Waspada, MLM Berpotensi Menghancurkan Persahabatan Anda

Bisnis Multi Level Marketing - www.yourvalued.co.ukBisnis Multi Level Marketing - www.yourvalued.co.uk

Demi mendapatkan keuntungan mudah, saat ini banyak orang mencoba bisnis MLM atau biasa disebut dengan Multi Level Marketing. Tidak hanya populer di kalangan orang dewasa, bahkan MLM saat ini dilakukan oleh para remaja. Namun, Anda harus hati-hati dengan sistem ini karena mungkin dapat menghancurkan relasi Anda dengan sahabat.

Alasan Merekrut Sahabat dalam Bisnis MLM

MLM sudah menjadi salah satu karakteristik trend marketing dalam era globalisasi. Strategi tersebut telah terbukti ampuh untuk memajukan sebuah bisnis, yang dapat dilihat dari banyaknya perusahaan ternama yang memakai konsep MLM untuk memasarkan produknya. Konsep MLM sebenarnya sudah ada sejak 1939 lalu, dan merupakan bentuk dari kreasi serta inovasi marketing.

Hingga kini, MLM sering dijadikan sebagai solusi untuk melibatkan masyarakat sebagai konsumen dalam kegiatan usaha pemasaran. Tujuan konsep MLM dipakai oleh sebuah perusahaan, yaitu agar konsumen bisa menikmati manfaat produk sekaligus memperoleh keuntungan secara finansial dalam bentuk insentif, hadiah, dan kepemilikan saham perusahaan.[1]

Sementara MLM menguntungkan, Anda juga perlu tahu bahwa untuk mendapatkan keuntungan atas kegiatan tersebut, diperlukan kerja keras dan ambisi yang tinggi. Dilansir dari REFINERY29, para pegiat MLM harus memiliki banyak anggota untuk direkrut, sehingga mereka dapat memenuhi target penjualan dan mendapatkan banyak untung.

Baca juga:  Update Bahan Pengganti Bread Improver

Dalam bisnis MLM, prinsipnya seperti segitiga berkaki, dan Anda bisa menjadi upline jika Anda memiliki anak buah. Dari anak buah, Anda akan mendapatkan keuntungan beberapa persen dari hasil penjualan yang dilakukan oleh anak buah Anda. Inilah mengapa, semakin banyak Anda merekrut orang dan menjadikannya anak buah, Anda bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

Merekrut Sahabat dalam Bisnis MLM - www.niagaracollege.ca

Merekrut Sahabat dalam Bisnis MLM – www.niagaracollege.ca

Skema piramida pada MLM seringkali membuat para pebisnis menjadi tamak dan berambisi tinggi. Tak jarang orang bekerja keras untuk merekrut orang terdekatnya, termasuk sahabatnya sendiri. Apalagi, merekrut orang terdekat akan lebih mudah dibanding merekrut orang lain yang tidak dikenal.

Selain terbilang lebih mudah merekrut sahabat sendiri dalam piramida MLM, ada banyak hal yang membuat sahabat Anda langsung setuju dengan bisnis yang Anda tawarkan. Kebanyakan orang MLM yang dituntut mampu berkomunikasi dengan baik dan membuat penawaran yang dramatis akan membuat sahabat Anda lunak hatinya.

Beberapa orang juga memberikan embel-embel menarik untuk membuat sahabatnya terpikat. Buku atau booklet yang berisi sejumlah produk dengan harga jual dan keuntungan yang lebih, bisa menggoda mereka untuk bergabung. Selain itu, ada juga yang memamerkan harta benda sebagai bentuk hasil dari bisnis MLM kepada sahabatnya, agar sahabatnya mau menjadi member MLM yang dijalankan.

Baca juga:  Selain Mempunyai Buah Besar yang Segar, Lengkeng Hawai Mengandung Zat Anti Depresan

Alasan Persahabatan Hancur Karena MLM

Meletakkan persoalan bisnis dalam ikatan persahabatan tentu tidak baik, karena seringkali hal tersebut berakhir buruk. Bahkan, tak sedikit yang mengaku sulit berbaikan lagi dengan sahabatnya karena masalah bisnis, apalagi MLM. Masalah seperti ini tentu saja tidak bisa dianggap sebelah mata.

Ketika Anda mendaftarkan sahabat Anda sebagai member bisnis MLM Anda, mungkin Anda akan cepat mendapatkan untung. Namun, sahabat Anda akan berpikir lain mengenai keuntungan yang Anda dapatkan. Banyak sahabat yang merasa minder dan iri atas keberhasilan yang Anda dapatkan, dan kadang juga tidak rela dengan keuntungan yang mereka berikan pada Anda.

Bisa jadi, sahabat Anda akan berpikir bahwa merekalah yang berusaha keras atas keuntungan yang Anda dapatkan. Ini sering terjadi pada banyak orang. Selain itu, ada juga sahabat yang akan kecewa pada Anda ketika Anda mulai merekrut anggota baru. Bisa dibilang, rasa cemburu dapat membuat mereka berpikir yang tidak-tidak.

Persahabatan Hancur Karena MLM - www.lambertpugh.co.uk

Persahabatan Hancur Karena MLM – www.lambertpugh.co.uk

Rasa cemburu dan ketidakrelaan mereka bisa memicu berbagai macam permasalahan dalam dunia bisnis. Apalagi, bagi Anda yang terlalu memaksakan target untuk mendapatkan keuntungan pada sahabat Anda. Jika target yang Anda berikan pada sahabat tidak bisa mereka penuhi, maka Anda akan merasa bahwa persahabatan yang Anda jalani bersama orang tersebut tidak lagi menguntungkan.

Baca juga:  Bisnis Es Krim Goreng, Bisnis Sederhana Dengan Laba Fantastis

Orang yang merasa dirugikan, biasanya memilih untuk memotong tali persahabatan tersebut. Dari sinilah semua malapetaka akan muncul satu per satu. Setelah memotong tali persahabatannya, biasanya mereka akan mencari orang lain untuk menggantikan tempat yang kosong, dan ini juga membuat sahabat Anda yang lama menjadi makin jauh dengan Anda. Sehingga, Anda tidak akan pernah bisa memperbaiki hubungan Anda dengan sahabat lama Anda.

[1] Marimin, Agus, dkk. 2016. Bisnis Multi Level Marketing (MLM) dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 2(2): 105-117.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: