tentu setuju bahwa seorang wanita yang tampil menggunakan kebaya akan terlihat semakin cantik, anggun, dan lain dari biasanya. Kebaya saat ini banyak dipakai di berbagai acara penting seperti pesta pernikahan, wisuda, atau berbagai acara lainnya. Model kebaya pun dari tahun ke tahun semakin berkembang, sehingga Anda bisa memodifikasi tampilan yang tadinya terkesan tradisional jadi terkesan lebih cantik dan juga modern.

Nah, salah satu aksesoris yang kini banyak dipakai di kebaya modern adalah ikat pinggang atau sabuk. Elemen satu ini diyakini bisa membuat pemakai kebaya terkesan lebih ramping. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak ulasan lengkap tentang kebaya dan berbagai macam model ikat pinggang untuk kebaya di bawah ini.

Tentang Kebaya

Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia. Terbuat dari bahan tipis, tenun maupun katun, yang dikenakan dengan kain sarung, batik, atau kain tradisional lainnya, seperti songket dengan motif warna-warni (Soewardi, 2008).

Sementara itu, menurut Poespo (2000), kebaya merupakan busana resmi wanita Indonesia. Pada mulanya kebaya adalah busana wanita Jawa, yang dapat dikenakan pada berbagai macam acara, baik resmi maupun tak resmi, baik acara sederhana maupun yang gemerlapan. Selain berkesan anggun, kebaya akan menambah cantik pemakainya, lebih-lebih jika dikenakan oleh wanita Indonesia.

Masih berdasarkan sumber yang sama, sebenarnya bentuk kebaya sudah baku, tidak dapat diubah lagi. Namun karena tuntutan dan perkembangan zaman yang mendorong perkembangan mode, pemakai kebaya pun selalu menginginkan variasi model tampilan kebaya yang dikenakannya. Walaupun begitu, pada akhirnya harus diakui, bahwa kebaya model klasik lah yang tetap abadi, tidak mengalami perubahan apapun.

Mulanya kebaya hanya berupa blus terusan saja yang sengaja dijahit dengan mengikuti lekuk tubuh pemakainya. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan mode, muncul tren kebaya modern yang disematkan obi atau ikat pinggang. Kebaya model ini sebenarnya erat dengan ciri khas kebaya Bali.

Tetapi pada perjalanannya, ikat pinggang kerap diaplikasikan untuk kebaya model apapun supaya pemakainya terlihat lebih ramping atau langsing. Jika Anda tertarik untuk menjajal kebaya bergaya modern atau kekinian dengan ikat pinggang, Anda bisa menyimak ulasan model-model ikat pinggang kebaya berikut ini.

Model Ikat Pinggang Kebaya

Ikat pinggang kebaya

Ikat pinggang kebaya

Ikat Pinggang Kebaya Berbahan Logam

Obi atau ikat pinggang kebaya dari bahan logam kerap disebut dengan istilah pending. Jika bosan dengan ikat pinggang dari bahan kain, ikat pinggang kebaya berbahan logam bisa menjadi pilihan. Obi logam dapat mempertegas kesan etnik dan juga elegan. Anda bisa menyesuaikan warna pending dengan busana kebaya Anda, baik warna silver atau mungkin warna gold dan juga rose gold.

Ikat Pinggang Kebaya dengan Warna Kontras

Nah, agar tampilan kebaya Anda lebih menawan, Anda bisa menjajal menggunakan balutan ikat pinggang kebaya dari kain yang warnanya kontras. Selama warna kontras itu tak terlalu mencolok mata, Anda justru bisa tampil lebih segar. Misalnya saja jika kebaya Anda kuning, maka Anda bisa mencoba menggunakan ikat pinggang dari kain berwarna hitam agar tampilan lebih bold dan anggun.

Ikat Pinggang Kebaya yang Menjuntai

Siapa bilang obi tidak bisa dibuat lebih variatif? Agar bisa menambah aksen yang lebih chic dan fashionable, Anda dapat menggunakan obi dari kain yang menjuntai. Gaya ikat pinggang kebaya semacam ini bisa Anda jajal untuk menghadiri kondangan atau bahkan ketika diminta menjadi bridesmaid.

Ikat Pinggang Kebaya Beraksen Bunga atau Pita

Model ikat pinggang kebaya yang mungkin tak akan lekang oleh waktu tentu saja yang beraksen bunga atau pita. Jika model kebaya Anda polos dan kurang semarak, Anda bisa menyisipkan obi yang motifnya mencolok dan berukuran besar di pinggang. Dengan begitu tampilan Anda akan terlihat lebih ‘wah’ tanpa terkesan berlebihan.

Perlu Anda ingat bahwa membuat ikat pinggang kebaya tak harus selalu menggunakan kain baru. Anda juga dapat memanfaatkan sisa kain brokat maupun bagian dalaman (furing) atau kain satin untuk dibentuk jadi ikat pinggang yang berfungsi sebagai pemanis kebaya Anda.

Referensi:

Baca juga:  Tren Makeup Ala Korea Selatan yang Hits di Tahun 2019

Poespo, Sanny. 2000. Puspa Ragam Kebaya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Soewardi, Cici. 2008. Kebaya Modern XL + Pola. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: