Pilihan Merk Susu Ibu Hamil Trimester Pertama dengan Formula Anti Mual

Ilustrasi: ibu hamil (unsplash: Alicia Petresc)Ilustrasi: ibu hamil (unsplash: Alicia Petresc)

Pada trimester pertama kehamilan, yakni antara usia kandungan 1-3 bulan biasanya para ibu hamil cenderung sensitif. Jika baru pertama kali hamil, beberapa di antaranya mungkin merasakan beberapa keluhan seperti merasa mual atau bahkan mengalami muntah (morning sickness) hingga tidak nafsu makan. Untuk tetap mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan bayi dalam kandungannya, tak jarang ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Lantas, apa merk susu ibu hamil yang bagus untuk trimester pertama? Berikut ulasannya.

Merek Susu Ibu Hamil Trimester 1

Prenagen Emesis

Susu kehamilan dengan kandungan protein dan vitamin B6 yang diklaim sudah teruji secara klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90%, sehingga nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi. Susu ibu hamil satu ini disebut-sebut mengandung berbagai nutrisi, seperti asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D. Prenagen Emesis hadir dalam varian rasa Vanilla Delight dan Velvety Chocolate yang dibanderol dengan harga Rp75 ribu untuk ukuran 400 gram.

SGM Bunda

SGM BundaProgressMaxx diklaim sebagai susu yang tinggi zat besi dan nutrisi penting lainnya. Di dalam SGM Bunda disebut mengandung minyak ikan yang bagus untuk pertumbuhan janin, asam folat, dan kandungan kalsium, serta vitamin D-nya juga tinggi. Produk ini diklaim membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu di masa hamil hingga menyusui, serta mampu meredakan rasa mual yang dialami oleh ibu hamil, khususnya yang hamil muda atau pada masa trimester pertama.

Ilustrasi: memilih produk susu (sumber: verywellfamily.com)

Ilustrasi: memilih produk susu (sumber: verywellfamily.com)

Anmum Emesa

Jika mencari produk susu ibu hamil anti mual dan muntah pada trimester pertama, AnmumEmesa mungkin bisa jadi pilihan. AnmumEmesa diklaim mengandung vitamin B6 dan protein yang teruji secara klinis dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. Produk ini tinggi asam folat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel bagi ibu hamil dan janin. Selain itu, AnmumEmesa hadir dengan rasa cokelat yang lezat.

Baca juga:  Apa Manfaat Salep 88 untuk Wajah dan Jerawat?

Lactamil Inisis

Adalah produk susu yang diklaim bermanfaat untuk mendukung para ibu di masa konsepsi hingga awal kehamilan yang sering ditandai dengan mual dan muntah. Nutrisi LactamilInisis dirancang dengan formula ACTIDuobio+ yang mengandung tinggi vitamin B6 untuk mengurangi mual dan muntah, zat besi untuk mencegah anemia, asam folatuntuk mengurangi risiko cacat tabung saraf otak, omega 6 untuk membantu perkembangan otak janin, dan vitamin D untuk pertumbuhan janin. LactamilInisis tersedia dalam rasa cokelat.

Lovamil

Produk besutan Kalbe ini hadir untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan menyusui. Mengandung polydextrose, asam folat, DHA, protein, zat besi esensial, serta dilengkapi dengan vitamin, mineral, dan ekstrak katuk. Lovamil diklaim baik untuk janin dalam kandungan dan ibu menyusui.Lovamil tersedia dalam varian rasa coklat, vanilla, stroberi, dan kacang hijau agar para ibu tidak bosan dengan satu rasa saja.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Setelah Lepas KB IUD?
Ilustrasi: ibu hamil minum susu (sumber: eatthis.com)

Ilustrasi: ibu hamil minum susu (sumber: eatthis.com)

Perlukah Konsumsi Susu Ibu Hamil?

Pada dasarnya meminum susu ibu hamil itu baik dengan catatan minum sesuai takaran. Susu ibu hamil diperlukan manakala ibu hamil mengalami kekurangan vitamin dan mineral yang diperlukan selama proses kehamilan. Kebutuhan gizi ibu hamil bertambah seiring semakin besarnya bayi dalam kandungan, maka salah satu caranya adalah dengan meminum susu ibu hamil atau bisa juga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi.[1]

Sementara itu, dr UtamiRoesli, SpA, IBCLC, FABM, Ketua Sentra Laktasi Indonesia menyampaikan bahwa susu ibu hamil sebenarnya tidak berbeda dengan susu jenis lainnya. Merek “susu ibu hamil” sendiri kata Utami hanya terdapat di Indonesia. “Lemak sapi itu berikatan pendek, makanya perlu menambahkan DHA dan AHA. Masalahnya, zat itu tidak diserap dengan bagus karena tempelan,” kata dr Utami. Bahkan kabarnya berdasar 16 penelitian, susu yang diberi tambahan AHA dan DHA tidak efektif untuk menambah kepandaian anak.

Baca juga:  Manfaat & Cara Pakai Moreskin Anti Acne untuk Menghilangkan Jerawat

Meski demikian, susu tetap boleh diminum jika memang para ibu merasa doyan untuk mengonsumsinya. Tetapi perlu diingat, bahwa itu bukanlah kewajiban. “Tidak perlu minum susu, karena mamalia lain saat hamil juga tak minum susu,” tandas dr Utami, seperti dilansir Tirto.

[1]Tino, RA. 2009. Menjawab Mitos-Mitos Kehamilan & Menyusui. Nuno, editor. Yogyakarta: Media Pressindo, hlm 34.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: