Aneka Manfaat & Rekomendasi Merk Minyak Kelapa untuk Bayi

Minyak kelapa

Minyak kelapa (coconut oil) merupakan minyak nabati yang diperoleh dari pohon kelapa. Minyak kelapa terdapat dalam sel daging buah yang merupakan globula minyak yang dikelilingi lapisan protein serta lapisan air.

Minyak kelapa diperoleh dengan cara ekstraksi terhadap daging buah kelapa. Prinsip pemisahan minyak kelapa ada dua macam, yaitu proses kering dan proses basah. Pada proses pengolahan secara basah, daging buah kelapa diparut kemudian diekstrak menggunakan air. Santan yang diperoleh dipanaskan untuk menggumpalkan protein dan airnya, sehingga minyak dapat dipisahkan dari campuran. Pengolahan dengan cara ini banyak dipraktikkan dalam skala industri rumah tangga, dan minyak yang dihasilkan adalah minyak kelapa kasar.[1]

Minyak kelapa merupakan senyawa trigliserida yang tersusun atas berbagai asam lemak dan 90% di antaranya merupakan asam lemak jenuh. Minyak kelapa ini memiliki titik asa tinggi hingga 230°C. Saran penggunaan untuk menggoreng dan menumis.[2]

Berbeda dengan jenis-jenis minyak lain yang biasa kita konsumsi (seperti minyak sawit, minyak/lemak hewani, minyak zaitun, minyak kacang, atau bunga matahari), minyak kelapa adalah jenis minyak dengan asam lemak jenuh rantai karbon (C) menengah. Semakin pendek rantai karbon, semakin mudah asam lemak dimetabolisir, sehingga mengonsumsinya dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kolesterol darah secara signifikan.

Baca juga:  Benarkah Ada Mainan Yang Dianggap Berbahaya Bagi Anak-Anak?

Karena rantai asam lemaknya pendek, minyak kelapa menjadi dengan mudah dicerna oleh enzim lipase tanpa perlu bantuan asam empedu. Rantai karbon minyak kelapa dengan mudah dapat diserap tubuh dan masuk ke aliran darah serta segera menuju hati untuk dimetabolisir.[3]

Dilansir dari Kompas, terdapat beberapa jenis minyak kelapa menurut Ir. Winarno, alumnus Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) jika ditinjau dari pembuatannya.

Ilustrasi: buah kelapa

Ilustrasi: buah kelapa

Jenis Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Industri

Minyak kelapa industri dibuat dengan bahan baku kopra melalui proses RBC (refining, bleaching and deodorizing). Setelah kopra dipres, dibersihkan, diputihkan, lalu dihilangkan bau tengiknya. Minyak kelapa yang dijual untuk memasak kerap dicampur dengan minyak sayur lain, sehingga harganya cukup murah.

Minyak Kelapa Kelentik

Minyak ini dibuat dengan cara tradisional oleh para petani kelapa atau ibu rumah tangga. Caranya, dengan memasak santan kelapa hingga minyak terpisah dari blondo (karamel). Seringkali minyak ini berwarna kuning sampai kecokelatan, akibat terkontaminasi karamel yang gosong.

Baca juga:  Kandungan dan Manfaat Minyak Kemiri untuk Alis yang Indah

Minyak Kelapa Murni/Virgin Coconut Oil (VCO)

Minyak ini merupakan minyak kelapa yang tidak mengalami proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami hidrogenasi, ekstraksi minyak ini dilakukan dengan proses dingin, misalnya dengan fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat, dan lain-lain.

Minyak Kelapa Organik Ekstra

Di luar dari 3 jenis minyak kelapa yang disebutkan Ir. Winarno, ada juga jenis VCO organik ekstra yang mengandung Medium Chain Triglyserides (MCT). Ini adalah hasil pengolahan lebih lanjut dari VCO berkualitas baik melalui proses esterifikasi gliserol yang diturunkan dari minyak nabati berkadar laurat tinggi dengan asam lemak rantai sedang. Cara sederhana membedakan organik ekstra VCO mengandung MCT dengan VCO lain adalah dengan merasakannya. Jika VCO biasa masih terasa seperti minyak di lidah, maka VCO MCT terasa seperti air.

Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi

Minyak kelapa menyimpan banyak kegunaan untuk bayi, mulai dari mengobati eksim, ruam popok, melebatkan rambut bayi, mengobati gigitan serangga, melindungi kulit dari iritasi, hingga digunakan untuk memasak MPAS (makanan pendamping ASI).

Baca juga:  Sembuhkan Jerawat Membandel dengan Si Mungil Sariayu Intensive Acne Care

Meski menyimpan banyak manfaat, pastikan Anda memilih minyak kelapa terbaik untuk buah hati Anda. Berikut ini referensi beberapa merek minyak kelapa yang diklaim bagus kualitasnya.

Merk Minyak Kelapa untuk Bayi

Seperti halnya minyak goreng untuk masak, minyak kelapa pun cukup mudah ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan. Ada sejumlah merek minyak kelapa yang dikenal berkualitas. Misalnya saja Kara Coconut Oil, Lemonilo 100% Organic Extra Virgin Coconut Oil, Ecozest Extra Virgin Coconut Oil, Vico BagoesExtra Virgin Coconut Oil, Javara Coconut Cooking Oil, Nutiva Organic Virgin Coconut Oil, Coco MilagroExtra Virgin Coconut Oil, dan masih banyak lagi. Harga minyak kelapa untuk bayi tersebut berkisar mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

[1] Salirawati, D dkk. 2007. Belajar Kimia Secara Menarik: Untuk SMA/MA Kelas XII (hlm 308). Jakarta: Grasindo.

[2]Muaris, H. 2014. 365 Menu Sukses MP-ASI Selama 1 Tahun Bayi Usia 7-18 Bulan (hlm 279). Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[3] Putri, T. 2019. Keampuhan Air dan Minyak Kelapa bagi Kesehatan (hlm 84). Sinta D, editor. Yogyakarta: Laksana.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: