Rekomendasi Merk Lipstik Transferproof Saat Memakai Masker

Wanita sedang memakai lipstikWanita sedang memakai lipstik

Lipstik sudah menjadi salah satu barang wajib, bahkan koleksi bagi banyak wanita. Sementara perempuan suka memakai lipstik saat bepergian, terkadang mereka merasa cemas saat harus mengenakan masker. Lipstik dan masker bukanlah hal yang serasi, karena masker bisa membuat tampilan lipstik menjadi berantakan dan tidak tahan lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa merk lipstik yang transferproof, meskipun Anda memakai masker.

Kelebihan dan Kekurangan Lipstik Transferproof

Lipstik atau pewarna bibir merupakan sediaan kosmetika yang dipakai untuk mewarnai bibir supaya bisa memiliki bentuk bibir dan warna yang menarik.[1] Dilansir dari HuffPost, tidak semua merk atau jenis lipstik bisa menempel dengan baik atau bersifat transferproof di kulit. Akibatnya, lipstik yang tadinya melekat indah di bibir, menjadi terlihat berantakan dan sering menempel di peralatan makan dan pakaian.

Banyak juga orang yang mengeluh karena lipstiknya menempel di masker yang mereka pakai. Memakai masker saat berada di luar ruangan atau tempat ramai, memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Selain untuk melindungi kebersihan wajah dan kulit dari debu, masker juga mampu melindungi tubuh dan beberapa macam penyakit kronis yang mudah menular, seperti TBC hingga coronavirus.

Ilustrasi: pakai lipstik saat harus mengenakan masker (sumber: sociolla.com)

Ilustrasi: pakai lipstik saat harus mengenakan masker (sumber: sociolla.com)

Karena banyak orang yang mengalami hal serupa, maka para produsen lipstik mencoba membuat inovasi lipstik yang tidak mudah bergeser atau warnanya berpindah ke benda lain. Lipstik seperti ini dikenal dengan jenis transferproof. Selain tidak mudah menempel di alat makan, baju, dan masker, produk tersebut juga memiliki daya lekat dan daya tahan lebih tinggi dibanding lipstik biasa.

Baca juga:  Rekomendasi Bedak Pixy untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Selain itu, lipstik transferproof biasanya juga waterproof atau tahan air. Cocok untuk Anda yang memiliki hobi makan dan minum tanpa ingin ribet memoleskan lipstik setiap saat. Untuk mendapatkan produk seperti ini, Anda bisa mencarinya di gerai kosmetik atau situs jual beli online.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, lipstik transferproof juga memiliki beberapa kekurangan. Karena memiliki daya lekat yang tinggi, produk ini terkadang memiliki daya serap yang tinggi juga. Sehingga, membuat kulit bibir menjadi lebih kering dan matte. Mungkin lipstik jenis ini akan lebih cocok bagi Anda yang memiliki bibir lembap. Namun, Anda juga bisa mengoleskan lip balm untuk melembapkan bibir Anda yang kering sebelum memakai lipstik transferproof.

Selain cenderung matte, lipstik transferproof juga memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Ini karena harga formula atau komposisi yang dipakai untuk membuat varian tersebut juga lebih mahal dibanding lipstik biasa. Meskipun begitu, karena ada banyak merk pemerah bibir seperti ini di pasaran, Anda bisa membandingkan harga merek satu dengan lainnya dan memilih yang lebih terjangkau. Bagi Anda yang penasaran dengan merk lipstik transferproof yang beredar di pasaran, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Baca juga:  Apa Itu Perimenopause? Berapa Lama Dan Bagaimana Gejalanya?

Merk Lipstik Transferproof Tahan Lama

Varian warna lipstik

Varian warna lipstik

  • Maybelline Super Stay Matte Ink Liquid Lipstick. Produk ini merupakan salah satu jenis lipstik cair yang konon memiliki sifat transferproof, mask proof, dan waterproof. Produk tidak akan mudah berpindah ke masker dan diklaim mampu bertahan selama 16 jam. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk memulas ulang lipstik Anda saat mengenakan masker.
  • Ilia Color Block Lipstik. Produk ini telah tersedia dalam banyak varian warna hingga 10 warna lebih. Konon, Ilia Color Block Lipstik memiliki sifat transferproof tinggi, sehingga warnanya tidak mudah berpindah ke benda lain termasuk masker. Hasil akhirnya matte, namun masih terbilang lembap.
  • Stila Stay All Day Liquid Lipstick. Ini merupakan pewarna bibir dalam bentuk liquid dengan tingkat waterproof dan transferproof yang terbilang tinggi. Setelah dipakai, lipstik akan membuat bibir menjadi lebih matte. Sehingga, Anda disarankan untuk mengoleskan lip balm sebelum memakai lipstik agar hasilnya tidak terlalu kering.
  • Sephora Collection Cream Lip Stain Liquid Lipstick. Tersedia dalam berbagai macam warna nude hingga metalic, Anda bisa menemukannya di gerai kosmetik terdekat. Selain itu, lipstik ini juga terbilang transferproof, sehingga aman dipakai saat Anda mengenakan masker.
Baca juga:  Yuk Coba 5 Model Baju Wanita Gemuk Terkini Ini! Biar Makin Percaya Diri

Itulah rekomendasi beberapa produk lipstik transferproof yang awet meskipun Anda menggunakan masker. Sebagai tips, sebenarnya Anda juga bisa mengatasi masalah perpindahan warna lipstik di masker tanpa harus memakai lipstik transferproof meskipun dinilai kurang efektif. Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit bedak bayi di bibir Anda yang sudah dioles lipstik. Ini akan membuat lipstik menjadi lebih matte, transferproof, dan awet.

[1] Dwicahyani, Ulfi, Muhammad Isrul, Wa Ode Nova Noviyanti. 2019. Formulasi Sediaan Lipstik Ekstrak Kulit Buah Ruruhi (Syzygium policephalum Merr) sebagai Pewarna. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, Vol. 5(2): 91-103.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: