Rekomendasi Merk Dark Coklat Terbaik

Dark chocolateDark chocolate

Cokelat termasuk makanan yang disukai oleh segala usia. Jenis coklat pun ada bermacam-macam, mulai dari coklat untuk memasak (cooking chocolate) hingga coklat batangan yang siap untuk dimakan. Dari berbagai jenis cokelat tersebut, dark chocolate diketahui sebagai coklat yang paling tinggi kandungan kakaonya dan juga konon menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Tak sulit untuk menemukan dark cokelat di pasaran, karena ada bermacam-macam merk dan hargadark coklat yang enak untuk disantap sehari-hari. Sebelum membahasnya, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu jenis cokelat secara umum.

Jenis Cokelat

  • Dark Chocolate: memiliki kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolate memiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).
  • White Chocolate: hanya memiliki 33% kandungan cokelat atau kakao, sisanya adalah gula, susu, dan vanilla. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif, seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.
  • Milk Chocolate atau cokelat susu: merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula. Cokelat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.
Baca juga:  Cara Mengolah Porang Jadi Chip dan Tepung Agar Tidak Gatal

Tips Memilih Cokelat

  • Cokelat berkualitas memiliki aroma yang membangkitkan selera. Lapisan cokelat berkualitas tidak menempel di langit-langit mulut dan tidak terasa kasar di lidah.
  • Cokelat berkualitas bisa meleleh dengan lembut di lidah. Rasanya pun tidak terlalu manis karena tidak mengandung pemanis buatan.
  • Tampilan cokelat mulus dan lembut yang menandakan produk diolah dalam temperatur tepat.
  • Warna cokelat hitam, tetapi bukan hitam pekat mirip kayu mahoni. Kalau dipatahkan atau digigit, cokelat berkualitas tidak rontok dan berantakan.[1]

Merek Dark Coklat yang Enak

Callebaut Dark Chocolate

Callebaut Dark Chocolate (sumber: food-republic.com)

Callebaut Dark Chocolate (sumber: food-republic.com)

Dark coklat Callebaut memang sudah terkenal di dunia baking. Keunggulannya, Callebaut menawarkan berbagai varian rasa cokelat, mulai dari yang sangat pahit, sedang, dan aromatik. Dark Chocolate Callebaut berbentuk seperti choco chip, sehingga cukup mudah untuk dilelehkan. Harga Callebaut Dark Chocolate berkisar mulai Rp48 ribu sampai Rp500 ribu.

Baca juga:  Solusi Nutrisi Kulit Wajah Dengan Ponds White Beauty Night Cream

Dark Chocolate Lindt Excellence

Dark Chocolate Lindt Excellence (sumber: lindtexcellence.com)

Dark Chocolate Lindt Excellence (sumber: lindtexcellence.com)

Cokelat yang kabarnya berasal dari Swiss ini memang punya harga yang relatif lebih mahal dibanding coklat pada umumnya. Dark Chocolate Lindt Excellence diklaim mengandung cokelat murni yang kandungan gulanya sedikit. Harga Dark Chocolate Lindt Excellence berkisar Rp30 ribu sampai Rp130 ribu. Dark Chocolate Lindt Excellence cocok dicampur bersama smoothies, yogurt, dan cereal untuk santapan yang kaya akan nutrisi.

Cadbury Dark Chocolate

Cadbury Dark Chocolate (sumber: walesonline.co.uk)

Cadbury Dark Chocolate (sumber: walesonline.co.uk)

Pilihan merek dark coklat terbaik lainnya tentu saja dari Cadburry. Dark chocolate Cadburry disebut mengandung 70% biji kokoa asal Australia. Cokelat ini bisa disantap langsung atau dipadukan dengan makanan atau minuman manis lainnya. Harga Cadbury Dark Chocolate juga cukup mahal, bisa mencapai lebih dari Rp200 ribu.

Hershey’s Dark Chocolate

Hershey’s Dark Chocolate (sumber: hersheys.com)

Hershey’s Dark Chocolate (sumber: hersheys.com)

Jika membahas cokelat, rasanya belum lengkap bila tidak memasukkan merek asal Amerika ini ke dalamnya. Cokelat ini dikenal lezat karena memiliki komposisi yang seimbang, sehingga tidak terlalu manis dan pas disantap kapan saja.Hershey’s Dark Chocolate kerap dijadikan campuran aneka dessert, pie, brownies, atau aneka kue lainnya. Harga Hershey’s Dark Chocolate di pasaran sekitar Rp96 ribu sampai Rp180 ribuan.

Baca juga:  Berawal Dari Modal Kecil, Ternyata Bisnis Es Lilin Menghasilkan Untung Hingga Jutaan Rupiah

Tulip Dark Chocolate Compound

Tulip Dark Chocolate Compound (sumber: tulipchocolate.com)

Tulip Dark Chocolate Compound (sumber: tulipchocolate.com)

Merek lain yang tak boleh ketinggalan tentu saja Tulip. Dark Chocolate Compound Tulip disebut-sebut ideal untuk baking, karena lemaknya akan membeku lagi secara alami setelah dilelehkan sehingga tampilan kue akan terlihat cantik. Harga Tulip Dark Chocolate Compound berkisar Rp9 ribu sampai Rp100 ribuan.

Dark Chocolate Colatta

Cokelat Colatta Compound (sumber: shopee)

Cokelat Colatta Compound (sumber: shopee)

Alternatif dark coklat yang lebih murah namun tak kalah nikmat dari merek-merek lainnya adalah Colatta. Dark Chocolate Colatta mempunyai rasa cokelat yang cukup kuat, sehingga cocok untuk dijadikan isian kue atau bahkan dicampur dalam adonan brownies. Harga Dark Chocolate Colatta relatif ramah di kantong, sekitar Rp10 ribuan sampai Rp28 ribuan di pasaran.

[1] Ide Masak. 2012. Resep Kue Favorit ala Cafe All About Cokelat. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: