Menu Diet Atkins Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Puasa

diet, atkins, ketika, puasa, menu, protein, lemak, karbohidrat, sayur, air, 2, minggu, hari, 14, awal, program, penurunan, berat, badan, fase, 4, induksi, maintenance, balancing, fine-tunning, sahur, berbuka Diet untuk menjaga berat tubuh ideal

Anda berencana menurunkan berat badan? Jawaban yang paling sering didengar adalah melakukan diet. Diet sebenarnya bisa dilakukan kapan saja Anda merasa membutuhkannya, dan juga patut diperhatikan kondisi kesehatan Anda sendiri serta asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Dari sekian jenis diet yang disarankan, diet Atkins menjadi salah satu yang dijalankan oleh beberapa orang. Mereka menjalankan diet bahkan ketika sedang puasa. Sebelum mengenal bagaimana cara diet Atkins ketika puasa, lebih baik mengenal dahulu apa itu diet Atkins.

Diet Atkins merupakan jenis diet yang diperkenalkan oleh Robert Atkins. Diet itu menekankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, tetapi menambah porsi lemak dan protein. Walaupun mungkin bagi Anda terdengar agak berisiko karena lemak ditambah, tetapi di sebagian orang, diet itu berhasil menurunkan berat badan. Setidaknya hal itu dikatakan oleh ahli gizi dari Amerika Serikat, Wendy Martison. Ia mengatakan bahwa diet Atkins berhasil untuk jangka pendek, sekitar 3-6 bulan.

Mungkin memang tidak semua lemak itu buruk, ada juga lemak baik atau lemak tak jenuh (HDL). Jenis lemak itu tetap diperlukan oleh tubuh yang fungsinya untuk melindungi kesehatan jantung, mengendalikan gula darah, dan membantu mengurangi berat badan.

Diet Atkins menganggap dengan mengurangi karbohidrat, maka proses pembakaran lemak dinilai lebih efektif. Karena karbohidrat di dalam tubuh menurun, maka tubuh akan mengutamakan pembakaran lemak sebagai sumber energi, termasuk cadangan lemak. Hal itu akan mendorong penurunan berat badan.

Diet Atkins memiliki empat fase, yaitu:

Fase 1 (induksi)

diet, atkins, ketika, puasa, menu, protein, lemak, karbohidrat, sayur, air, 2, minggu, hari, 14, awal, program, penurunan, berat, badan, fase, 4, induksi, maintenance, balancing, fine-tunning, sahur, berbuka

Menu sehat untuk fase induksi, salad sayur

Fase induksi merupakan periode ketika tubuh mengganti sumber energi dari karbohidrat menjadi lemak. Proses ini disebut dengan ketosis. Pada fase ini, Anda akan menyadari penurunan berat badan dengan cepat. Selama fase ini, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat lebih dari 20 gram dalam waktu 2 minggu. Sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung lemak sehat, protein tinggi, dan sayuran hijau rendah karbohidrat untuk mempercepat penurunan berat badan.

Ada pula yang berpendapat, selama fase induksi, Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat net tanpa serat per hari. Saat makan disarankan harus selalu ada protein dan tambahan tiga porsi lemak.

Fase 2 (balancing)

Pada fase ini, perlahan tambahkan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran rendah karbohidrat, dan buah-buahan pada diet Anda. Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut kurang lebih 15-20 gram per sajian. Anda juga tetap harus menghindari makanan yang mengandung banyak gula. Fase ini dilakukan sampai target berat badan yang diinginkan kurang sekitar 4,5 kilogram.

Fase 3 (fine-tuning)

Fase ini adalah ketika Anda sudah hampir mencapai berat yang Anda inginkan. Untuk saran konsumsi, sebaiknya tambahkan secara bertahap karbohidrat ke dalam diet Anda kurang lebih 10 gram sampai berat Anda turun perlahan. Ada pula yang menyarankan untuk menambahkan sayuran berpati, serelia utuh, dan juga susu. Fase ini berakhir setelah target berat badan tercapai dan dipertahankan selama kurang lebih empat minggu.

diet, atkins, ketika, puasa, menu, protein, lemak, karbohidrat, sayur, air, 2, minggu, hari, 14, awal, program, penurunan, berat, badan, fase, 4, induksi, maintenance, balancing, fine-tunning, sahur, berbuka

Menu sahur untuk fase ini, sereal dan sari buah

Fase 4 (maintenance)

Di fase ini, Anda dapat mengonsumsi berbagai karbohidrat sehat karena tubuh Anda sudah mentolerirnya tanpa menaikkan berat badan. Fase ini merupakan fase belajar mempertahankan berat badan setelah tercapai. Anda juga boleh melanjutkan pola makan seperti pada fase ketiga.

Dikarenakan efek diuretik dari diet pembatasan karbohidrat, biasanya berat badan akan lebih cepat turun. Tetapi, penurunan yang drastis bisa membuat Anda merasa lelah, mood tidak stabil, dan lesu.

Ketika Anda menjalankan diet Atkins semasa puasa, Anda disarankan tetap meminum air putih yang cukup. Berdasarkan pengalaman orang yang melakukan diet Atkins pada bulan puasa, mereka mengatakan memerhatikan menu selama waktu sahur dan berbuka. Pada saat sahur, Anda bisa mengonsumsi ayam 3 potong ditambah dengan salad sayur dan mayones. Tidak lupa air putih dan 2 gelas green tea.

Bagi yang berminat, Anda bisa mencontoh menu-menu diet Atkins yang bisa dikonsumsi ketika bulan puasa.

Menu Diet Atkins (Sahur dan Berbuka)

Menu Sahur Menu Berbuka
2 potong ikan/ayam (goreng)

1 telur rebus

Sayur tumis

Sup daging/ayam

Telur dadar

Sayur (tumis/goreng)

2 potong ayam bakar

telur dadar

Semangkuk sayur

2 buah telur (goreng/rebus)

1 ekor ikan (2 ekor juga boleh, bisa digoreng)

Sayur

Semangkuk sup daging

4 buah nugget Natkins

Sayur (tumis/goreng)

Telur dadar

Ayam/ikan (bakar)

Sayur

Untuk mempermudah Anda menentukan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi selama diet Atkins, berikut jenis-jenis makanannya.

  • Daging: sapi, babi, domba, ayam, bacon, dan lain-lain.
  • Seafood: salmon, sarden, dan lain-lain.
  • Telur: telur yang paling sehat adalah yang mengandung omega-3
  • Sayuran rendah karbohidrat: kale, bayam, brokoli, asparagus.
  • Full-fat dairy: mentega, keju, krim, full-fat yoghurt.
  • Kacang-kacangan: almond, macadamia, walnut, biji bunga matahari.
  • Lemak sehat: extra virgin olive oil, minyak kelapa, avokad, dan minyak avokad.
diet, atkins, ketika, puasa, menu, protein, lemak, karbohidrat, sayur, air, 2, minggu, hari, 14, awal, program, penurunan, berat, badan, fase, 4, induksi, maintenance, balancing, fine-tunning, sahur, berbuka

Contoh makanan yang patut dihindari selama diet atkins

Selain makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, ada pula daftar makanan yang sebaiknya dihindari selama Anda menjalankan diet Atkins. Makanan itu antara lain:

  • Gula: soft drink, jus buah, kue, permen, es krim, dan sebagainya.
  • Biji-bijian utuh: gandum (wheat), spelt, rye, barley, nasi.
  • Minyak sayur: minyak kedelai, minyak jagung, minyak canola, dan beberapa lainnya.
  • Minyak jenuh: biasa ditemukan pada processed foods dengan kata ‘hydrogenated’ pada bagan komposisi.
  • Makanan berlabel ‘diet’ dan rendah lemak atau low-fat (hal ini karena makanan-makanan ini tinggi kandungan gula).
  • Sayuran tinggi karbohidrat: wortel, turnips (hanya saat fase induksi).
  • Buah tinggi karbohidrat: pisang, apel, jeruk, pir, anggur (hanya saat fase induksi).
  • Pati: kentang, ubi (hanya saat fase induksi).
  • Legumen: lentil, kacang arab (hanya saat fase induksi).

Supaya diet bisa berhasil menurunkan berat badan sesuai keinginan, Anda disarankan tidak memanfaatkan diet Atkins sebagai alasan agar bisa makan steak, keju atau makanan tinggi protein (juga lemak) lainnya tanpa terkendali. Sebaiknya, variasikan juga dengan sumber protein dan makan banyak ikan dan buah-buahan rendah karbohidrat serta sayuran yang dianjurkan, misalnya: tauge, jamur, seledri, lada, lobak, asparagus, kol, bayam dan terung.

Menurut ahli gizi, Dr. Wynnie Chan, ia mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan diet Atkins ini sebagai langkah awal untuk program penurunan berat badan, tapi sebaiknya diet itu dilakukan tidak lebih dari 14 hari.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: