Menu Sarapan di Semarang, Mulai Dari Bubur Ayam Sampai Nasi Kebuli

Bubur Ayam - (Sumber: cookpad.com) Bubur Ayam - (Sumber: cookpad.com)

Sarapan atau makan pagi biasanya merupakan kegiatan yang tidak dilakukan oleh sebagian orang. Mungkin hal ini berbeda apabila Anda sedang berkunjung ke suatu tempat. Misalkan saja, Anda bepergian ke kota Semarang. Selain terkenal akan tempat bersejarah, seperti Lawang Sewu, Semarang juga dikenal akan pilihan menu dan tempat untuk sarapan dengan harga cukup terjangkau.

Menu dan tempat untuk sarapan yang mungkin dapat dijadikan rekomendasi antara lain Bubur Ayam Semawis. Terletak di Jalan Moh Suyudi 16 A, Seteran, kedai ini sudah buka mulai pukul 06.30 WIB. Satu porsi bubur ayam dihargai Rp 15.000. Selain bubur ayam, di sini juga disediakan bubur udang dan bubur ikan.

Untuk makanan berkuah selanjutnya adalah Soto Kudus Mbak Lien. Letaknya di dekat RS Tegalrejo. Tempat ini buka dari pagi hingga siang. Kuahnya kental dan gurih dengan potongan sayur kuchai dan bawang goreng. Disantap hangat-hangat di pagi hari, menjadi salah satu menu pilihan Anda saat sarapan.

Selanjutnya adalah Nasi Ayam Kemuning. Menu ini termasuk yang banyak dijual. Tempat makan ini buka dari jam 06.30 pagi sampai malam. Nasi ayam ini terdiri dari nasi, opor ayam, dan sambal goreng krecek jipang (labu siam), areh (santan kental). Seporsi nasi ayam dijual dengan harga Rp 8.500.

Nasi Ayam ini masih kerap dijumpai di sudut kota Semarang. Biasanya, menu ini dijual oleh penjual keliling dengan menggunakan keranjang gendong. Mereka menjajakan Nasi Ayam setiap hari, termasuk ketika hari Minggu. Tidak heran apabila Nasi Ayam menjadi menu yang menjadi pilihan warga.

Dengan dibungkus menggunakan daun pisang, menambah cita rasa dari Nasi Ayam itu sendiri. Nasi yang disajikan tidak terlalu banyak, kira-kira seukuran kepalan tangan kemudian diberikan suwiran daging ayam, lalu disiram dengan sambal goreng labu siam yang berwarna kemerahan.

Nasi Goreng - (Sumber: www.goodmealhunting.com)

Nasi Goreng – (Sumber: www.goodmealhunting.com)

Bagi Anda penggemar babat, mungkin tempat ini bisa dijadikan rekomendasi. Nasi Goreng Babat & Babat Gongso Pak Karmin. Tempat berjualannya di sekitar jembatan Mberok, dekat Kantor Pos Besar, Johar. Tetapi, sekarang sudah buka cabang di Jalan Thamrin, hanya saja di sini bulan mulai jam 11 siang sampai 11 malam. Seporsi Nasi Goreng Babat Kambing dijual seharga Rp 35.000, dan Babat Gongso Kambing Rp 45.000.

Ingin mencari sarapan ala Timur Tengah di Semarang? Anda harus bersiap untuk mengantre sejak pukul 06.00 pagi. Terletak di Jalan Petek no 76, Semarang Utara, Aminah dan anaknya berjualan Nasi Kebuli. Seporsinya dihargai Rp 16 ribu dengan daging kambing dan telur semur.

Apabila Anda sedang berkunjung ke kota Semarang dan mencari menu untuk sarapan, menu-menu di atas mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu rekomendasi. Selain memiliki cita rasa khas, seperti Nasi Ayam yang menjadi salah satu makanan tradisional dari kota tersebut, dan harga yang ditawarkan pun tergolong cukup terjangkau.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: