Jangan Asal Pakai Krim! Ini Merk Pelembab yang Diklaim Aman untuk Ibu Hamil

Ilustrasi: kosmetik ibu hamil (sumber: goodtoknow.co.uk)Ilustrasi: kosmetik ibu hamil (sumber: goodtoknow.co.uk)

Selama masa kehamilan, ibu juga perlu menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuhnya agar senantiasa segar dan juga lembap. Salah satu ancaman yang berpotensi mengganggu penampilan wanita hamil tentu saja adalah stretch mark. Untuk menghindari stretch mark, para ibu juga bisa melakukan berbagai cara.

Menurut Molika (2015), cukupi kebutuhan ibu hamil akan konsumsi air putih. Ibu hamil harus dibiasakan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas satu hari, hal ini dapat membantu kulit terjaga elastisitasnya sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya stretch mark. Selain itu untuk menambah elastisitas kulit, ibu hamil bisa menggunakan pelembab di area yang rawan terkena stretch mark.

Masih menurut sumber yang sama, sebaiknya Anda mengoleskan pelembap secara teratur pada tubuh untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, khususnya pada bagian yang mengalami peregangan semasa hamil seperti perut, pinggul, dan payudara. Secara teratur oleskan lotion ke seluruh tubuh, sebaiknya setelah mandi, minimal dua kali sehari, untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapisan dermis saat kulit meregang di masa hamil.

Nah, kulit wajah pun juga perlu mendapatkan perhatian. Selama hamil biasanya Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan krim-krim wajah racikan yang kandungannya dipertanyakan atau bahkan menimbulkan potensi bahaya untuk kesehatan Anda dan janin. Tapi tak perlu khawatir, setidaknya masih ada beberapa merk pelembab yang diklaim aman untuk ibu hamil. Berikut ulasannya.

Merek Pelembab untuk Ibu Hamil

Wardah Aloe Vera Hydramild Moisturizer Cream

Wardah Aloe Vera Hydramild Moisturizer Cream (sumber: sociolla.id)

Wardah Aloe Vera Hydramild Moisturizer Cream (sumber: sociolla.id)

Brand skincare lokal ini diklaim bagus dan harganya terjangkau. Selain itu, produk Wardah Aloe Vera Hydramild Moisturizer Cream pun dapat dipakai oleh ibu hamil yang memiliki masalah kulit kering. Pasalnya, kandungan utama dalam krim ini adalah lidah buaya yang bisa melembapkan kulit wajah serta formulanya diklaim bebas dari alkohol dan paraben. Harga produk ini berkisar mulai Rp18 ribuan.

Cetaphil Dermacontrol Oil Control Moisturizer

Cetaphil Dermacontrol Oil Control Moisturizer (sumber: carousell.com)

Cetaphil Dermacontrol Oil Control Moisturizer (sumber: carousell.com)

Alternatif pelembap berikutnya berasal dari Cetaphil. Bagi Anda dengan jenis kulit berminyak atau tipe kombinasi bisa mencoba produk seharga Rp359 ribuan ini. Formula Cetaphil Dermacontrol Oil Control Moisturizer kabarnya cocok untuk ibu hamil yang kulitnya sensitif. Di dalamnya juga ada kandungan SPF 30 yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Selain itu ada juga bahan zinc untuk mengontrol sebum berlebih.

Sensatia Botanicals Amber Rose Facial Dream Cream

Sensatia Botanicals Amber Rose Facial Dream Cream (sumber: feedler.top)

Sensatia Botanicals Amber Rose Facial Dream Cream (sumber: feedler.top)

Pilihan produk pelembab lokal lain yang tak kalah bagus adalah Sensatia Botanicals Amber Rose Facial Dream Cream seharga Rp240 ribuan. Bahan-bahannya diklaim terbuat dari bahan alami yang mampu menutrisi kulit secara maksimal. Misalnya saja olive squalane, minyak biji jojoba yang kaya vitamin A dan E, hingga minyak dari kelopak mawar.

Clinique Moisture Surge

Clinique Moisture Surge (sumber: shopee.co.id)

Clinique Moisture Surge (sumber: shopee.co.id)

Kualitas brand ini sudah tak perlu diragukan lagi. Clinique memiliki produk pelembap bertajuk Clinique Moisture Surge yang teksturnya seperti gel dan memberi sensasi sejuk saat diaplikasikan ke wajah. Pelembab untuk kulit yang sangat kering atau kering kombinasi ini diklaim dapat menjaga kelembapan wajah hingga 72 jam. Formulanya pun diklaim aman karena bebas paraben, fragrance, dan aman untuk yang memiliki alergi. Produk Clinique Moisture Surge dijual dengan harga mulai Rp175 ribuan.

Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin

Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin (sumber: crazyaboutcolors.com)

Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin (sumber: crazyaboutcolors.com)

Yang terakhir dan tak kalah recommended adalah produk Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin. Pelembap satu dengan harga Rp195 ribuan ini dikenal punya formula yang ringan dan bebas alkohol, sehingga tak membuat kulit jadi semakin berminyak. Produk asal Korea Selatan ini bahkan diklaim mampu menyerap minyak berlebih dan mengontrol minyak pada T-zone, sehingga bisa mencegah penyumbatan dalam pori-pori. Menariknya lagi, Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin disebut-sebut mampu menjaga kelembapan kulit hingga 12 jam lamanya.

Meski sudah banyak produk pelembab yang dikenal cocok dan bagus untuk ibu hamil, Anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter setiap hendak menggunakan produk skincare apapun. Selain itu, efek atau hasil yang dirasakan tiap orang setelah penggunaan suatu produk bisa berbeda-beda. Jika Anda mengalami iritasi atau ketidakcocokan, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Referensi:

Baca juga:  Review Pixy Lip Cream No 8 (Delicate Pink)

Molika, Ewa. 2015. 275 Tanya Jawab Seputar Kehamilan & Melahirkan. Sulis, editor. Jakarta (ID): Lembar Langit Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: