Manfaat & Rekomendasi Merk Minyak Zaitun yang Bagus untuk Bayi

Minyak zaitunMinyak zaitun

Minyak zaitun adalah produk impor yang dihasilkan dari pemrosesan buah zaitun. Minyak zaitun yang asli diperoleh dari buah zaitun tanpa penambahan senyawa lain. Zaitun secara alami mengandung beberapa senyawa seperti fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan squaleneyang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan manusia.

Minyak zaitun juga mengandung triasilgliserol yang sebagian besar berupa asam lemak tidak jenuh tunggal jenis oleat. Kandungan asam oleat tersebut dapat mencapai 55 sampai 83 persen dari total asam lemak dalam minyak zaitun. Asam oleat ini memiliki risiko teroksidasi (rusak) sangat rendah dan mampu mereduksi (mengurangi) serum LDL (Low Density Lipoprotein) yang sering juga disebut sebagai kolesterol jahat penyebab penyakit aterosklerosis.[1]

Jenis Minyak Zaitun

Di pasaran ada dua macam minyak zaitun yang dijual. Pertama, minyak zaitun sebagai kosmetik yang digunakan khusus untuk pemijatan tubuh. Kedua, minyak zaitun sebagai minyak untuk dikonsumsi. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti minyak sayur pada masakan. Ada beberapa jenis minyak zaitun, antara lain:

  • Minyak zaitun extra light. Warnanya kuning pucat dan tak memiliki rasa.
  • Minyak zaitun extra virgin. Warnanya kuning terang dan gurih. Sering digunakan untuk campuran salad maupun untuk menumis masakan.
  • Minyak zaitun biasa. Warnanya agak kehijauan, kental, dan rasanya agak gurih, meski tidak segurih extra virgin.[2]
Baca juga:  Tutorial Cara Facial di Rumah dengan Rangkaian Produk Wardah

Minyak Zaitun untuk Bayi

Minyak zaitun

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan kaya akan vitamin E. Minyak zaitun murni ini memiliki efek hangat pada kulit bayi sehingga jika digunakan untuk pemijatan pada kulit sangat bagus sekali. Minyak ini tidak berbahaya jika sampai terjilat bayi atau kena mata bayi. Biasanya setelah bayi dipijat dengan menggunakan minyak zaitun, bayi akan dapat tidur lebih nyenyak.[3]

Selain bermanfaat sebagai minyak pijat, minyak zaitun alias olive oil juga bermanfaat untuk mengatasi cradle cap atau kulit yang berkerak pada kepala bayi. Ada juga yang menggunakannya untuk menumbuhkan rambut bayi supaya lebih lebat, mengobati ruam popok, hingga untuk memasak makanan pendamping ASI (MPASI).

Beberapa ibu mungkin bingung, mana yang terbaik untuk MPASI bayi antara extra virgin olive oil (EVOO) dan extra light olive oil (ELOO). Menurut dr. DeviaIrine Putri dari Klikdokter, EVOO adalah minyak zaitun murni yang dihasilkan langsung dari buah zaitun. Kandungan minyaknya diperas langsung tanpa melalui proses pabrik atau bahan kimia. Jenis ini adalah yang paling baik karena kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. “Anda boleh menambahkan minyak zaitun dengan jenis EVOO pada bayi usia 6 bulan. Asam oleat yang terdapat dalam EVOO bisa berfungsi baik untuk perkembangan otak anak,” ujarnya.

Baca juga:  Lima Besar Sifat Kepribadian Manusia dan Apa Artinya Bagi Psikolog

Sedangkan ELOO kata dr Devia lebih cocok digunakan untuk memasak MPASI, bukan untuk dicampurkan dalam makanan bayi. “Untuk EVOO, cukup 1-2 sdt per porsi makan. Bisa dicampurkan langsung ke MPASI atau digunakan untuk memasak MPASI. Sementara untuk ELOO, takarannya sama, dan lebih baik digunakan untuk menumis makanan bayi,” tandasnya.

Merk Minyak Zaitun untuk Bayi

Minyak zaitun Evoo untuk bayi

Minyak zaitun Evoo untuk bayi

Ada begitu banyak merek minyak zaitun yang bagus untuk MPASI bayi. Beberapa di antaranya adalah Casa di Olivia EVOO for Kids, Gallo My First Olive Oil, Mueloliva Extra Virgin Olive Oil, Rafael Salgado Glass Jars with Handle, Sasso Extra Virgin Olive Oil, OlitaliaExtra Virgin Olive Oil, OndolivaSelection Extra Virgin Olive Oil, FilippoBerioExtra Virgin Olive Oil, BorgesExtra Virgin Olive Oil, hinggaBertolliExtra Virgin Olive Oil.

Baca juga:  Tips Simpel untuk Meningkatkan Keinginan Berolahraga

Harga minyak zaitun EVOO umumnya dijual kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Anda bisa memilih sendiri mana merk minyak zaitun yang harga dan kualitasnya paling sesuai dengan kebutuhan bayi Anda. Sebagai permulaan, sebaiknya beli minyak zaitun dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Jika sudah cocok, Anda bisa membeli minyak zaitun dalam kemasan besar.

[1]Subakti, Y dkk. 2008. Keajaiban Pijat Bayi & Balita (hlm 45-46). Andri AF, editor. Jakarta: WahyuMedia.

[2]Lubis, E. 2008. Hidangan Favorit Ala Timur Tengah (hlm 7). Dyota L, editor. Jakarta: Penerbit Hikmah.

[3] Juwita, S dkk. 2019. Pijat Bayi (hlm 27-28). Arie DA, editor. Grobogan: Sarnu Untung.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: