Skincare Hilangkan Pori-Pori Wajah, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi: pori-pori wajah (facebook: junnilabuan)Ilustrasi: pori-pori wajah (facebook: junnilabuan)

Pori-pori yang melebar dan membesar adalah salah satu ciri jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat.[1] Meskipun kondisi ini umum, beberapa orang merasa risih dan kurang percaya diri dengan penampilannya. Sebagai solusi, mereka biasanya menggunakan skincare yang diklaim mampu menghilangkan atau mengecilkan pori-pori. Namun, tahukah Anda bahwa pori-pori di wajah bisa hilang hanyalah mitos?

Memiliki Pori-Pori di Wajah Adalah Hal yang Normal

Dilansir dari HuffPost, pori-pori di bagian wajah yang sering terlihat menonjol terletak di area hidung dan ini tampak seperti biji stroberi. Bagi wanita yang ingin tampil sempurna dengan wajah flawles, tentunya kulit berpori adalah hal yang menjengkelkan, sehingga tak heran jika mereka akhirnya memakai aneka kosmetik penghilang pori.

Masih dilansir dari sumber yang sama, seorang dokter kulit bernama Tina Alster menjelaskan bahwa tidak ada sediaan topikal atau skincare yang mampu mengecilkan, bahkan menghilangkan pori-pori. Bisa dibilang, mustahil rasanya memiliki wajah tak berpori. Karena, pori-pori adalah struktur normal dan menjadi salah satu ciri kulit Anda sehat dan berfungsi dengan baik. Pori-pori tidak hanya menjadi sebuah tempat folikel atau tumbuhnya rambut, tetapi juga tempat kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak atau sebum bernaung.

Baca juga:  Merk Lip Balm yang Diklaim Bagus Untuk Bibir Hitam

Kulit secara normal sangat membutuhkan pori-pori sebagai media atau akses untuk keluar-masuknya minyak dan sebum. Minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous memiliki fungsi sebagai bahan untuk melindungi dan mencegah kekeringan kulit. Jika kulit tidak memiliki pori-pori, dipastikan sebum dan minyak tidak bisa keluar dari dalam kulit dan membuat kulit Anda menjadi kering. Bisa juga minyak atau sebum yang mengendap di dasar kulit menjadi penyebab jerawat di dalam kulit.

Ilustrasi: kulit wajah (pexels: Andrea Piacquadio)

Ilustrasi: kulit wajah (pexels: Andrea Piacquadio)

Meskipun pori-pori terlihat besar dan menakutkan di cermin, ini tidak menyebabkan risiko kesehatan, tetapi lebih mengubah bentuk estetika kulit wajah. Hal ini karena ukuran pori-pori yang membesar mampu membuat tekstur kulit tidak teratur, terlihat lebih tua, dan seolah rusak. Hal inilah yang membuat orang suka menutup pori-pori menggunakan kosmetik. Padahal, menutup pori-pori dengan make up bisa menjadi salah satu kerusakan kulit yang sebenarnya.

Ukuran pori-pori yang lebar juga memiliki cekungan yang lebih dalam di kulit. Ini membuat riasan Anda mengendap di dasar pori-pori, sehingga menyebabkan penyumbatan dan membuat make up terkesan cakey saat dioleskan, terutama untuk kosmetik jenis foundation dan bedak.

Baca juga:  Bahan Kosmetik Yang Sebaiknya Dihindari Untuk Kulit Sensitif Dan Berjerawat

Seorang dermatologis bernama Scott Paviol mengatakan, ada keuntungan di masa mendatang yang perlu Anda ketahui jika Anda memiliki pori-pori besar, yaitu terhindar dari kekeringan kulit. Memiliki pori-pori besar mampu membantu menghasilkan minyak untuk mencukupi kebutuhan hidrasi seiring bertambahnya usia.

Mungkin, pori-pori di wajah Anda memang tidak bisa dihilangkan atau diubah ukurannya, tetapi bisa dihaluskan. Pori-pori yang terlalu terlihat bisa diatasi dengan berbagai macam produk kosmetik. Menyamarkan pori-pori seperti ini tentunya tidak akan mengubah penampilan Anda keseluruhan, tetapi bisa membuat penampilan menjadi lebih ideal.

Cara Menghaluskan Pori-Pori

Ilustrasi: memakai skincare (pexels: Sora Shimazaki)

Ilustrasi: memakai skincare (pexels: Sora Shimazaki)

  • Sudah banyak sediaan kosmetik yang bisa Anda beli untuk menghaluskan pori-pori, seperti tabir surya dan alas bedak. Dua benda ini akan menyamarkan bentuk pori-pori sekaligus sebum yang menonjol ke luar. Sebaiknya, Anda memakai produk yang mengandung simetikon supaya lebih efektif.
  • Gunakan skincare yang mengandung asam glikolat dan salisilat atau retinol sebagai bahan aktif untuk mengatasi serta membuka pori-pori yang tersumbat. Diketahui, jika pori-pori bagian wajah tersumbat, maka akan terlihat lebih lebar dan besar. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan bantuan produk yang menghilangkan endapan atau kotoran di dalam pori.
  • Jika Anda merasa bahan kosmetik kurang ampuh untuk menghaluskan dan menyamarkan pori-pori, saatnya Anda pindah ke prosedur kecantikan seperti laser fraxel. Metode ini diketahui ampuh untuk mengatasi kerusakan kulit akibat bertambahnya usia, seperti garis halus, kerutan, flek, dan pori-pori yang membesar.
  • Untuk Anda yang ingin cara instan, Anda juga bisa menggunakan toksin botulinum atau lebih dikenal dengan suntik botox. Ini adalah treatment yang bisa Anda lakukan di klinik kecantikan dan didampingi oleh ahli dermatologi atau dokter kulit.
Baca juga:  Rekomendasi Skincare untuk Hilangkan Lingkar Hitam di Mata

Supaya pori-pori Anda tidak terlihat membesar, Anda juga bisa menggunakan produk eksfoliator seperti scrub. Dipercaya, selain bisa menyamarkan pori-pori, sediaan perawatan kulit ini mampu mengatasi pori-pori yang tersumbat sekaligus mengangkat sel kulit mati.

[1] Hari, Sari Neng. 2015. Pengaruh Penggunaan Lulur Zaitun terhadap Perawatan Kulit Tubuh (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: