Info Lengkap Merk Pewarna Rambut Tanpa Bleaching Beserta Harga di Pasaran

Ilustrasi: proses mewarnai rambut (sumber: allthingshair.com)Ilustrasi: proses mewarnai rambut (sumber: allthingshair.com)

Anda yang gemar menggonta-ganti gaya rambut, pasti tak asing dengan produk pewarna rambut yang beredar di pasaran. Namun, bagi pemula yang ingin mencoba mewarnai rambut tentu akan bingung memilih produk yang tepat. Untuk mendapatkan warna yang sempurna, biasanya harus dilakukan tindakan bleaching terlebih dulu yang terkesan ribet dan dapat merusak rambut. Saat ini, terdapat beberapa merk pewarna rambut tanpa bleaching dengan formula khusus untuk merawat rambut tetap sehat.

Pada dasarnya, pewarnaan rambut yang sebelumnya mengalami proses bleaching lebih bagus dibanding dilakukan secara manual. Pasalnya, melalui proses bleaching, rambut asli diputihkan atau dinetralkan dulu, baru kemudian diberikan warna-warna baru yang notabene berbahan kimia. Proses ini mampu membuat warna rambut baru lebih tahan lama atau permanen, hanya sedikit pudar di kemudian hari.

Berbeda dengan pewarnaan rambut secara manual yang lebih cepat prosesnya tetapi hanya mampu bertahan sekitar 3 bulan hingga kembali ke warna asal. Biasanya pewarnaan rambut manual bisa Anda lakukan dengan pewarna rambut herbal atau kerap dikenal lewat produk hena yang lebih praktis langsung digunakan pada rambut. Apabila Anda sebelumnya menggunakan pewarna rambut herbal dapat ditumpuk lagi dengan jeda waktu 2 -3 hari.

Baca juga:  Cegah Penuaan Dini Dengan Cream Siang & Malam La Tulipe

Perawatan bagi rambut yang telah mengalami proses bleaching harus ditunggu 2-3 bulan untuk proses bleaching selanjutnya, setelah sebelumnya melakukan perawatan khusus. Perawatan wajib dilakukan secara kontinu selama 2 – 7 hari sekali dengan cara menggunakan masker, creambath, atau diberi nutrisi. Jalan keluar termudah untuk masalah ini adalah dengan menggunting rambut, dan menyesuaikan dengan jenis warna rambut tersebut.

Jenis-jenis Pewarna Rambut

Ilustrasi: rambut warna warni (sumber: vogue.in)

Ilustrasi: rambut warna warni (sumber: vogue.in)

Pewarna rambut sementara

Molekul pigmen dalam pewarna rambut sementara berukuran besar sehingga tidak mampu memasuki lapisan kutikula, hanya melapisi rambut dan dapat hilang saat dikeramas. Pewarna rambut sementara tersedia dalam berbagai produk meliputi shampo, gel spray, dan beberapa produk lainnya. Biasanya pewarna rambut jenis tersebut digunakan untuk memberikan warna lebih cerah pada rambut yang sulit diperoleh dari pewarna rambut permanen atau semi permanen. Pewarna ini tidak meresap ke dalam batang rambut, tetapi hanya melekat pada folikel rambut, sehingga mudah hilang dengan sekali keramas.

Baca juga:  Harga & Review La Tulipe Perfect Foundation

Pewarna rambut semi permanen

Diformulasikan khusus untuk memberikan warna pada batang rambut tanpa mencerahkannya. Molekul pada pewarna rambut semi permanen memiliki molekul yang lebih kecil dibanding pewarna rambut sementara dan tidak mengandung agen oksidasi, sehingga bertahan lebih lama berbeda dengan pewarna rambut sementara. Warna rambut baru akan memudar setelah 8 – 14 kali keramas. Pewarna rambut semi permanen tidak mengandung amonia sehingga cocok digunakan untuk rambut yang rapuh dan rusak.

Pewarna rambut permanen

Jika Anda memiliki uban, maka pewarna rambut jenis ini akan cocok digunakan. Kandungan cat rambut permanen yakni amonia dan peroksida untuk mengeluarkan warna baru dan meresap masuk ke dalam batang rambut. Formula amonia berguna untuk membuka kutikula rambut, sehingga zat warna dapat meresap masuk ke dalam batang rambut.[1]

Baca juga:  Memiliki Manfaat Bagus Untuk Kesehatan, Begini Langkah Membuat Manisan Jambu Air

Terdapat sejumlah masalah di balik pewarna rambut, mulai dari warna yang muncul berbeda dari warna yang diharapkan, rambut patah, kusam, kasar, dan bercabang. Noda pada kulit akibat terkena zat pewarna di leher atau bahu, hingga alergi pada zat pewarna yang digunakan.

Harga Pewarna Rambut Tanpa Bleaching

Ilustrasi: proses mewarnai rambut (sumber: allure.com)

Ilustrasi: proses mewarnai rambut (sumber: allure.com)

Varian Merek Pewarna Rambut Tanpa BleachingKisaran Harga (Rp)
L’Oreal Paris Excellence Fashion97.400
Etude Hot Style Bubble Hair Coloring95.000
Color Me95.000
Chaoben Japan Hair Color95.000
Manic Panic220.000
Holika Holika Angel’s Ring Bubble Hair Color80.000
Tony & Guy75.000
Piaobisi Hair Color Cream75.000
Salsa Hair Color60.000
Colore Fresco55.000
Miranda9.600

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga produk cat rambut tersebut tidak mengikat karena dapat berbeda tergantung tempat pembelian.

[1] Said Haikal, Panduan Merawat Rambut (Jakarta : Penebar Plus, 2009), hlm. 67

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: