Merk Alternatif Ragi Instan Pengganti Fermipan untuk Aneka Roti & Kue

Ragi (sumber: foodandwine.com)Ragi (sumber: foodandwine.com)

Dalam membuat aneka roti, pizza, donat, atau semacamnya dibutuhkan ragi yang bertugas untuk mengembangkan adonan supaya ketika dipanggang dalam oven atau digoreng hasilnya lebih empuk dan nikmat untuk disantap. Masyarakat Indonesia selama ini lebih familier dengan merek ragi instan seperti Fermipan. Padahal masih banyak merk alternatif ragi instan lain yang tak kalah bagus dan bisa digunakan sebagai pengganti Fermipan.

Jenis-jenis Ragi

Ragi Basah atau Fresh Yeast (Compressed Yeast)

Ragi jenis ini memiliki kadar air sekitar 70 persen, sehingga harus disimpan pada suhu 20-50 derajat celsius untuk mencegah hilangnya daya pembentuk gas. Setelah kemasan dibuka, umumnya ragi jenis ini tidak akan bertahan lama, hanya sekitar dua sampai tiga hari dengan catatan tetap disimpan dalam suhu rendah. Ragi ini juga lebih sensitif terhadap garam, sehingga harus dipisahkan selama pengadukan.

Ragi Kering Instan atau Instant Dry Yeast

Ragi instan merupakan jenis ragi yang paling sering digunakan karena aplikasinya lebih praktis. Ragi jenis ini berbentuk butiran halus berwarna cokelat muda dan memiliki aroma khas ragi roti. Karena rendahnya kadar air, jenis ragi ini terbilang cukup aman digunakan di negara-negara tropis dengan tingkat kelembapan udara yang tinggi seperti Indonesia. Penggunaan dosis ragi ini hanya sekitar 1-2,5 persen dari berat tepung terigu. Penyimpanan ragi jenis ini harus di dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam suhu kering dan sejuk atau di dalam chiller. Untuk hasil terbaik, ragi jenis ini harus dipakai habis dalam waktu 48 jam setelah kemasan dibuka.

Baca juga:  Dibanding Produk Masker Wajah, Cara Ini Dinilai Lebih Efektif Mengatasi Komedo dan Jerawat

Ragi Koral atau Active Dry Yeast

Active dry yeast memiliki kadar air sekitar 7,5 persen dan memiliki bentuk seperti bola-bola kecil. Ragi dalam jenis ini harus diaktifkan dulu dengan cara dilarutkan dengan air sebelum ditambahkan ke dalam adonan (dough). Jika tidak, maka ragi akan sulit bercampur sehingga menghambat daya kerja ragi tersebut. Pada umumnya, active dry yeast digunakan dengan jumlah dua kali lebih banyak dari instant dry yeast. Yang harus diperhatikan, ragi ini memerlukan proses rehydration (pelarutan) dengan air pada suhu 380-400 derajat celsius selama sekitar 15 menit.[1]

Merek Alternatif Ragi Instan

Saf-Instant

Ragi Saf-Instant (sumber: hawlee.com.my)

Ragi Saf-Instant (sumber: hawlee.com.my)

Alternatif ragi instan yang banyak direkomendasikan selain Fermipan adalah Saf-Instant. Ragi instan satu ini diklaim sudah mengantongi sertifikasi dari BPOM dan dinyatakan halal untuk dikonsumsi. Harganya memang terpaut sedikit lebih mahal dari Fermipan, tetapiSaf-Instant kabarnya dapat menambah aroma dan cita rasa yang khas pada adonan kue Anda. Meski dapat digunakan untuk berbagai jenis adonan, Saf-Instant disebut-sebut lebih banyak dipakai untuk adonan roti.

Baca juga:  Update Harga Bedak Saripohatji dan Cara Pakainya Hilangkan Jerawat

Mauri-Pan

Ragi instan Mauri-Pan (sumber: onlinefriday.info)

Ragi instan Mauri-Pan (sumber: onlinefriday.info)

Ragi kering ini termasuk produk ragi halal yang mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Selain untuk roti, Mauri-Pan juga bisa dipakai untuk membuat adonan donat hingga martabak.

Koepoe-Koepoe Gist Korels

Koepoe-Koepoe Gist Korels (twitter: @koepoekoepoeid)

Koepoe-Koepoe Gist Korels (twitter: @koepoekoepoeid)

Merupakan ragi kering yang proses perendaman cepat dan aroma lebih wangi. Produk ini berbentuk seperti bola dalam ukuran kecil dan telah dinyatakan halal oleh MUI.

Pakmaya

Ragi instan Pakmaya (sumber: ecplaza.net)

Ragi instan Pakmaya (sumber: ecplaza.net)

Merek internasional ini juga bisa digunakan sebagai pengganti Fermipan karena kualitasnya yang premium.Selain dikemas dalam pouch besar, ragi Pakmaya juga tersedia dalam kemasan sachet kecil yang ekonomis dan praktis.

Bruggeman

Ragi instan Bruggeman (sumber: baksels.net)

Ragi instan Bruggeman (sumber: baksels.net)

Ragi instan ini tersedia dalam dua varian, yakni Bruggeman Brown dan Blue. Bruggeman Brown biasanya dipakai untuk campuran adonan roti manis atau yang lebih banyak mengandung gula, sedangkan yang Blue untuk adonan roti yang mengandung gula tak lebih dari 10%.

Baca juga:  Punya Mata Panda yang Mengganggu? Yuk, Intip Produk Krim Mata yang Diklaim Berkualitas Bagus

Angel

Ragi instan Angel (sumber: shopee)

Ragi instan Angel (sumber: shopee)

Meski merupakan merek impor, instant yeast Angel rupanya telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Ragi yang dikenal bagus ini mempunyai kadar gula di atas 5%, sehingga akan memberi rasa yang manis untuk adonan roti.

Super GS Donat Special

Ragi instan Super GS Donat Special (facebook: Toko Baru Ibu Cucu)

Ragi instan Super GS Donat Special (facebook: Toko Baru Ibu Cucu)

Nah, bila Anda berencana membuat donat, ragi Super GS Donat Special bisa jadi alternatif yang tepat. Produk ini harganya murah dan mudah ditemukan di toko-toko bahan kue. Selain itu, adonan donat yang dicampur dengan ragi ini bisa mengembang sempurna saat digoreng dalam minyak panas.

[1]Cahya, D. 2015. Charadon Donat Karakter. Rinawati, editor. Surabaya: Tiara Aksa, hlm 32.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: