Manfaat dan Merek Minyak Jagung yang Bagus untuk Diet

Minyak Jagung untuk Kesehatan - hfimarketplace.comMinyak Jagung untuk Kesehatan - hfimarketplace.com

Ada banyak minyak nabati yang bisa dijadikan sebagai bahan diet sehat, antara lain minyak kelapa, minyak canola, minyak zaitun, dan minyak jagung. Dari sekian banyak minyak diet tersebut, minyak jagung dinilai memiliki lemak jenuh yang lebih rendah dibanding minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit. Sudah banyak minyak jagung yang beredar di pasaran dalam berbagai merek dengan manfaat yang baik untuk diet sehat.

Manfaat Minyak Jagung untuk Diet dan Kecantikan

Sebelum mengulas merek produk minyak jagung yang bagus untuk diet, Anda perlu mengetahui manfaat minyak ini. Minyak jagung merupakan jenis minyak nabati yang kaya akan asam lemak tidak jenuh, yakni asam linoleat dan linolenat.[1] Dua asam lemak ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol darah dan risiko serangan jantung koroner. Minyak nabati tersebut juga mengandung tokoferol atau biasa dikenal dengan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus mencegah proses basi supaya minyak tidak mudah tengik.

Dilansir dari SehatQ, minyak jagung memiliki senyawa alami tumbuhan dengan struktur kimia mirip kolesterol pada hewan. Senyawa yang disebut fitosterol tersebut memiliki sifat antiradang dan antiinflamasi. Mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa ini dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kanker. Fitosterol juga diketahui bisa menghambat tubuh dalam menyerap kolesterol, sehingga kadar lemak jahat dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik.

Baca juga:  Tampil Natural Dengan Lip Cream La Tulipe Stay Matte No 7

Untuk mengonsumsi minyak jagung sebagai bahan diet sehat terbilang mudah. Anda bisa memakai minyak nabati ini sebagai pengganti minyak goreng. Gunakan minyak tersebut untuk berbagai keperluan memasak, mulai dari menggoreng, menumis, hingga membakar. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit minyak jagung ketika mereka merebus pasta atau mie. Ini bertujuan agar bahan makanan tidak lengket dan bisa diangkat dengan mudah.

Jika Anda ingin memakai minyak jagung dengan cara lebih sehat, Anda bisa memasukkannya sebagai bumbu untuk membuat salad. Beberapa jenis salad sayur atau daging membutuhkan minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak wijen. Minyak dibutuhkan agar sayur tetap segar dan memiliki cita rasa lebih gurih sekaligus menghilangkan aroma anyir. Anda bisa mengganti minyak tersebut dengan minyak jagung. Selain rasanya lebih gurih, minyak jagung juga memiliki aroma lebih harum.

Manfaat Minyak Jagung - www.healthline.com

Manfaat Minyak Jagung – www.healthline.com

Dilansir dari POPMAMA, minyak jagung yang mengandung banyak vitamin E tidak hanya baik untuk diet, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak jagung bisa dipakai untuk merawat kulit dengan cara dibalurkan atau dioleskan ke kulit. Konon, minyak ini akan mempertahankan kelembapan kulit, melembutkan kulit, dan mencerahkan kulit.

Baca juga:  Update Info Komposisi, Cara Pemakaian, & Review Cream Dr Pure untuk Jerawat

Bagi Anda yang tertarik ingin diet sehat bersama minyak jagung, pastikan Anda membeli minyak yang tepat. Belilah minyak jagung yang sudah difilter dengan warna terang dan tidak memiliki endapan. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mempertimbangkan merk minyak jagung yang sering dipakai untuk diet berikut.

Merk Minyak Jagung untuk Diet

  • Mazola Corn Oil. Ini merupakan produk minyak jagung yang cukup laris di pasaran. Minyak nabati tersebut memiliki tekstur yang kental dan berwarna kuning bening. Diklaim memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan baik untuk kesehatan, produk tersebut dijual dalam kemasan mulai 500 ml hingga 3,5 l.
  • KCO Kie Corn Oil. Minyak jagung ini memiliki warna yang sangat bening dan hampir mirip dengan air. Meskipun terbilang agak encer, minyak tersebut juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup banyak. Di pasaran, Anda akan menemukan minyak tersebut dikemas dalam botol 1 l dan 2 l.
  • Java Superfood 100% Minyak Jagung. Salah satu merk minyak jagung yang sudah mengantongi sertifikat halal adalah Java Superfood 100% Minyak Jagung. Selain itu, minyak tersebut memiliki warna kuning yang sedikit pekat dengan kandungan vitamin E tinggi. Anda bisa membelinya dengan wadah 1,8 l yang dikemas dalam botol bertangkai.
  • Tropicana Slim. Selain merilis produk gula jagung, Tropicana Slim juga mengeluarkan produk pangan berupa minyak. Minyak jagung tersebut adalah minyak filtrasi yang berwarna bening dan tidak memiliki endapan. Selain bisa dijadikan sebagai bahan untuk memasak, konon minyak ini aman untuk diminum.
Baca juga:  Model Rambut Ikal Untuk Pria dan Wanita

Sebagai tips agar minyak jagung Anda tidak mudah tengik, simpanlah di ruangan yang sejuk dan tidak lembap. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin jika ingin minyak lebih tahan lama. Selain itu, pastikan Anda mengganti minyak yang sudah rusak dengan minyak yang baru, sehingga makanan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Memasak dengan Minyak Jagung untuk Diet - esmmweighless.com

Memasak dengan Minyak Jagung untuk Diet – esmmweighless.com

[1] Dwiputra, Dhenny, dkk. 2015. Minyak Jagung Alternatif Pengganti Minyak yang Sehat. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro, Vol. 4(2): 5-6.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: