HARGANYA LUMAYAN, MINYAK WIJEN COCOK UNTUK MAKANAN APA SAJA?

Minyak Wijen yang dijual di Pasaran - freepik: @dashu83Minyak Wijen yang dijual di Pasaran - freepik: @dashu83

Ada banyak jenis minyak yang dapat digunakan untuk memasak, seperti minyak sawit yang biasa kita pakai untuk menggoreng, minyak kelapa, minyak zaitun (olive oil), minyak canola, minyak jagung, minyak ikan, hingga minyak wijen. Nah, sebagian dari Anda mungkin masih belum begitu familiar dengan minyak wijen meski sudah sering digunakan pada beberapa jenis masakan. Hadir dalam berbagai merk, berapa harga minyak wijen saat ini?

Minyak wijen merupakan salah satu jenis minyak nabati yang diproduksi dari biji wijen putih atau hitam. Minyak ini berwarna agak kecokelatan, sedikit kental dengan aroma wangi yang tajam. Karena aromanya kuat, cukup gunakan 1-2 sendok teh. Jika terlalu banyak, akan menimbulkan rasa pahit dan gurih berlebihan. Agar aromanya tetap kuat, tambahkan minyak wijen saat terakhir makanan akan diangkat dari api. Simpan selalu minyak wijen dalam botol di tempat yang sejuk dan kering.[1]

Minyak wijen seperti juga minyak nabati lainnya merupakan salah satu minyak yang digunakan baik sebagai bahan pangan (edible purpose), untuk keperluan kuliner yang berupa minyak salad, campuran mentega dan margarine, produk roti kering jenis pastry maupun crackers, serta sebagai bahan non pangan (non edible purpose), untuk bahan kosmetik, bahan pengental, campuran minyak herbal, cat, pestisida, dan sebagainya.

Baca juga:  Cara Membuat Butter Cream Anti Gagal dan Tidak Menggumpal di Lidah

Proses pengepresan wijen tanpa pemanasan akan menghasilkan kualitas minyak yang bagus, sedangkan pada proses penekanan menggunakan panas diperlukan untuk produk sabun. Minyak wijen yang diproses dapat berasal dari biji wijen hitam ataupun putih.[2]

Dilansir dari Wikipedia, minyak wijen terdiri dari dua jenis, yaitu minyak dari biji wijen yang telah disangrai dan minyak dari biji wijen mentah. Di India Selatan dan Myanmar, minyak wijen dari biji wijen mentah dipakai sebagai minyak goreng. Minyak wijen digunakan sebagai penyedap dalam masakan Korea, China, dan Taiwan. Sebagian besar masakan Korea pun memakai minyak wijen.

Di China, Korea, dan Jepang, biji wijen disangrai terlebih dahulu sebelum diperas menjadi minyak. Hasilnya adalah minyak berwarna cokelat keemasan dan berbau harum, sedangkan minyak wijen dari India berwarna kuning keemasan. Minyak wijen yang berwarna bening didapat dari hasil ekstraksi biji wijen mentah dan aromanya kurang harum. Suhu sewaktu mematangkan biji wijen pun memengaruhi minyak yang dihasilkan. Minyak wijen untuk masakan China berwarna lebih gelap karena biji wijen disangrai dengan suhu di atas 200°C.

Manfaat Minyak Wijen - pictureofhealthmds.com

Manfaat Minyak Wijen – pictureofhealthmds.com

Masakan yang Cocok Menggunakan Minyak Wijen

Minyak ini lazim digunakan sebagai pemantap aroma masakan, bukan untuk menggoreng. Agar aroma gurihnya menonjol, sebaiknya masukkan minyak wijen sesaat sebelum masakan diangkat.[3] Nah, salah satu resep masakan paling mudah yang bisa Anda olah menjadi semakin mantap dengan menambahkan minyak wijen adalah nasi goreng. Jika biasanya Anda memakai minyak goreng biasa untuk menumis bumbu nasi goreng, maka cobalah menumis bumbu nasi goreng dengan minyak wijen secukupnya. Dengan demikian, rasa nasi goreng Anda akan lebih sedap dari biasanya.

Baca juga:  Manfaat Mendaki untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Selain nasi goreng, minyak wijen bisa digunakan untuk masak apa lagi? Alternatif berikutnya adalah aneka tumisan. Anda bisa menambahkan minyak wijen untuk membuat tumisan seperti tumis brokoli, tumis sayuran, atau bahkan menambahkannya dalam sup dan bubur ayam.

Pilihan selanjutnya adalah menambahkan minyak wijen untuk membuat mie ayam terasa lebih lezat. Racikan bumbu ayam pada mi ayam akan terasa lebih nikmat bila Anda menambahkan minyak wijen ke dalamnya. Di samping itu, penambahan minyak wijen dapat membuat mi tidak mudah lengket ketika dicampur dengan bumbu-bumbu. Namun, pilihlah minyak wijen yang asli, warnanya agak kecokelatan dengan aroma wijen yang kuat. Biasanya harga minyak wijen asli memang sedikit mahal.

Minyak Wijen untuk Memasak - freepik: @jcomp

Minyak Wijen untuk Memasak – freepik: @jcomp

Harga Minyak Wijen

Varian Minyak WijenHarga
Seng Huat Minyak Wijen 110 mlRp23.900
Minyak Wijen Garlic Al Khodry 120 mlRp28.000
Sesame Oil Golden Cock Brand 140 mlRp31.000
Minyak Wijen Yuen Yick 110 mlRp36.500
Minyak Wijen Lee Kum Kee 115 mlRp40.600
Minyak Wijen Oh Guan Hing 600 mlRp43.900
Minyak Wijen Yo Guan Heng 600 mlRp45.300
Premium Sesame Oil CJ Beksul Camgirem 110 mlRp68.700
Minyak Wijen Chee Seng Pagoda 375 mlRp106.000
Korean Beksul Sesame Oil 500 mlRp219.000
Baca juga:  Rekomendasi Produk SK II untuk Hilangkan Jerawat

Informasi harga minyak wijen di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga produk tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi pasar tradisional, minimarket, hingga pusat perbelanjaan lainnya.

Jenis Minyak Wijen - (www.healthshots.com)

Jenis Minyak Wijen – (www.healthshots.com)

[Update: Ditta]

[1] Tim Ide Masak. 2014. Seri Teknik Memasak: Masakan Serba Kukus, Tim, dan Rebus (Intarina H,m dkk, editor). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Nurhayati, D. R. 2020. Kualitas Tanaman Wijen: Berbasis Bahan Organik di Lahan Pasir Pantai. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

[3] Apriadji, W. H. 2015. Food Combining: Makan Enak untuk Langsing & Sehat dengan Menu Masakan China Halal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: