Merek Lipstik yang Berbahaya dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Ilustrasi: pemakaian lipstikIlustrasi: pemakaian lipstik

Lipstik menjadi benda wajib yang tidak pernah dilewatkan oleh banyak wanita. Pemerah bibir menjadi salah satu make-up yang harus ada dan digunakan sehari-hari. Lipstik tidak hanya membuat bibir terlihat lebih merah, tetapi juga lebih segar dan tidak pucat. Sudah banyak lipstik beredar di pasaran dengan berbagai merek. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati karena beberapa merek diklaim berbahaya, yang sayangnya saat ini masih diperjualbelikan.

Produk lipstik yang berbahaya sendiri merupakan produk yang tidak mengantongi sertifikat resmi dari BPOM. Anda perlu khawatir menggunakan produk-produk yang tidak ada nomor resmi BPOM. Beberapa produk lipstik ini, selain menjadi barang ilegal, juga memiliki kandungan kimia yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa bahan kimia berbahaya yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan lipstik ilegal.

Bahan Kimia Berbahaya pada Lipstik Ilegal

Timbal

Bahan kimia berbahaya yang sering dijumpai pada produk lipstik ilegal saat ini, yaitu timbal. Penggunaan timbal pada lipstik bermanfaat untuk membuat warna lipstik menjadi lebih tahan lama. Timbal sendiri adalah salah satu bahan kimia dengan lambang Pb dengan nomor atom 82 pada tabel periodik unsur. Timbal memiliki sifat logam yang mudah ditempa dan lunak dengan titik leleh rendah. Timbal juga salah satu jenis logam yang mudah bereaksi terhadap panas, ini akan sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh Anda.

Pewarna Berbahaya

Kandungan kimia berbahaya lainnya pada lipstik adalah yaitu pewarna. Anda perlu waspada dengan merek lipstik berharga murah, namun memiliki warna merah yang bagus dan tahan lama. Produk lipstik dengan harga murah namun tahan lama bisa saja menggunakan jenis pewarna merah berbahaya, seperti rhodamin B dan K3. Kedua jenis pewarna tersebut adalah pewarna yang digunakan untuk tekstil atau barang pakai. Ini akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh Anda.

Wanita Menggunakan Lipstick - (Sumber: blog.vagaro.com)

Wanita Menggunakan Lipstick – (Sumber: blog.vagaro.com)

Bahan pewarna tersebut memang lebih lama menempel, dan Anda pasti pernah menjumpai lipstik yang sulit dihapus. Meskipun Anda menggunakan penghapus make-up, lipstik dengan kandungan pewarna berbahaya masih meninggalkan bekas setelah dihapus. Lipstik demikian masih sering ditemukan di lapak kosmetik online. Untuk itu, Anda juga perlu memperhatikan keaslian, spesifikasi, dan komposisi lipstik yang akan Anda beli.

Mengandung Parfum Berbahaya

Beberapa merek lipstik juga menggunakan parfum berbahaya, tak jarang parfum yang digunakan adalah jenis parfum untuk tekstil atau parfum dengan kandungan alkohol berlebihan. Anda patut curiga jika menemukan merk lipstik yang memiliki bau wangi menyengat. Meskipun kebanyakan produk lipstik saat ini memang mengandung parfum untuk membuat produk menjadi lebih wangi.

Parfum berbahaya pada lipstik berfungsi sebagai penghilang bau logam dan bahan kimia pada produk. Anda perlu tahu bahwa logam dan bahan kimia berbahaya memiliki aroma yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, para produsen sering mencampurkan parfum. Parfum pada lipstik juga memberi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Tak jarang para wanita terpikat dengan aroma menyengat pada lipstik-lipstik ini.

Efek Samping Penggunaan Lipstik Berbahaya

Kanker

Salah satu efek samping jangka panjang dari penggunaan lipstik merek berbahaya, yaitu kanker mulut. Zat kimia yang ada pada lipstik berbahaya, seperti timbal, dapat bereaksi dengan cepat terhadap sinar matahari dan udara. Timbal mampu menghasilkan zat radikal bebas yang dapat membuat sel-sel di sekitar bibir menjadi teradiasi dan rusak. Kerusakan sel akibat zat radikal bebas inilah penyebab kanker mulut.

Bahaya lainnya, jika timbal pada lipstik berbahaya sudah tertelan dan mengendap di dalam tubuh, dapat menyebabkan kanker di bagian tubuh lain. Inilah mengapa Anda perlu waspada dengan produk-produk seperti ini.

Iritasi Kulit

Zat kimia dan pewarna berbahaya pada lipstik ilegal juga dapat membuat kulit Anda iritasi. Apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, zat itu dapat merusak bagian luar kulit bibir Anda. Gejala iritasi yang sering dialami banyak wanita ketika menggunakan lipstik ilegal, yaitu kulit kering dan pecah-pecah. Jika kulit yang kering dan pecah-pecah dibiarkan begitu saja, dan Anda tetap menggunakan lipstik, maka bibir Anda akan mengalami infeksi.

Iritasi pada kulit bibir juga dapat membuat kulit di sekitar bibir Anda menjadi kemerahan dan meradang. Ada baiknya Anda segera ke dokter kulit untuk mengatasi iritasi yang Anda alami, dan berhenti menggunakan lipstik tersebut.

Ilustrasi: ibu hamil memakai lipstik (sumber: littlesouthernlife.com)

Ilustrasi: ibu hamil memakai lipstik (sumber: littlesouthernlife.com)

Kelainan pada Janin

Apakah Anda sedang mengandung? Jika iya, ada baiknya Anda meminimalkan penggunaan kosmetik. Terutama produk kosmetik dengan merek berbahaya, hentikan penggunaannya sesegera mungkin. Zat kimia berbahaya pada lipstik yang masuk ke tubuh ibu hamil dapat memengaruhi kesehatan janinnya. Ini dapat membuat janin keracunan, memiliki gangguan atau kelainan, bahkan keguguran. Untuk itu, jika Anda ingin menggunakan lipstik atau produk make-up lainnya saat sedang hamil, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Merek Lipstik yang Berbahaya

  • QL Matte Lipstick
  • Rimmel London
  • Fashion Fair
  • Mary Kay
  • Almay
  • Meizu
  • OZERA
  • Salsa
  •  Peiyen

Itulah beberapa merek lipstik yang berbahaya dan hingga saat ini masih banyak beredar di pasaran. Anda juga perlu berhati-hati dengan lipstik impor yang belum mengantongi sertifikat resmi BPOM. Beberapa merek kosmetik, terutama lipstik impor, seringkali dipalsukan dengan mengubah bahan dan formula produk. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk lipstik impor, ada baiknya Anda mengecek keaslian produknya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: