Model Hijab Pengantin Untuk Wajah Bulat

model, hijab, pengantin, untuk, wajah, bulat, model, inner, ciput, pipi, tembem, akad, nikah, tirus, motif, polos, pesta, aksesoris, area, dahi, dagu, peniti, modifikasi, warna, tulang, pipi, oval, kulit, kebaya Mempelai pria dan wanita yang berhijab (sumber: wehearit.com)

Dalam pemilihan bentuk , biasanya ditentukan berdasarkan bentuk . Dari hijab untuk oval hingga bulat. Bentuk bulat biasanya lebih sering dibahas untuk hijab, dikarenakan wajah bulat biasanya identik dengan pipi tembem. Sehingga, hijab yang akan dikenakan sebaiknya bisa menyamarkan pipi yang tembem.

Bentuk wajah bulat biasanya memiliki ciri-ciri seperti dahi lebar, pipi terkesan penuh dan bulat, garis rahang dan dagu membentuk setengah lingkaran. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa ciri wajah bulat yaitu memiliki area paling lebar yang terdapat di sepanjang dua tulang pipi, dengan dahi dan garis rahang yang juga bulat. Ciri lain adalah panjangnya (diukur dari garis rambut ke dagu) sama dengan lebarnya (dari tulang pipi kiri ke tulang pipi kanan).

Permasalahan yang muncul oleh bentuk wajah bulat, terutama bagi muslim adalah hijab yang membuat mereka semakin terlihat bulat. Jika Anda adalah pemilik bentuk wajah bulat, maka sebaiknya hindari penggunaan ciput atau inner yang menjorok ke area dahi. Hal ini justru memberikan kesan bentuk wajah lebih pendek. Hindari juga hijab super ketat karena membuat pipi semakin terkesan tembem.

Bagi pemilik wajah bulat, Anda juga dapat mencontoh signature style hijab Dian Pelangi dengan menggunakan hijab pada satu sisi menutupi sebagian pipi dan sisi lain cukup disematkan pada area leher.  Jangan lupa memakai inner menutupi seluruh area rambut dan leher. Selain itu, pilih juga hijab yang ringan untuk memberikan kesan wajah lebih ramping.

Untuk pengantin berwajah bulat sebaiknya menggunakan konsep model bergo dengan bagian atas hijab berbentuk menyerupai paruh untuk menghilangkan kesan bulat pada wajah. Jika pada wajah lonjong diperlukan aksesoris untuk memenuhi wajah, lain lagi dengan bentuk wajah bulat yang sebaiknya menggunakan ornamen yang berukuran kecil. ini dapat memberikan kesan agar wajah terlihat lebih panjang. Gunakan hijab hingga menutupi sebagian dari pipi dan gunakan hijab dengan bahan lembut yang jatuh agar membuat efek ramping (pipi tidak terlihat tembem). Model jilbab seperti itu selain dapat digunakan pada acara resepsi, juga bisa dipakai saat akad nikah.

model, hijab, pengantin, untuk, wajah, bulat, model, inner, ciput, pipi, tembem, akad, nikah, tirus, motif, polos, pesta, aksesoris, area, dahi, dagu, peniti, modifikasi, warna, tulang, pipi, oval, kulit, kebaya

Model hijab bergo (sumber: Bukalapak)

Hijab/kerudung/jilbab ketika dipakai di acara pernikahan, biasanya lebih banyak bermain di dan aksesoris dibanding jilbab keseharian. Tetapi, apa yang dipadupadankan, tentu disesuaikan dengan kondisi, misal , warna kebaya, keinginan pengantin, atau sesuai dengan tema pernikahan. Begitupula dengan aksesoris.

Secara umum, tidak hanya hijab pada saat pernikahan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan bagi Anda pemilik wajah bulat dalam berhijab. Tips-tipsnya antara lain:

  • Gunakan inner. Cara paling mudah dalam memilih inner dengan tujuan menyamarkan adalah membuat bayangan. Dalam berkerudung, bayangan bisa diciptakan dengan menggunakan dalaman sebelum hijab luar. Pilih dalaman kerudung dengan warna netral untuk memberi kesan tipis atau tirus.
  • Modifikasi hijab bisa dengan padu padan dua lapisan kain sebagai dalaman dan kerudung luar dengan dua warna kontras juga membantu menyamarkan kesan tembem.
  • Mencari ciput penutup. Pemilihan penutup keseluruhan rambut (ciput) bisa untuk menghindari wajah tampak semakin lebar. Sebelum memilih model ciput, sebaiknya perhatikan yang pas dengan wajah. Bagi pemilik wajah bulat, pilihlah model ciput yang ada lidah di bagian atas (model seperti topi) untuk menambah garis pada wajah, atau bisa juga mencoba ciput Arab yang memiliki model berbeda di bagian depan dan belakang sehingga ciput jenis ini bisa dikenakan menyilang dan asimetris di bagian dahi. Sebaiknya pilih ciput berwarna gelap untuk memperkuat garis wajah serta memberi efek tirus Hindari ciput model ninja yang memang praktis dalam pemakaian karena kadang sudah ada ritsleting di belakang dan juga nyaman saat dipakai.
  • Hindari model yang longgar di bagian leher dan penutup panjang hingga melebihi pundak, wajah akan terlihat semakin bulat.
  • Mencari bahan tipis. Dari segi bahan, untuk ciput atau lapisan pertama kerudung, pilih bahan yang ringan seperti bahan katun, kaos atau sutra tipis agar cepat menyerap keringat dan juga nyaman dipakai. Hindari bahan dari spandeks karena itu akan membuat wajah tampak lebar. Tetapi, pilihlah kain ukuran lebar sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan.
model, hijab, pengantin, untuk, wajah, bulat, model, inner, ciput, pipi, tembem, akad, nikah, tirus, motif, polos, pesta, aksesoris, area, dahi, dagu, peniti, modifikasi, warna, tulang, pipi, oval, kulit, kebaya

Hijab bergo dengan model leher tidak longgar (instagram: @kebayainspiration)

  • Apabila Anda memilih jilbab berlayer, untuk lapisan kedua, sebaiknya memilih bahan kerudung yang sedikit agak bervolume agar mudah ditata.
  • Bagi yang ingin menggunakan hijab pashmina, perhatikan juga jenis aktivitas karena bahan pashmina biasanya agak tebal dan cenderung membuat panas.
  • Tulang pipi sebagai patokan. Jika ingin membuat efek wajah terlihat lonjong, atur kerudung yang dikenakan hingga melewati tulang pipi.
  • Hindari model hijab yang melingkari bentuk kepala karena itu akan semakin membuat wajah terlihat lebih bulat dan pipi tembem terlihat menonjol.
  • Memilih . Jika bosan dengan hijab polos dan ingin menggunakan hijab bermotif, pilihlah yang simetris atau pola besar tetapi ada ruang kosong sehingga tidak terlalu ramai. Sementara itu, pola simetris dapat menciptakan kesan berbayang di bagian leher dan kedua sisi wajah. Sedangkan pola besar bisa diatur sehingga posisi besar berada di bagian belakang dan kain polos diletakkan di bagian atas kepala sebagai penutup dahi.
  • Hindari jepit di bawah dagu. Saat menggunakan hijab yang ditata sesuai keinginan sendiri, cobalah untuk tidak menjepit ujung kiri dan kanan hijab yang menutupi wajah di bawah dagu. Karena bagi mereka yang memiliki leher berlapis, fokus akan semakin tertuju pada bagian leher.
  • Atur agar peniti untuk kerudung agar tidak berada di posisi ujung rahang. Setelah itu, tambahkan kain kerudung kedua untuk memanipulasi sebagai lapisan luar hijab sehingga posisi jalinan dua ujung dan peniti tidak terlihat.
  • Perhatikan posisi hijab. Tips hijab lainnya untuk bisa ‘mengakali’ bentuk wajah adalah dengan memajukan kerudung di bagian pipi sehingga sepertiganya tertutup kerudung. Lebar wajah pun diminimalisir sehingga pipi terkesan lebih tirus.

Jika Anda ingin memakai hijab untuk pesta, bisa dengan menambahkan detail. Untuk ke pesta, selain memerhatikan beberapa tips di atas, ada beberapa tambahan tips agar hijab yang bisa diaplikasikan untuk tidak hanya menghindari wajah terlihat bulat, tetapi penampilan lebih menarik.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: