Minim Modal, Inilah Alternatif Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Bisnis Les Privat - (Sumber: se-lesprivat.weebly.com) Bisnis Les Privat - (Sumber: se-lesprivat.weebly.com)

Berbisnis dapat dilakukan kalangan manapun. Tidak terkecuali oleh kalangan mahasiswa. Karena tersedianya waktu luang, seorang mahasiswa biasanya ingin mencoba yang bisa dijadikan sambilan. Kuliah jalan, sambilan juga jalan.

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa bukanlah bisnis yang full time, melainkan yang part time. Parttime adalah waktu yang dimiliki seorang mahasiswa tidak digunakan untuk berbisnis saja, kemudian mengesampingkan waktu untuk belajar dan kuliah.

Jadi, bisnis yang cocok adalah bisnis yang waktunya bisa disesuaikan dengan waktu kuliah. Seperti bisnis jual pulsa elektrik. Sebagian besar mahasiswa memilih untuk bisnis pulsa elektrik karena tidak memerlukan modal besar. Dalam sekali penjualan pulsa, keuntungan yang diperoleh sekitar Rp 500-1.500.

Bisnis Fotografi - (Sumber: virala.id)

Bisnis Fotografi – (Sumber: virala.id)

Selain bisnis pulsa elektrik, ada bisnis lain yang dinilai cocok untuk mahasiswa. Bisnis les privat. Les privat ini bisa dilakukan di sela waktu kuliah. Misalnya, les matematika, bahasa inggris, fisika, biologi, akuntansi, kimia, dan lain lain.

Bisnis ini memberikan dua keuntungan, yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Biasanya bisnis ini laris ketika mendekati Ujian Akhir Nasional maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Bisnis kecil juga merupakan salah satu alternatif. Berjualan kecil ini bisa dititipkan di kantin kampus, atau dijajakan kepada teman-teman kuliah. Mahasiswa dapat menjajakan jajan pada waktu jam istirahat, atau pada saat waktu luang kuliah.

Bisnis online programmer web dan blogger. Untuk jurusan mahasiswa jurusan Teknologi (TI), bisnis ini cocok untuk dijalankan. Mahasiswa dapat membuat situs, blog, atau e-commerce.

Ada banyak cara monetize blog seperti ikut Pay-Per-Click (PCP), pasang iklan, atau menjual produk melalui blog. Jika situs/blog tersebut banyak dikunjungi orang dan mendapat apresiasi dari pembaca, jangan segan untuk memberikan penawaran kepada yang memiliki relevansi konten yang dimuat untuk beriklan di halaman utama.

Bagi mahasiswa yang mahir dalam bahasa asing, mungkin patut mencoba bisnis ini. Bisnis jasa penerjemah. Bisnis ini merupakan bisnis yang simpel, karena tidak membutuhkan modal besar dan peralatan yang banyak. Bisnis ini tidak hanya terbatas untuk mahasiswa, tetapi bisa juga untuk pelajar atau orang umum yang membutuhkan jasa penerjemah.

Apabila mahasiswa merasa tidak mahir dalam bidang bahasa asing, tapi mempunyai modal berupa motor, mungkin bisa mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis jasa pengiriman/ojek. Bisnis ini sekarang sedang menjamur. Bisnis ini mudah dijalankan, karena hanya berbekal motor dan gadget sebagai alat komunikasi sekaligus petunjuk arah dengan aplikasi yang ada dalam gadget.

Mahasiswa bidang desain grafis tentu dapat meraup pundi rupiah melalui keahlian di bidang ini. Bisnis jasa desain grafis merupakan bisnis bukan hanya di kalangan mahasiswa, tapi juga masyarakat luas. Bisnis ini membutuhkan keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software seperti Photoshop atau Corel Draw.

Bagi yang memiliki kegemaran foto, juga dapat mendatangkan rupiah apabila dikembangkan. Tidak sedikit mahasiswa yang melirik bisnis ini, Bisnis jasa fotografi dan video. Jaman sekarang, banyak orang yang suka difoto.

Jadi, tidak mengherankan apabila banyak jasa fotografi, apalagi kalau sedang musim wisuda. Karena membutuhkan modal yang cukup besar, mahasiswa yang ingin terjun di bisnis ini bisa bergabung dengan beberapa teman yang memiliki minat yang sama.

Jika mahasiswa memiliki kemampuan menulis dan menyampaikan ide melalui tulisan, mungkin bisa melirik bisnis yang satu ini, Bisnis menjadi penulis lepas. Bisnis ini bisa dikerjakan nyaris tanpa modal. Kemampuan menulis, merangkai kata menjadi sebuah artikel atau berita yang bagus dibutuhkan di sini.

Bisnis selanjutnya yang tidak kalah fenomenal adalah bisnis online shop. Peluang bisnis di bidang ini amat menjanjikan. Bisnis ini makin menjadi trend di kalangan mahasiswa, bukan saja karena omzetnya yang besar, tetapi juga karena semakin tenarnya sosial media. Selain itu, kebanyakan orang sekarang lebih senang belanja via online, karena lebih praktis dan mudah dilakukan.

Bisnis Online - (Sumber: maxmanroe.com)

Bisnis Online – (Sumber: maxmanroe.com)

Bisnis online shop sekarang sudah semakin berkembang. Kalau dulu hanya berjualan barang barang seperti pakaian, tas, aksesoris hp. Sekarang sudah meluas ke metode jualan online seperti menjual barang bekas pakai yang masih layak, titip beli, titip jual, reseller, dropship.

Di dalam bisnis online shop dikenal dengan istilah dropship. ini mudah dilakukan, apalagi oleh kalangan mahasiswa. Selain itu, berjualan online dengan sistem dropship memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:

  • Tidak memerlukan modal yang besar untuk stock barang. Dropship berarti memasarkan produk orang lain (supplier). Anda hanya bermodalkan gadget dan foto produk, kemudian dipajang di Instagram online shop Anda misalnya, kemudian jika ada yang berminat membeli, Anda hanya tinggal menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang ke alamat atas nama online shop Anda.
  • Simpel. Karena cara kerjanya yang simpel, maka mahasiswa tidak perlu khawatir waktu untuk kuliah bisa terkuras. Bisnis dropship bisa dijalankan di saat luang mahasiswa.
  • Keuntungan yang dapat Anda atur sendiri. Laba yang ingin diperoleh dapat Anda tentukan sendiri. Laba ini biasanya dihitung dari selisih harga jual dan harga dari supplier. Misalnya Anda berjualan baju. Harga dari supplier Rp 100.000. Anda bisa menjualnya seharga Rp 125.000 atau Rp 150.000. Harga yang Anda tentukan biasanya di luar ongkos kirim. Patokan harga tersebut tentunya sesuai dengan kebijakan masing-masing penjual.

Memulai bisnis bagi kalangan mahasiswa dinilai dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship mereka. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat dianggap sebagai pengisi waktu luang sekaligus menghasilkan uang, sehingga dapat digunakan untuk keperluan mahasiswa itu sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: