Cara Mengurangi Bahaya Polusi Udara untuk Kesehatan

Bahaya Polusi Udara - www.airqoon.comBahaya Polusi Udara - www.airqoon.com

Ada banyak yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit kronis, seperti olahraga teratur dan diet sehat. Namun, itu semua belum cukup, karena ada hal yang mungkin sepele tetapi dapat membahayakan kesehatan tubuh, yakni polusi udara. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bahaya polusi untuk kesehatan.

Bahaya Polusi Udara untuk Kesehatan

Polusi udara merupakan hasil dari poser buangan yang dihasilkan dari aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya, dari sektor produksi maupun transportasi.[1] Dengan bertambahnya jumlah manusia, ada pertambahan buangan yang mencemari udara, sehingga akan meningkatkan zat tercemar dan berkorelasi dengan peningkatan jumlah orang sakit.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, polusi udara lebih sering terjadi di luar ruangan yang diakibatkan pembakaran bahan bakar fosil (batubara, gas, minyak bumi) dan kebakaran hutan. Ini dapat menimbulkan gas, kabut asap, dan jelaga yang berbahaya jika dihirup. Sementara itu, di dalam ruangan, polusi udara bisa diakibatkan perapian, kompor gas, dan biomassa.

Masih dari sumber yang sama, polusi udara bisa dibilang sebagai lingkaran setan yang kompleks dan ganas. Efek toksiknya bisa meningkat akibat suhu ruangan atau alam yang memanas. Suhu lebih tinggi di alam juga berisiko kebakaran hutan tak terkendali yang dapat melepaskan gas efek rumah kaca dan selanjutnya berdampak pada perubahan iklim. Tak hanya itu, efek rumah kaca akibat polusi udara bisa menyebabkan cuaca ekstrem di seluruh dunia.

Baca juga:  Benarkah Flavonoid Bisa Tingkatkan Memori Otak?
Olahraga di Alam Terbuka - wallpapercave.com

Olahraga di Alam Terbuka – wallpapercave.com

Tak hanya untuk lingkungan, polusi udara bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis. Sejumlah penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa peningkatan kadar partikel halus di udara berhubungan dengan peningkatan pasien rawat inap untuk penyakit jantung, stroke, diabetes, pneumonia, dan eksaserbasi penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit bisa timbul akibat terpapar polusi udara, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Konon, tidak hanya mereka yang sudah berusia lanjut yang rentan terhadap paparan polusi udara, tetapi juga anak-anak dan ibu hamil, terutama yang tinggal di daerah pabrik dan dekat jalan tol. Selain itu, siapa saja yang memiliki penyakit jantung, baik dari lahir maupun faktor eksternal, dan pasien dengan riwayat gangguan paru-paru sangat rentan terhadap polusi udara.

Cara Mengurangi Bahaya Polusi Udara

  • Gunakan indeks kualitas udara (AQI) sebagai panduan untuk membantu Anda mengurangi bahaya polusi udara. United States Environmental Protection Agency (EPA) mengembangkan AQI untuk mengukur kualitas udara. Anda dapat melacaknya secara khusus untuk tempat tinggal Anda yang lebih sehat dan bebas polusi udara.
  • Lebih banyak berada di dalam ruangan adalah cara yang sederhana untuk menghindari paparan polusi udara. Tutup jendela Anda jika ingin menggunakan AC dan kipas angin saat panas. Jika Anda ingin ke luar ruangan, pakai masker kain, masker bedah, atau masker N95 sebagai filter udara yang kotor.
  • Ganti kompor gas Anda dengan kompor induksi atau listrik. Kompor seperti ini tidak hanya mencegah polusi dalam ruangan, tetapi juga menghemat energi dan diklaim lebih sehat. Selain itu, ganti freon AC dan filter pembersih udara Anda secara teratur untuk meningkatkan kualitas udara Anda dan mengurangi penggunaan energi.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih udara. Meskipun tidak menghilangkan semua polutan, tetapi dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Pilih pembersih udara yang memiliki tingkat pengiriman udara bersih tinggi yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda.
  • Pilihlah transportasi dengan bijak, seperti menggunakan transportasi umum daripada membeli sendiri. Semakin banyak kendaraan pribadi di jalanan menjadi salah satu masalah yang membuat polusi udara tidak bisa diatasi. Selain itu, disarankan Anda menggunakan transportasi yang tertutup, seperti bus, angkot, dan kereta.
  • Menanam pohon atau bercocok tanam adalah salah satu investasi udara bersih di lingkungan Anda. Anda tidak perlu menanam pohon besar, cukup dengan tanaman yang bisa dikonsumsi setiap hari seperti sayur dan buah. Anda juga bisa menanam tanaman berbunga untuk penghias ruangan atau halaman rumah.
Baca juga:  Awas, Merkuri pada Krim Pemutih Kulit Bisa Rusak Saraf

Pastikan Anda melakukan cara di atas supaya tidak terkena dampak polusi udara. Selain berbahaya untuk kesehatan tubuh, diketahui polusi udara bisa menyebabkan permasalahan kulit, di antaranya kulit kusam, mudah berminyak, dan iritasi.

Bepergian Memakai Masker - www.hackensackmeridianhealth.org

Bepergian Memakai Masker – www.hackensackmeridianhealth.org

[1] Rosyidah, M. 2016. Polusi Udara dan Kesehatan Pernafasan. Jurnal Integrasi Universitas Muhammadiyah Palembang, Vol. 1(2): 1-5.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: