Minyak Kelapa Murni Diklaim Mampu Atasi Gejala Psoriasis

Manfaat, minyak, kelapa, untuk, mengatasi, gejala, psoriasis, kulit, peradangan, eksim, kesehatan, kecantikan, kering, faktor, dokter, kuku, kepala, murni, tropikal, cara, menggunakan, Menggaruk gatal di kulit (sumber: brastop.com)

Psoriasis merupakan jenis peradangan menahun. Penyakit ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih. Semua bagian tubuh bisa terserang psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kepala.

Tingkat keparahan gejala psoriasis berbeda-beda dan intensitasnya bisa berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu, tapi kemudian bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidapnya.

Hingga saat ini, jumlah pengidap psoriasis di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Tetapi, telah didirikan Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia sejak tahun 2006 untuk membantu para pengidap.

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit ini diduga terkait dengan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Sementara pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan.

Faktor keturunan juga dianggap berperan dalam munculnya psoriasis. Di samping itu, ada sejumlah faktor pencetus yang diduga bisa memicu penyakit ini. Di antaranya adalah infeksi tenggorokan, stres, obesitas, mengidap HIV, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan -obatan tertentu. Apabila Anda tidak memiliki faktor risiko tersebut, bukan berarti Anda tidak akan mengalami psorias. Faktor-faktor ini hanya untuk referensi saja. Anda harus berdiskusi dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Langkah Pengobatan Psoriasis

Manfaat, minyak, kelapa, untuk, mengatasi, gejala, psoriasis, kulit, peradangan, eksim, kesehatan, kecantikan, kering, faktor, dokter, kuku, kepala, murni, tropikal, cara, menggunakan,

Gejala penyakit kulit Psikoriasis di lutut (sumber: health.com)

Penanganan psoriasis tergantung pada jenis serta tingkat keparahan gejala yang diderita . Psoriasis bisa ditangani dengan obat oles, fototerapi, konsumsi obat-obatan, serta suntikan. Pengobatan ini tidak bisa menyembuhkan psoriasis, tapi bertujuan meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.

Psoriasis tidak dapat disembuhkan tetapi pengobatan dapat membantu mengontrol gejalanya. Anda harus menghindari hal-hal yang dapat memicu psoriasis dan menggunakan obat sesuai resep untuk mengontrol dan mengurangi gejala. Langkah-langkah umum yakni menjaga kebersihan kulit, menghindari cedera kulit dan kulit kering, hindari terekspos sinar matahari yang menyengat, dan mandilah menggunakan oatmeal.

Pengobatan untuk psoriasis ringan sampai sedang antara lain dengan mengaplikasikan krim topikal, lotion, sampo, dan salep yang mengandung tar batubara. Ini akan mengurangi peradangan (kemerahan), kerak kulit, dan gatal-gatal. Steroid dan obat anti-inflamasi lainnya bisa diterapkan pada kulit (topikal) untuk kasus ringan hingga sedang juga sebagai kombinasi terapi untuk kasus yang lebih parah.

Pengobatan lain yaitu penggunaan asam salisilat dalam minyak (menghilangkan plak), PUVA (psoralen dan paparan sinar ultraviolet A [UVA]), obat penurun kekebalan (misalnya, metotreksat, isotretinoin), antihistamin (untuk gatal-gatal) serta antibiotik (untuk infeksi bakteri sekunder).

Namun jika Anda tengah mencari referensi bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi psoriasis, Anda bisa mencoba kebaikan minyak kelapa. Belum ada kejelasan secara terkait manfaat minyak kelapa untuk mengatasi psoriasis, namun beberapa fakta berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

Apa Itu Minyak Kelapa?

Manfaat, minyak, kelapa, untuk, mengatasi, gejala, psoriasis, kulit, peradangan, eksim, kesehatan, kecantikan, kering, faktor, dokter, kuku, kepala, murni, tropikal, cara, menggunakan,

Minyak kelapa murni dalam wadah toples

Minyak kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat untuk . Salah satunya adalah untuk merawat kulit dan rambut. Minyak ini terutama bermanfaat untuk orang yang memiliki kulit yang kering. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit Anda yang kering. Termasuk kulit kering yang diakibatkan oleh psoriasis.

Minyak kelapa terdiri dari 90 persen lemak jenuh. Ini merupakan kandungan lemak yang jauh lebih tinggi daripada lemak pada mentega, atau daging sapi. Namun, minyak kelapa membantu meningkatkan kolesterol HDL, juga kolesterol LDL.

Minyak kelapa topikal (penggunaan luar, bukan untuk dikonsumsi) juga bisa digunakan sebagai perawatan , termasuk mengurangi kerontokan rambut, mengurangi stretch mark, melembabkan kulit, dan menghapus makeup. Bila dioleskan pada kulit, minyak kelapa bisa mengurangi peradangan kulit. Ini jua bisa membantu meredakan kulit kering, dengan mempertahankan kadar air di kulit.

Studi menunjukkan, penggunaan minyak kelapa murni dapat membantu mengatasi gejala eksim ( atopik), kondisi kulit yang sangat mirip dengan psoriasis. Eksim dan psoriasis memiliki banyak gejala yang sama dan bahkan memiliki beberapa penyebab yang sama. Skala psoriasis cenderung lebih tebal daripada bercak-bercak eksim, tetapi keduanya membutuhkan perawatan pelembab untuk membantu mengatasi kekeringan, kerak, dan gatal. Jadi meskipun kondisi mereka berbeda, minyak kelapa murni dapat membantu mengatasi keduanya.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Psoriasis

Menggunakan minyak kelapa untuk mengobati Psikoriasis

Minyak kelapa murni untuk psoriasis dapat digunakan dalam beberapa cara. Salah satunya dengan mengoleskan minyak kelapa setelah mandi. Biarkan minyak kelapa menyerap sekitar setengah jam. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari untuk memberikan hasil yang diinginkan.

Selain itu, untuk meningkatkan manfaat minyak kelapa ini, pijat ringan kepala dengan minyak kelapa ini. Kemudian bungkus handuk hangat di sekitar kepala Anda. Setelah itu, bilas minyak kelapa yang ada di kepala, sambil pijat lagi dengan lembut. Jangan terlalu keras memijatnya karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan infeksi. Setelah membilasnya, sisir rambut Anda untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati di kepala Anda.

Minyak kelapa bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengobati atau meredakan gejala psoriasis, tapi mungkin tidak efektif untuk semua orang. Bila Anda memiliki terhadap minyak kelapa, tidak dibolehkan menggunakan ini. Bila kulit Anda terlihat semakin memburuk setelah menggunakan minyak kelapa, segera hentikan pengobatan dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa dapat meredakan gejala psoriasis yang Anda miliki, tapi tidak mencegah munculnya psoriasis yang baru. Minyak kelapa juga mungkin dapat mengganggu perawatan topikal lain yang Anda gunakan, jadi sebaiknya sebelum menggunakan minyak kelapa ini selalu diskusikan dengan dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: